Basic Motion Graphic | Pengetahuan dasar untuk pemula

Basic Motion Graphic - Dalam artikel ini sobat belajar tentang basic motion graphic yaitu pengetahuan dasar grafis gerak yang di butuhkan motion desainer pemula. Dalam hal ini kita akan sama sama belajar bagai mana menjadi seorang motion desainer yang baik serta handal.  

Langkah awal memulai untuk jadi designer motion graphic pun cukup mudah kok, sobat hanya butuh memahami dan mempelajari tentang dasar desain grafis, penggunaan sofware animasi dan pengetahuan dasar tentang effect motion. perpaduan ke-tiga hal tersebut menurut kami, sudah membuat sobat sebagai spesialis motion desainer.

Selanjutnya sobat juga perlu menentukan konsep desain untuk motion graphic yang dibuat. yang dimana hal ini bertujuan agar sobat memiliki ciri khas dan terlihat tampil beda. Namun jika sobat belum memiliki konsep tersendiri, sobat boleh mengamati dan mempelajari konsep desain motion graphic yang orang lain miliki, itu sebagai bahan referensi sobat untuk mendesain.

Tentukan juga aplikasi atau sofware yang cocok untuk sobat gunakan, dulu di waktu awal-awal kami juga sering gonta ganti sofware, yang membuat kami bingung dengan penyesuai shortcut keyboard pada sofware atau aplikasi tersebut. jadi, ada baik nya sobat memilih dari awal banget aplikasi dan sofware yang digunakan dengan selarasa pada tujuan konsep sobat. 

Pahami dasar desain grafis juga, karena motion desain juga salah satu unsur yang terkait dengan desain. jadi sudah pasti pemehaman desain grafis ada di dalam nya dan harus di pahami. yang membedakan hanya tampilan visual nya saja, Desain grafis memiliki tampilan statis (diam) sedangkan Motion graphic memiliki tampilan bergerak, yang tadinya statis seakan hidup.

Basic dasar motion graphic

Ada beberapa hal basic dasar motion graphic yang sobar desain perlu di pelajari. Berikut ini kami rangkumkan khusus untuk sobat desain, hal basic apa saja dari dasar motion graphic yang harus di ketahui, antara lain ragkuman nya sebagai berikut:

Apa yang di maksud motion graphic

Motion graphic adalah serangkain gabungan dari media visual desain grafis yang bentuknya statis di ubah menjadi sebuah tampilan film atau video yang bergerak secara dinamis. Semua unsur yang di dalamnya bisa berupa elemen 3D, 2D, illustrasi, foto, video, dan audio. Deangan kata lain, tampilan yang statis atau diam di edit menjadi hidup atau bergerak secara dinamis.

Beda animasi dengan motion graphic

Walau Motion grapic adalah satu unsur yang terdapat di dalam animasi, namun perbedaan animasi dengan motion graphic dari sisi penggunaan nya terlihat jelas. Dalam tujuan nya motion graphic lebih tertuju pada pengeditan untuk desain grafis yang dibuat bergerak secara dinamis, sedangkan animasi mengacu pada istilah umum untuk bidang pengeditan gerak grafis, termasuk di dalam nya kartun animasi, visual effect animation (VFX).

Urutan pembuatan motion graphic

Jika sobat ingin belajar serius dalam membuat motion graphic berikut ini urutan - urutan tahap pembuatan nya, dan urutan tahap pembutan motion graphic ada 4 antara lain:

1.Desain konsep

Desain konsep mencakup desain seperti apa yang ingin sobat buat, sebagai contoh: Desain Moden. Sobat langsung cari referensi dari desain dengan konsep modern lalu kumpukan contoh desain tersebut. Kemudian buat kerangka awal dari referensi desain tadi, dan dari situ sobat baru mendapatkan desain konsep yang ingin sobat buat. Nah, jika di motion graphic proses ini dinamakan desain konsep, dalam desain grafis di namakan sketsa.

2.Effect animasi

Tahap proses effect animasi adalah cara edit seorang motion designer memberian unsur kehidan pada objek statis menjadi hidup, hal ini berhubungan dengan kreatifitas dan sofware/aplikasi apa yang di kuasai nya. Cara dan tutorial pengeditan effect animasi kami juga sudah buatkan artikel nya. Sobat bisa baca baca artikel tentang tutorial motion

3.Komposisi edit

Komposisi edit adalah gabungan file-file objek menjadi satu file utuh pada satu lembar kerja. Yang di mana, unsur objek yang telah di animasikan tadi di susun menjadi bagian-bagian kreatifitas yang di gabungkan dalam satu projek. Bagian file yang di susun itu pun, sobat tuangakan pada lembar kerja di dalam aplikasi atau sofware editing (khusus motion graphic) menjadikan file tersebut sebuah karya nantinya.

