UI Desain Penjelasan singkat dan 10 Prinsip dasar nya

UI Desain Penjelasan singkat dan 10 Prinsip dasar membuatnya

UI Desain - Dalam Dunia Desain, Para desainer mengenal UI adalah User Interface, atau dalam kata lain “Antarmuka Pengguna”. Jadi dapat di artikan antarmuka pengguna adalah tata letak atau layout dari suatu aplikasi dan web yang di rancang secara khusus dan terstruksur dengan baik, hal ini bertujuan agar menghasilkan tampilan depan dari perangkat lunak yang mudah di gunakan.

User interface Desain atau dalam pengertian lainnya adalah desain pengalaman antarmuka pengguna, juga termasuk dalam kreatifitas digital. Yang di mana ini adalah penyutingan tampilan ruang interaksi kejadian antara manusia dan mesin.

Ui Desain juga adalah proses desain yang digunakan oleh desainer untuk membangun antarmuka dalam perangkat lunak yang berfokus pada tampilan gaya style yang baik. Ini bertujuan untuk membuat antarmuka yang menurut pengguna mudah di gunakan, menyenangkan dan juga bersahabat. UI desain pun mengacu pada antarmuka penguna desain grafis.

Penjelasan Tentang UI Desain

UI desain adalah suatu proses yang di pakai oleh di desainer untuk membuat antar muka di dalam perangkat lunak seperti sofware, aplikasi, website dan blog untuk menampilkan informasi yang di sajikan secara baik, mudah di gunakan dan bersahabat.

10 prinsip dasar UI Desain

Dalam pembuatan UI desain ini pun harus lah mengikuti prinsip prinsip yang baik dan benar, berikut 10 prinsip dasar dalam penyutingan UI Desain.

1.Sederhana

Buatlah UI desain terlihat sederhana mungkin. Dalam proses pembuatan ui desain kita sering melihat tampilan yang menyenangkan dan memang seharusnya demikian, hal ini berhubungan erat dengan tujuan nya yaitu UI desain di buat untuk siapa yang melihatnya. Karena ini merupakan pengalaman antarmuka pengguna ada baiknya kita sebagai desainer menghilangkan formalitas pada pembuatan untuk di sendiri. Buang hal yang tak penting dan tidak memiliki tujuan pada desain UI anda dan dan focuskan pada nilai praktis untuk para pengguna.

2.Proyek yang di prediksi

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah anda tahu, UI desain tersebut relevan untuk pengguna? Langkah pertama yang harus di perhatikan dalam UI desain adalah memastikan bahwa anda memahami pengguna serta kebutuhan mereka dalam sebuah proyek UI. Kemudian Anda dapat menyediakan semua informasi dan sumber referensi yang mereka butuhkan. Hal ini bertujuan untuk meyesuaikan apa yang menjadi kebutuhan dan prilaku pengguna dalam penggunaan desain anda kedepan nya.

3.Pengguna yang pegang kendali

Pengguna harus meresa sepenuhnya memegang kendali terhadap apa yang anda berikan dalam tampilan UI desain anda. Mereka Juga harus bisa memahami apa yang mereka lihat di depan (tampilan) dan melakukan tindakan tanpa ada paksaan sama sekali. Ini berperan dalam uji tampilan antarmuka (UI).

4.Cara yang sederhana dan konsisten

Konsisten adalah cara yang paling dasar yang harus di kuasai dari konsep UI desain. Tak hanya secara internal, standar industri yang diterapkan di tempat lain pun juga demikian. Proyek UI desain yang baik dan benar tidak terpatok pada satu titik saja, Inovasi adalah jalan satu-satunya. Namun dalam hal ini, Pertimbangkan kembalik jika itu di butuhkan saja. Dan juga pertimbangkan juga ide - ide yang mungkin secara objektif lebih baik namun hal itu jika tidak di harapkan oleh pengguna alangkah baiknya ditiadakan karena akan membuat bingun mereka. Tetap jadi sederhana dalam proses pembuatan UI desain anda aturan ini berlaku untuk segala hal, mulai dari pola sampai terminologinya.

