UX Desain dan penjelasan secara detail untuk pemula

UX Desain dan penjelasannya secara detail untuk pemula

UX Design adalah User Experience Desain atau dalam kata lain nya Desain Pengalaman Pengguna. UX desain adalah bidang yang cukup luas di dalam ilmu pengetahuan serta menarik untuk di pelajari. Itu berbentuk produk atau layanan yang sering kita pakai dan mungkin setiap hari. Hal ini juga dapat membantu bertumbuhnya suatu bisnis atau merek dagang dan bisa sebaliknya.

Berkarir di bidang UX desain pun cukup menggiurkan di lihat dari gaji desainer UX tersebut. Jika anda ingin berkarir di bidang ini, anda harus siap dengan banyaknya hal yang harus di pelajari. Karena ini membutuhkan keahlian yang khusus dan beragam.

Dalam artikel ini kami memberi gambaran tentang UX Desain secara keseluruhan agar anda mengerti apa yang perlu di ketahui secara detail untuk memulai di industri digital kreatif ini. Dan berikut ini detail penjelasan nya.

Apa itu UX Desain

UX Desain mengacu pada apa yang di inginkan pengguna mulai dari produk atau jasa layanan. UX Desain juga adalah proses yang di gunakan oleh tim desain untuk membuat produk atau jasa layanan yang memberikan pengalaman yang berguna dan menyenangkan bagi para pengguna nya. Ini melibatkan keseluruhan proses desain yang menghasilkan integritas dari produk, layanan, kreatif desain, juga termasuk di dalam nya branding atau merek. Yanga keseluruhan nya memiliki kegunaan dan fungsinya masing - masing.

Tujuan nya adalah Untuk menciptakan pengalaman menyenangkan, berguna, efesien, relevan untuk para pengguna. UX desain juga mengacu pada penggabungan riset pasar, pengembangan produk, dan proses layanan. Membangun jembatan antara pelanggan, dan membantu perusahaan untuk memenuhi, mendalami, kebutuhan merkea. oke sekarang lanjut dengan proses apa yang harus di kerjaakan oleh seorang UX designer

Tugas UX Designer

Tugas dari sorang UX Designer adalah membuat produk atau layanan dari teknologi yang mudah di akses dan di gunakan untuk keseharian kita. menggunakan ide pemikiran dalam desain untuk membuat keinginan pengguna dalam hal teknis dan bisnis.

Desainer Ux tidak hanya memberikan solusi untuk pengguna, mereka juga harus dapat mempresentasikan ide yang mereka buat kepada pengguna, hal ini agar desain yang mereka buat dapat di terima pada tujuan utama si pengguna.

Ini hanya gambaran umum dari tugas seorang desainer UX. Tugas lainnya bisa bervariasi lagi, tergantung pada kebutuhan yang lebih spesifik dari perusahaan yang memsan. Dan sebagai seorang desainer, harus siap dengan hal itu.

Proses UX Desain

Sebagian besar desainer UX, akrab dengan konsep pemikiran desain sebagaian dari proses. Proses desain ux ini pun memiliki 5 tahapan yang terdiri dari: ide, empati, prototipe, empati, dan pengujian. dan 5 tahapan tadi memiliki langkah utama sebagi berikut:

  • Mendefinisikan Produk atau layanan
  • Riset pasar
  • Analisa kegunaan
  • Perancangan desain
  • Memvalidasi keseluruhan data yang telah di buat

Dan bagimana meningkatkan proses UX desain? apakah ada tips untuk meningkatkan proses nya lebih baik lagi?, Tentu ada donk.

Tips Meningkatkan Proses UX Desain

ini ada beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan proses ux desain jadi lebih baik lagi, berikut detailnya:

1. Miliki kepekaan terhadap interaktif dari proses desain.

Desain Ux bukan lah suatu desain yang sekali jadi, anda harus mengulang ulang proses yang telah di buat. Fase dalam proses desain UX banyak memilliki bagian yang berbolak balik. Jadi anda harus mengulang ulang nya dan terimalah kenyataan desain yang anda buat tidak lah semua nya terlihat sempurna. ini bertujuan agar desain yang di hasilkan sesuai dengan kebutuhan pengguna dari produk dan layanan yang di pesannya.