4.Render/export 

Render adalah proses terakhir dari urutan pembuatan motion graphic. Proses render atau export ini adalah proses menghasilakan file utuh dari gabungan pengeditan yang telah di lakukan sebelumnya, proses ini biasanya ada masa tunggu, karena sobat perlu chek ulang lagi di tahap effect animasi dan komposisi edit, mungkin ada file atau effect yang terlewatkan. Dan mengharuskan kita (sebagai desainer motion graphic) butuh melakukan revisi kembali. ini bertujuag agar menghasilkan sebuah karya yang bagus.

Fungsi animasi pada motion graphic

Fungsi animasi pada motion graphic sebenarnya memiliki perbedaan pada tujuannya. motion graphic itu sendiri adalah bagian dari jenis animasi, dengan tujuan untuk pengiklan seperti memberikan infomasi, pembelajaran, himbauan dalam bentuk video yang menarik untuk di di tonton.

Sedangkan Animasi lebih ke pada tujuan sebuah alur cerita yang di buat menarik, lucu, mengibur, dan lainya. Dengan unsur yang ada di dalamnya ialah sebuah cerita video film.

Dengan berkembangnya teknologi zaman sekarang ini, fungsi animasi pada motion graphic menjadi lebih kompleks dengan pemahaan lebih luas. hal ini di karenakan kreatifitas dari para desainer motion graphic dan animasi yang selalu mencari ide nya "out of the box" serta "brilliant". Jika sobat pernah melihat video Eksplainer, Nah itu adalah fungsi animasi pada motion graphic, atau dengan kata lain perpaduan antara motion graphic dengan animasi.

Jenis dan contoh motion graphic

Untuk contoh motion graphic ini kami akan kaitkan juga dengan "fungsi animasi pada motion graphic" yang di mana memiliki perpaduan antara animasi dengan motion graphic, dan akan kami bagi menjadi 3 jenis, berikut jenis motion beserta contohnya antara lain:

1. Motion graphic


2.Animasi


3.Motion graphic plus animasi.


Dari ketiga gambar di atas - telihat jelas pada perdeaan nya yang mana, Pada Motion graphic (1) lebih pada tampilan visual yang bertujuan pada branding atau iklan, Sedangkan Animasi (2) lebih pada karakter, alur cerita atau film, dan dengan perkembangan teknologi motion graphic dengan animasi (3) dapat di kombinasikan dengan menjadi sebuah video explainer dengan narasi voice over atau dubbing.

Style motion graphic

Untuk style motion graphic di tahun sekarang ini semakin banyak dan sangat luar biasa pada tampilan nya, yang di mana telah menjamur desainer motion graphic dari segala penjuru dunia dengan kreatifitas tinggi. Untuk style motion graphic nya antara lain sebagai berikut:

  • 3D Motion
  • 2D Motion
  • Perpaduan 2D dan 3D Motion
  • Kinetic Typography
  • Glitch / Cryberpunk
  • Isometric Motion
  • Retro / Vintage Motion
  • Morphing
  • Liquid Motion
  • Scraibel motion
  • Abstract motion
  • Stop motion / GIF

Untuk contoh dari style motion graphic dengan gambar, pada atikel berikurnya kami akan buatkan.

Sofware dan aplikasi membuat motion graphic

Pada pengeditan motion graphic tentu kita harus memiliki media perangkat lunak untuk mengeditnya. Sofware dan aplikasi untuk membuat motion graphic ini kami membagi nya menjadi dua jenis "device". Device computer / laptop dan smartphone. Aplikasi dan sofware ini, bisa menjadi referensi untuk sobat desain dalam belajar motion graphic, dan untuk list nya sebagai berikut:

Device Computer / Laptop - Perangkat Lunak Sofware :

  • Adobe After Effect
  • Adobe Premier Pro 2019 (versi terbaru)
  • Adobe Photoshop
  • Microsoft Powerpoint
  • Blender sofware
  • Davinci Resolve


Dan pada device smartphone - perangkat lunak Aplikasi:

  • Alight Motion
  • Kinemaster
  • Node Video
  • Stop motion video
  • Motion Ninja
  • Picsart Animator
  • Pinreel
  • VLLO

Dari referensi aplikasi dan sofware tadi tentu sobat dapat memilih sofware atau aplikasi apa yang cocok dengan kebutuhan sobat desain. Tips nya pilih aplikasi / sofware sesuai dengan kebutuhan, ketertarikan dan tujuan yang ingin sobat buat. 

Rangkuman

Basic Motion Graphic ini harus lah di pelajari dari dasar agar sobat desain "khususnya motion desainer" mendapat perbekalan ilmu di masa depan, karena bidang industri yang sekarang ini sungguh sangat lah cepat pergerakan update nya.

Namun sobat jangan khawatin, poin penting dalam mendesain dan menghasilkan sebuah karya ialah faham dasar desain, mau itu desain grafis atau motion desain. kemudian kuasai sofware khusus editing, dan yang terpenting melakukan latihan terus menerus. dengan begitu sobat akan menemukan style sobat nyaman nya di mana.

Baiklah sebat desain, semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua. Dan semoga membantu!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url