Cara Animasikan Motion Scribble Effect + Glow pakai Brush Tool di After Effect



Motion Scribble adalah effect gerakan animasi bentuk (shape), stroke atau line yang di buat mengikuti gerakan video objek utama. Motion scribble biasanya di gunakan dalam video dance, tarian, atau permainan gerakan, yang dapat di jadikan untuk video objek utama dan kemudian di tambahkan effect scribble tersebut.

Namun video yang statis pun dapat juga di edit dengan Motion Scribble effect karena animasi ini sangat lah keren dan juga berkesan modern. Cara Animasikan Motion Scribble Effect Glow di After Effect ini pun cukuplah mudah dan yang terpenting adalah dengan terus latihan dalam mengedit.

Dalam Artikel ini sobat akan belajar bagai mana cara membuat animasi Motion Scribble effect dengan tambahan effect glow di dalam animasi nya dengan menggunakan sofware perangkat lunak adobe after effect.

Cara Buat Motion Scribble + Effect Glow di After Effect

Cara membuat motion scribble + effect glow di after effect dengan menggunakan brush tool sebagai berikut ini:

Langkah - 1. Langkah pertama buka affter effect dan buat project baru. Pilih di bagian menu bar, File - New - New Project. Dan Tampilan nya seperti gambar di bawah ini.


Langkah - 2. Setelah membuat  project baru, buat komposisi baru. Yang di di mana komposisi tempat file-file sobat yang akan di edit, dan unutk mengedit scribbel effect nantinya. caranya seperti gambar di bawah.


Langkah - 3. Ketika membuat komposisi baru, maka akan keluar popup untuk ukuran layar komposisi yang akan kita edit. Untuk Setinggan nya bisa mengikuti gambar di bawah. Penting untuk di ingat, jika tampilan video sobat berbentuk vertikan memanjang ke atas, setinggan nya dapat di buat kebalikan nya saja.


Langkah - 4. Import video yang ingin sobat edit, dalam hal ini kami memberi contoh dari video bergerak atau dance agar sobat dapat melihat penggunaan brush tool dalam pengeditan video objek utama. Caranya memasukan video ke projek, pilih di bagian menu bar klik file - pilih import dan klik File. makan tempat peyimpaanan video sobat akan terbuka dan pilih video yang ingin di masukan.


Langkah - 5. Seperti yang sobat lihat ada dua buah video yang berbeda yang akan di edit yaitu video dance dan video statis dengan dimana ada penggunan tool edit yang berbeda nantinya. Dan di artikel ini kami membahas pengeditan video dance saja. Lanjut ke tahap editing, Masukan video tersebut dengan drag and drop ke bagian layer-timeline pengeditan. Caranya bisa lihat tampilan di bawah.


Langkah - 6. Lanjut untuk membuat line atau stroke nya. Gunakan brush tool yang di berada di tool bar, ketika menggunakan brush tool hal yang terjadi pada mode komposisi video sobat brush tidak dapat di gunakan dan ini yang sering terjadi. Cara menggunakan brush tool di after effect buka dahulu tampilan layer video sobat dengan meng-Klik 2 kali video yang berada di layer-timeline pengeditan atau juga bisa dengan mengklik 2x video yang berada di tampilan preview.



Langkah - 7. Pilih setingan sobat di menu pallet untuk merubah warna stroke/line, merubah ukuran brush dan mode durasi untuk pengeditan atau pelukisan line stroke nya.

Langkah - 8. lukis dan gambar line stroke video sobat, jika sobat memiliki pentab maka tahapan ini akan berjalan dengan mudah dan jika pengguna mouse alternatifnya dengan latihan terus menerus Jika ada line yang tidak cocok sobat bisa meng-undo dengan menekan keyboard shortcut "Ctrl + Z".


Langkah - 9. Setelah selesai membaut line/stroke. lanjutkan dengan membuat new solid layer. Caranya Klik kanan di layer timeline pilih new dan pilih solid. Untuk ukuran nya menyesuaikan saja dengan layer video object. Layer solid yang baru ini di gunakan untuk membuat effect glow di line/stroke.


Langkah - 10. Pindahkan like/stroke yang berada di video utama ke solid layer yang di buat tadi. klik di bagian effect (dibawah video utama) tekan Ctrl + C lalu pindah ke solid layer tekan Ctrl + V. Pastikan masi berada di solid layer dan tambahakan effect glow, pergi ke menu bar pilih effect - pilih styles dan klik glow. bisa sobat lihat tampilan di bawah.


Langkah - 11. Lanjut ke pengeditan Effect Glow nya. pada "Glow Threshold" atur di 20,0 persen dan di "Glow Radius" di atur ke 80,0 kemudian di bagian mode solid layer dari normal ganti menjadi "screen". Tampilan di bawah untuk lebih jelasnya.


Langkah - 12. Di langkah ini sobat telah berhasil membuat Motion Scribble Effect Glow di After Effect dengan video bergerak atau dance untuk melihatnya sobat bisa klik mode kompoisi di bagian kolom tampilan previw. Dan non-aktifkan mata pada timeline layer video sobat.


Nah, Lanjut ke tahap rendering video sobat, Bisa langsung merending nya dengan menekan shortcut keyboard Ctrl + M dan pilih settingan rendering sobat dan kemudian hasilnya seperti berikut ini.


Kesimpulan

Membuat Animasikan Motion Scribble Effect + Glow pakai Brush Tool di After Effect cukup mudah bukan. Untuk lebih ahli lagi dalam mengedit video effect motion dan animasi sobat cukup melakukan latihan terus menerus dan jangan pernah bosan. semoga artikel ini dapat membantu sobat dan semoga bermanfaat. jangan lupa untuk membagikan nya ke temen lainnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url