10 Jenis motion graphic untuk kamu yang baru mulai membuat animasi


10 Jenis motion graphic untuk sobat yang baru memulai membuat animasi, jenis motion graphic ini ada banyak sekali. Dan kalau sobat lagi bingung memilih tipe style motion graphic animasi yang sobat ingin buat atau lagi cari inspirasi untuk desain motion sobat. Sobat berada di artikel yang tepat, di mana kami akan bahahas 10 Jenis motion graphic untuk kamu yang baru mulai membuat animasi.

Sebelum nya saya telah membuat artikel tentang pemahaman dasar dari animasi dan motion graphic. sobat bisa membacanya kembali untuk yang belum mengetahuinya. Untuk 10 jenis motiongraphic ini bisa sobat jadikan referensi sewaktu sobat lagi mencari style mana yang cocok untuk sobat edit nantinya.

Ke 10 jenis montion graphic ini kami buat khusus untuk sobat, agar sobat mendapatkan pemahaman tentang apa saja jenis motion graphic dan tentunya menjadi referensi untuk menemukan style dalam "mengedit motion graphic" dan mempermudah mencari "teknik pengeditan" yang sobat akan kuasai di kemudian hari kelak.


10 Jenis motion graphic dan animasi

10 Jenis motion graphic dan animasi yang bisa sobat coba untuk menemuka style editing sobat, pilihan jenis nya antara lain:

1. Animasi Motion graphic ads


Animasi motion graphic ads

Motion graphic ads adalah motion graphic animasi iklan yang di edit untuk keperluan marketing. biasanya animasi motion graphic seperti ini paling sering di lihat saat iklan muncul di selah waktu tonton di social media. bisa youtube, facebook, instagram, tiktok dan lain nya.

Animasi motion graphic ads terbagi dalam 2 yaitu:

  • Short video animation - berdurasi sekitar 5 sampai 15 detik
  • Long video animation - berdurasi sekitar 20 - 30 detik


2. Kinetic Typography


Kinetic Typography

Kinetic typography adalah jenis animasi motion graphic yang bernuansa gerakan susunan kata dan tulisan dalam tampilan nya, animasi motion graphic seperti ini sering di pakai pada saat ingin menunjukan situasi perkataan pada video yang berdurasi cepat.

Animasi motion graphic kinetic typography harus di barengi dengan keahlian pada layout atau tata letak, karena posisi kata - kata dan huruf yang bentuknya besar, kecil, bold atau regular harus menjadi selaras pada saat di lihat.


3. Title text animation


Title text animation


Title text animation adalah bentuk motion graphic yang di khususkan untuk sebuah animasi teks judul dari video, animasi ini sering di tampilkan pada bagian pertama video. Sering juga di gunakan pada video cinematic atau trailer film.

Title text animation menggunakan berbagi jenis font pada tampilan nya. Jika sobat menggunakan font untuk di edit pada video sobat, perhatikan juga lisensi dari font tersebut. Biasanya ada dua lisensi yaitu personal use dan komersial use.


4. Logo Motion animation


Logo motion Animation


Logo motion animation adalah motion graphic yang di buat dari sebuah logo, logo nya bisa berupa bentuk logo design grafis atau teks logo. Logo motion di tampilkan pada bagian awal video tentunya bertujuan untuk sebuah branding dari sebuah perushaan atau start-up yang ingin gampang di ingat oleh audiens.

Logo motion di buat untuk personal branding, produk branding atau digital agency branding. Tentu untuk sebuah media informasi yang lebih cepat di kenal oleh orang atau audiens yang melihatnya.

5. Lower Thirds


Lower Thirds


Lower thirds adalah animasi motion graphic untuk menunjukan sebuah tampilan informasi, biasanya di letakan bagian sepertiga bawah video, atau posisi kanan dan kiri berada area aman dari video.

