Tampilan adobe after effect


Tampilan adobe after effect - Kali ini saya ingin berbagi pengetahuan dasar pada sofware editing, yaitu mengenal tampilan adobe after effect. mulai dari menu tools, panel project, layer, timeline dan lain nya. Tentu penjelasan pada bagian bagian after effect yang sering di gunakan untuk keperluan editig animasi, editig video vfx dan motion graphic.

Hal ini sebenarnya di khususkan untuk pemula, namun saya juga akan sedikit menggulang pembelajaran. Agar kelak tidak melupakan hal paling dasar yang sangat penting dalam urusan belajar. Karena tanpa hal mendasar tentu tidak akan adanya sebuah puncah keberhasilan.

Di artikel ini saya akan menjelaskan bagian tampilan (workspace) adobe after effect yang sangat sering saya gunakan untuk keperluan editig animasi dan motion graphic. Dan tentunya hal ini juga dapat berguna untuk memudahkan saya di saat mengedit, dan juga untuk sobat desain agar mengetahui tentang pengetahuan dasar adobe after effect supaya lebih mudah mengedit di masa mendatang.

Tampilan adobe after effect

Tampilan adobe after effect ini sebenar nya bisa di edit atau di-redesain untuk keperluan editing si desainer nya agar lebih mudah dan bebas berkreasi.

Namun, hal itu kadang akan membuat bingung dan pusing untuk para pemula di saat mengedit. Ya wajar aja sih namanya hal baru tentu harus beradaptasi, ya gak sob? hehheh.

Balik lagi ke topik, berikut ini tampilan antar muka adobe after effect yang standar yang belum di re-design tata letaknya.


Jika sobat memperhatikan dengan jelas, ada sekitar 7 bagian section, dan berikut bagian tampilanya:

  1. Menu Bar
  2. Tool Bar
  3. Panel Project
  4. Layer Object
  5. Timeline Durasi
  6. Composition View
  7. Palet Editing

Oke sobat desain, mari kita akan bahas 1 persatu fitur apa saja yang ada di bagian tampilan adobe after effect yang telah di sebutkan tadi, untuk itu penjelasan nya sebagai berikut:

1. Menu Bar


Menu bar memiliki fitur untuk mengolah dan mengatur file-file yang akan di edit, di dalam after effect dan di bagain menu bar terdapat section File, Edit, Composition, Layer, Effect, Animation, View, Window, dan Help.

2. Tool Bar


Pada tool bar terdapat deretan tools atau alat yang di gunakan untuk pengeditan video produksi nantinya, untuk tools nya antara lain: Selection tool, Hand tool, Zoom tool, Rotation tool, Camera tool,
Anchor point tool, Shape tool, Pentool, Text tool, Brush tool, Clone tool, Eraser tool, Roto Brush tool, dan pupet pin tool.

3. Panel Project


Di panel project sobat akan menemukan tampilan interface yang terdiri dari 2 bagian bagian bawah yaitu tempat file beserta komposisi yang akan di edit, dan bagian atas pre-view filenya. Pada panel project ini sobat bisa meng-import file dengan berbagai jenis file desain. Format file desain yang di maksud antara lain: Png, Svg, Jpg, Psd, Ai, dan lain sebagainya.

4. Layer Object


Layer object ini adalah bagian dari timeline yang di mana layer project tempar susunan file-file desain sobat yang telah di import di panel project tadi. Pada layer object ini sobat dapat memberikan marking tag, meng-hide file, meng-aktifkan motion blur, 3D layer dan adjustment layer.

5. Timeline Durasi


Timeline durasi atau Timecode ini adalah bagian kedua dari timeline display, yang di mana sobat akan melihat baris waktu dengan satuan frame(f). terakadang beberapa turorial di channel youtube motion graphic memiliki timecode dengan satuan second(s), dan tentu pasti akan membuat bingung dan tentu ada solusi untuk cara mengganti satuan frame(f) ke second (s) di after effect itu dengan mudah.

6. Composition View


Compostion view adalah bagian tampilan untuk melihat hasil editing di komposisi project sobat. Pada Composition view ini terdapat berbagai fitur antar lain magnification ratio, tranparancy gird, gird option, 3D view, dan lain sebagainya.

7. Palet Editing


Bagian yang cukup sering di gunakan yaitu palet editing, di mana sobat kan menemukan berbagai fitur yang sangat membantu dalam mengedit video produksi. Ada terdapat beberapa fitur yang sering saya gunakan antara lain: Align, Characters, Effect Presets.

Rangkuman

Sebagai catatan, tampilan tata letak standart adobe after effect ini di desain untuk sobat yang baru memulai agar dapat memahaminya dengan mudah. Namun pada tingkat editor advanced and pro level. tampilan nya ini biasanya di ubah agar mempermudah pengerjaan nya. Dan tentu sobat yang masi belajar ada baik nya memahami di mana saja bagian dan fitur yang sering di gunakan agar di masa mendatang dapat mengganti tampilanya sesui selera.

Nah itulah tadi artikel tentang tampilan adobe after effect yang saya buat untuk kebutuhan sobat desain yang masi di taham awal belajar. dan jika sobat masi bingung dengan penjelasan di atas, sobat bisa chek video berikut untuk lebih detailnya

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url