5.Hindari Kerumitan dalam UI desain

Pastikan untuk mengatur informasi dan referensi sedemikian rupa sehingga logis ini bertujuan untuk jumlah langkah dan meminimaliskan tampilan layar di setiap saat. Jangan membuat pengguna melakukan rintangan dengan kerumitan klik yang membosankan, cukup satu sampai tiga tindakan klik saja yang perlukan untuk pengguna lakukan. “Aturan Tiga Klik” menyatakan pengguna harus dapat mencapai informasi apa pun yang mereka perlukan dan butuhkan di dalam sebuah aplikasi, sofware, website serta blog dengan tindakan yang tidak lebih dari tiga klik. Jangan membuat pengguna bingung dengan tampilan rumit dan menyesatkan.

6.Buat Penanda yang jelas

Prinsip UI desain yang berikutnya bersangkutan dengan tata letak intuitif navigasi dan lebel informasi yang jelas. Navigasi yang jelas dan tidak membingungkan dapat membuat para pengguna termasuk pengguna yang pertama kali pun memberikan respon positif dalam penggunaan UI tersebut. Sama seperti yang sebelum nya pastikan tata letak UI desain anda memiliki halam dan penanda yang jelas serta resposip.

7.Bersikap toleransi terhadap error

Kadang ada kesalahan atau error terjadi, dan pengguna langgung berubah fikiran. Ini di karenakan mereka baru mengenal atau baru melihat tampilan dari sebuah aplikasi, sofware, website serta blog yang baru di rancang. Biarkan pengguna memahami seluruh nya dahulu karena terkadang pengguna belum memahami sepenuh nya dengan tampilan yang baru. Manfaatkan fungsi dari undo-redo untuk membuat kepercayaan pengguna menjelajahi lebih luas tampilan UI desain anda.

8.Umpan balik yang relevan

Beri tahu pengguna tentang kemajuan UI desain anda. Berikan tanggapan dan pengakuan bahwa tindakan mereka telah di terima dengan baik. Ini agar mereka tahu tindakannya berguna dan kita membutuhkan uampan balik yang relevan untuk UI desain tersebut. Sebaliknya, jika ada masalah yang terjadi beritahu mereka juga. Dan jelaskan apa masalah serta berikan solusi dari masalah tersebut, hal ini berguna agar perngguna dapat tahu apa yang mereka harus laukan serta memberikan tanggapan yang relevan untuk anda.

9.Priotitaskan Fungsi UI desain

kegagalan dalam membuat urutan tingkat yang jelas adalah salah satu hambatan paling umum terjadi, Hal in membuat desainer yang merancang UI desain terhenti dalam proses pembuatan tampilan yang minimalis. Solusinya adalah menghilangkan semua hal yang berlebihan dan tidak berguna untuk tampilan UI desain tersebut. Ini bisa sepersti mengubah tombol, bentuk font atau elemen lain nya.

10.Rancang UI untuk Aksesibilitas

Jangan miliki asumsi bahwa semua pengguna sama seperti anda atau orang lain yang anda kenal. Ini berlaku untuk semua hal, mulai dari pengetahuan, kemampuan teknis hingga pandangan dunia terhadap UI desain yang ada buat. Sebuah aplikasi, sofware, website serta blog di gunakan oleh orang-orang yang memiliki latar belakang dan budaya yang berbeda-beda. Dan juga jangan berasumsi bahwa cara yang di gunakan harus secara logis bahkan dari hal-hal yang sangat mendasar pun seperti pemilihan warna dapat di lihat dari sudut pandang yang beda. Jadi rancang UI desain anda untuk Aksesibilitas di seluruh bidang dan untuk sudut pandang yang berbeda.

Baca Juga: Ux desain itu apa.

Aturan Penting UI desain

Perancang terbaik adalah perancang yang faham akan prinsip prinsip UI desain sederhana yang telah kami jelaskan tadi. Meciptakan antarmuka pengguna yang lebih efektif, fleksibel, mudah di gunakan dan bersahabat untuk interaksi yang sedemikian rupa pada tampilan yang responsip desain UI. Kesepuluh prinsip tadi dapat anda coba untuk menghasilkan UI desain anda yang paling terbaik.

Segitu dulu tentang artikel ini, semoga membantu kamu dan juga bermanfaat. Yuk di share agar temen yang lain pada tau, And jangan lupa untuk baca artikel lain di blog aldyndo ini, sekian and Thank you.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url