Informasi yang di tampilkan bisa berupa poin penting yang ingin di sampaikan pada video, nama pembawa video, jabatan atau keahlian, dan lain sebagainya yang bersifat hal yang ingin di promosikan.

Baca juga: Animasi lower third

6. Text animation


Text Animation


Teks animation adalah bentuk motion graphic yang memperlihatkan kalimat atau teks yang mempermudah penonton untuk memahami video yang di tonton nya, Biasanya teks animation paling sering di sukai oleh penonton namun agak ribet di buat oleh editor pemula karena membutuhkan keahlian editing untuk mengikuti ekspresi atau perkataan dari video tersebut.

Jika sobat sering melihat video lirik lagu, itu dalah jenis teks animasi yang sederhana dan sampai sekarang pun tetap di gunakan. atau contoh lain nya adalah video fiki naki yang lagi viral denga tugba di bagian sepertiga bawah video nya selalu menampilkan teks, itu adalah contoh lain nya.

7. Animasi Explainer


Animasi Explainer


Animasi explainer adalah sebuah video animasi penjelasan dengan nuansa motion graphic untuk keseluruhan style video nya. Animasi explainer juga bisa di gunakan untuk iklan atau untuk konten video. Selalu menunjukan informasi yang iteraktif dari sebuah ide tentang penjelasan dari bisnis, produk atau jasa.

Animasi Explainer memudahkan penonton untuk memahami penelasan yang ada di video. karena selalu memanmpilkan poin - poin penting dan menyenangkan dari segi visual nya.


8. Motion Background Loop


Motion Background Loop


Motion background loop adalah video "motion graphic untuk tujuan bagian latar belakang" dari video. motion graphic seperti ini menampilkan bentuk warna gradient, pattren, dan larser light.

Motion background loop nuansa nya berbentuk motion graphic yang di putar ulang terus menerus dengan maksud untuk memperindah visual yang di tampilkan.

9. Motion graphics illustration of character


Motion graphic illustration of character


Motion graphic illustration of character adalah motion graphic yang memperlihatkan sebuah gambaran ilustrasi dari stasti menjadi bergerak bisa juga dengan sebuah karakter yang sedang bicara, berjalan, berlari atau perubahan bentuk tubuhnya, animasi motion graphic seperti ini sangat populer loh sob. 

Di mana motion graphic ini di gunakan untuk berbagi keperluan, seperti explainer video, game, atau untuk tampilan iklan yang berhungan dengan desain illustrasi.

Motion graphic ilustrasi ini bisa berbentuk karakter, pemandangan atau gambaran sesuatu yang menunjukan sebuah ilusrasi dari keadaan.

10. UI Motion design




UI motion desain adalah "nimasi Usert Interface" pada tampilan sebuah aplikasi atau web, UI motion sekarang ini pun juga sangat poluler karena keahlian untuk membuatnya pun terbilang baru di kalangan motion desainer.

Apa lagi UI motion bisa di buat dengan berbagi sofware yang mendukung untuk membuat tampilan web dan aplikasi lebih menarik dan enak untuk di gunakan.


Kesimpulan

Dari ke 10 Jenis motion graphic untuk kamu yang baru mulai membuat animasi ini soba dapat langsung memilih di mana keahlian sobat atau jenis pengeditan mana yang sobat suka. Terlebih, motion graphic terus berkembang dengan pesan dan selalu menampilan nuansa yang berbeda.

Setiap motion desainer tentu berbeda beda pada keahlian dan dan memiliki ciri khas tersendiri dari style yang di sukai nya, maka dari itu artikel "10 Jenis motion graphic untuk kamu yang baru mulai membuat animasi" semoga dapat menjadi inpirasi dan refensi sobat dalam memilih skils yang pas.

Terakhir, jika sobat mendapatkan manfaat di artikel ini bagikan ke yang lain agar mendapatkan manfaat nya juga. Dan baca artil lain tentang motion dan desain di blog aldyndo ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url