Text Motion Graphic Di After Effect

Text Motion Graphic - Kita akan belajar bagaimana cara membuat text motion graphic di after effect dengan mudah dan cukup simpel. Animasi teks atau Text motion adalah jenis animasi yang di gunakan pada tulisan, kalimat, atau pun huruf yang dapat bergerak sesuai dengan ke inginan pembuat nya.

Text motion graphic ini juga sering di gunakan pada video youtube atau pun video sosial media yang sering sobat lihat. Biasanya text motion berbentuk animasi tulisan kata dan kalimat yang bergerak di depan tampilan video, sebutan lain nya adalah lowthird. animasi seperti ini di buat untuk memperjelas point penting pada sebuah penjelasan dalam video.

Dalam pembuatan nya kita akan menggunakan sofware after effect, sobat bisa gunakan after effect seri berapa pun, karena tutorial cara di dalam artikel tersampaikan pada tahap dasar dan sederhana. hal ini bertujuan agar sobat semua berhasil membuat dan memahami style effect apa saja yang cocok pada motion text tersebut.

Text Motion Graphic Di After Effect

Dalam pengeditan Text Motion Graphic di after effect ada beberapa 'style text effect' yang biasa di gunakan, style effect tersebut antara lain adalah:

  • Wavy (gelombang)
  • Masking (bersembunyi)
  • Typing (ketik)
Oke sobat desain, kita akan bahas semua style nya dan untuk cara membuat Text Text Motion Graphic Di After Effect, Sebelum mengedit effect teks di after effect, sobat buat terlebih dahulu project dan komposisi baru. selanjutnya masukan teks yang ingin di edit, kami juga berasumsi sobat semua membuat new project dan new composition pada semua cara yang di berikan.

Style Text Effect Motion Graphic Di After Effect

Berikut ini langkah-langkah dan cara pengeditan pada style text effect motion graphic di after effect:

Wavy (gelombang)

Setelah memiliki projek dan komposisi baru, tambahkan juga teks yang ingin di edit. cara menambahkan nya, gunakan Type tool berada di menu bar dan ketik kata yang di masukan. setelah itu, lihat di timeline layer text yang baru di buat tadi dan klik tanda panah di samping teks dan tampilan nya sebagai berikut:


Di bagian animated klik tanda panah untuk membuka menu animasi yang akan di jadikan effec wavy. tampilannya seperti berikut:



Setelah terbuka tambahkan "position" dan akan muncul elemen baru "Animator 1" terlihat seperti gambar berikut:


Klik tanda panah pada "animator 1" dan angka position-nya ganti menjadi 150 pada posisi "Y" lihat gambar di bawah ini:


Kemudian lanjut di bagian "Range Selector 1" klik tanda panah nya untuk mengatur animasi menjadi hidup. Atur dahulu posisi garis timeline menjadi nol dan paada bagian "Offset" hidpkan icon timer dan seting di angka: minus seratus (-100%). Tampilan gambarnya sebagai berikut:


Lalu geser garis timeline ke samping dan seeting angka offsetnya kembali menjadi: seratus perses 100%. Terlihat perbedaan nya dari gambar berikut ini:


Dan setelah selesai semua, chek animasi nya! jika benar maka akan terlihat seperti gambar berikut:

Wavy effect text motion

Masking (Bersembunyi)

Untuk effect masking sobat gunakan shape baru dan letakan di atas text yang telah di edit tadi pada effect wavy. Agar tulisan nya terlihat, di sini kami buat 'angka opacity shape' nya menjadi 50% agar sobat dapat melihat text nya berada. Dan warna shape menyesuaikan saja, sobat bisa ganti warna nya pada menu fill di bagian atas. Terlihat seperti gambar di bawah:


Lanjut untuk edit nya sobat atur posisi layer shape tepat di atas tulisan, hal ini berguna untuk setting track matte pada effect masking. Dan atur setingan track mate pada text yang di edit, cara nya pada posisi layer text klik tanda panah pada kolom track mate dan atur di 'Alpha Matte-Shape layer 1'. contoh nya sebagai berikut:


Catatan!
Pada bagian gambar yang di kotak kuning: 
layer atas adalah shape yang di buat (Shape layer 1) dan
di bawah layer shape adalah text yang di edit (wafy effect)

Oke sekarang lihat pada tampilanya, jika terlihat warna nya menjadi abu-abu (redup) hal itu di karena opacity yang kita seting tadi, jadi kembalikan settingan opacity nya menjadi 100%. Maka terlihat seperti gambar berikut:

Dan hasilnya akan terlihat seperti pada gambar berikut ini:


Typing (Ketik)

Pada saat meng-ketik di keyboad atau smartphone, tentu sobat dapat melihat gerakan dari garis yang berkedip. Nah kita akan buat effect seperti itu yaitu typing effect text style. Dalam hal ini kita menggunakan text baru.

Ketik kata yang ingin di edit dan masking layer text tersebut, caranya 'klik layer text' di timeline kemudian 'klik ractangle tool', lalu masking dengan drag cusor tepat di atas text. Usahakan teks nya tertutupi semua. berikut tampilan gambarnya:


Kemudian buka properties 'Mask 1' klik tanda panah di samping mask 1 dan pada "Mask Path" aktifkan icon timer pastikan juga atur posisi garis time line berada di durasi 01:15f. chek di gambar berikut:


Gunakan "Move tool" (1), Untuk merubah path agar menutupi text. Klik dua kali pada bagian tepi scale shape - (2), dan geser indikator scale agar menetupi semua text yang di edit. Dan sobat akan mendapatkan keyframe baru secara auto - (3). Untuk durasi garis timeline nya menyesuaikan aja di tampilan ini kami meletakan nya pada durasi 00:15f. tampilan nya sebagai berikut:


Untuk garis berkedip agar terlihata animasi nya, sobat buat shape baru terlebih dengan rectangle tool. usahakan bentuk shape nya menjang dari atas ke bawah dan berdampingan dengan teks. bisa di lihat pada gambar berikut:

Buka properties shape dengan cara klik 'anak panah' di samping "layer shape". kemian buka lagi properties "tranform", maka sobat akan mendapatkan tampilan seperti berikut:


Pada properties shape aktifkan icon timer pada 'position' sesuaikan posisi awal shape dan akhiran shape, pada durasi keyframe nya mengikuti dengan durasi keyframe yang telah di buat untuk masking teks sebelumnya bisa di chek di gambar berikut:


Nah untuk membuat effect kedip nya pada properties opacity aktifkan keyframe nya pada nilai berikut: "awalan": [0% - 100% - 0% - 100%] , dan "akhiran" di balik saja menjadi : [100% - 0% - 100% - 0%], pada garis timeline durasinya di atur sesuai selera saja.
tampilan nya sebagai berikut:


Oke sobat desain, hasilnya sobat bisa lihat pada tampilan gambar berikut ini:


Point Penting!

Pada pengeditan Text Motion Graphic Di After Effect sebenar nya ada banyak style effect teks nya dan 3 style ini yang cukup sering di gunakan di saat kami mengedit motion graphic. semoga artikel ini bermanfaar buat sobat desain semua dan berguna di hari lain kelak.

Untuk yang ingin mengetahui lebih jauh lagi tentang motion graphic desain sobat bisa baca artikel lain nya pada blog kami ini.

Semoga membantu!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url