2. Berfokus pada pembuatan yang efektif dalam komunikasi

Komunikasi adalah bagian terpenting dari keterampilan UX desain . Sementara itu desain yang bagus adalah desain dapat di komikasikan dengan baik dan benar secara umum. Jadi lakukan pra-tinjau pada desain secara teratur dan terus berkomunikasi lah dengan pengguna untuk memastikan bahwa desain dapat mencapai tujuan nya.

Gaji UX Designer

Seperti yang di ketahui UX desain adalah bidang yang beragam. Dan bekerja di bidang ini membutuhkan keahlian khusus serta lebih keragaman pada keahlian. Dan juga ditambah lagi desain yang berpusat pada pengalaman pengguna.

Berkarir di UX desain sangat menantang dengan variasinya serta ini menjadi keuntungan secara finansial. menurut data secara umum gaji rata - rata seorang desainer UX di indonesia adalah Rp 85.000.000 dalam per tahun, Namun hal ini bisa jadi berbeda beda menurut tingkat level nya.

Gaji UX desainer menurut levelnya sebagai berikut:

Dari beberapa sumber yang kami temui, seperti di web freelancer yang merekrut pekerja secara online, rata-rata data gaji seorang ux desainer menurut levelnya sebagai berikut"

  • UX Desainer Pemula: 17.000.000 per tahun
  • Senior UX Desainer: 143.000.000 pertahun

Menjadi Sorang Desainer UX

Hal yang mempengaruhi menjadi desainer UX terbaik adalah dengan kualitas dan kemampuan nya menjadi sorang yang handal dan spesialis. hal ini termasuk di dalam nya:

  1. Kemampuan berfikir secara kreatif dan analisis
  2. Memiliki pola pikir untuk mengutamakan pengguna dalam empati yang kuat
  3. Selalu Update terhadap perkembangan teknologi yang berinteraksi dengan manusia.
  4. Menjadi solusi dari masalah yag ada atau problem solver
  5. Memiliki keterampilan dalam berkomunikasi serta berkolaborasi

Jenis Projek yang di kerjakan UX Desainer

Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju sekarang ini, bidang UX desain semakain memiliki banyak varian. UX Desainer pun menempatkan diri mereka ke berbagi bidang proyek dalam banyak konteks desain. Di antara nya sebgai berikut ini:

  • Situs Web
  • Aplikasi
  • Desain Sofware atau perangkat luna
  • Virtual reality
  • Voice Desain
  • Desain Layanan dan Jasa

Jadi setiap kali anda menggunakan teknologi yang ada di sekitar anda seperti contoh kecilnya smarphone. anda akan menemukan jenis proyek Desain UX yang telah di kerjakan oleh desainer user experience yang handal tentunya.

Keterampilan Terpenting Dari UX Desainer

Seorang UX desainer berasal dari berbagi lapisan masayarakar dan anda tidak perlu memiliki gelas khusus untuk berada di bidang ini. Para pebisnis cendrung mencari seseorang yang memiliki campuran dalam keterampilan desain, faham dalam analisa bisnis dan keterampilan program. Berikut ini beberapa hal yang sering di butuhkan ketika anda melihat loker untuk UX desainer, antara lain adalah:

  • Mahir dalam membuat alur cerita ke pengguna, peran sosial yang kuat, faham pemetaan situs, gambaran rangka, gambaran awal purwarupa, papan cerita.
  • Kemampuan dalam merancang dan melakuakn penggujian, peninjauan, dan evaluasi penggunaan.
  • Mampu untuk mengulangi pekerjaan berdasrkan komulatif data pengujian dan umpan balik pengguna.
  • Faham prinsip desain interaksi dan arsitektur dalam informasi
  • kemampuan untuk representasikan atau membuat gambaran tujuan, sasaran dan dari data yang ada ke dalam digital.
  • Memahami aspek bisnis dalam desain dan dapat berkontribusi serta meningkatkan kinerja.
  • Terampil berkomunikasi mendiskusikan, mempresentasikan, dan mengilustrasikan hasil yang di buat pada client.
  • Memiliki sifat fleksibel dan cepat beradaptasi.

Baca Juga: UI Desain dan 10 Prinsipnya.

Akhir kata

Oke fren ku, itu lah artikel tentang Pengertian UX Desain yang perlu di ketahui secara detai. Semoga informasi ini dapat menjadi manfaat untuk anda. Dan jika merasa beruntung mendapatkan informasi ini kamu bisa berbagi juga dengan yang lain, Dengan membagikan artikel ini ke temen-temen kamu. Semoga membantu. Dan terima kasih

Update: Artikel telah di update july 2023
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url