Design Think UI-UX Desain Tahap Proses


Design Think UI-UX adalah suatu proses dari perancangan dan penemu solusi dari masalah yang berfocus pada penguna atau user yaitu manusia. Yang dimana hal ini melibatkan memahami masalah yang di hadapi pengguna, menentukan apa yang di butuhkan pengguna, solusi inovatif yang di hasilkan, sampai dengan tahap ke pengujian.

Dengan melakukan proses "Design Think", sobat desain akan lebih mudah memahami dan mengenal tahapan apa saja yang di butuhkan dalam men-desain UI dan UX. Juga secara global "Desain Think" tidak memiliki batasan. Kalangan industri creative, universitas maupun perusahaan besar menerapkan tahapan ini untuk pendekatan pada pengguna yaitu audiens.

Dengan kemajuan teknologi penerapan design think di sebuah ui desain dan ux desain mendorong sebuah inovasi terbaru, yang dimana akan membuahkan hasil yang relevan dan lebih familiar terhadap prilaku pengguna saat melakukan interaksi. Lantas apa saja proses dari design think dalam ui-ux desain, berikut ini adalah penjelasn nya:

Proses Design Think UI-UX

Adapun proses design think ui-ux memiliki 5 tahapan yang harus di ketahui antaranya:

  • Emphatize (Ber-empati)
  • Define (Mendefinisikan)
  • Ideation (Membuat ide)
  • Prototype (Purna-rupa)
  • Test (Mencoba)

Untuk lebih jelasnya, berikut ini definisi dari penjelasan pada masing-masing tahap prosesnya.

1. Emphatize 

Emphatize atau ber-empati ini adalah proses penelitian tentang kebutuhan pengguna, yang di mana di tahap ini sobat harus dapat memahami masalah yang di hadapi pengguna dan mencoba untuk menyelesaikan nya. Biasanya tahapan ini membutuhkan riset, brainstorming dan wawasan dari masalah user pengguna yaitu manusia. Dengan penerapan desain think di tahapan ini tentu sobat mengesampingkan dahulu pendapat sobat sendiri dan lebih mementingkan tentang kebutuhan mereka yaitu pengguna.


Didalam pelaksanaan nya sobat butuh mengumpulkan sejumlah informasi yang banyak untuk di gunakan pada tahap selanjutnya. Tujuan dari emphatize ini adalah mengembangkan kebutuhan pengguna dari masalah yang di hadapinya. Lalu dari pengembangan tersebut, dapat membuahkan hasil yang lebih baik dari harapan pengguna atau audiens.

2. Define

Define adalah tahap proses mendefinisikan kebutuhan pengguna yaitu manusia dari masalah nya. dimana proses ini mengatur informasi yang telah di kumpulkan pada tahap emphatize. Disini sobat akan menganalisa dan mengamati inti dari masalah pengguna, lalu menentukan dan mengidentifikasi masalah tersebut. 


Di tahap design think kedua ini, sobat harus lebih mengetahui dari spesifik masalah pengguna lalu menargetkan dari peryataan masalah yang di kumpulkan. hal ini juga berlaku dalam membangun sudut pandang yang selaras di dalam kebutuhan audiens atau pengguna. hal selaras yang di lakukan bertujuan meyamakan sudat pandang dan mendahulukan kebutuhan pengguna atau user tersebut.

3. Ideation

Ideation atau mencari ide ialah tahap pemikiran inspirasi atau brainstorming dengan solusi kreatif untuk pemecahan masalah pengguna. Pada tahap ini sobat melakukan pemikiran ide-ide yang lebih kreatif untuk solusi yang di hadapi pengguna, yang di mana pada tahap sebelum nya sobat telah mengumpulkan berbagai jenis problem dan meyimpulkan apa saja masalah yang ada, lalu menggabungkan dan memperpadukan referensi yang tersedia.


Perlu di ingat, sebuah ide kreatif akan muncul di saat yang tak terduga. Dalam hal ini sobat dapat mencatatnya dahulu di kertas atau menyimpanya pada note. Dan juga Memperpadukan refersnsi satu dengan yang lain akan membuah kan hasil yang lebih kreatif lagi. Jadi dalam tahap Design Think ini sobat harus mendapatkan informasi dan data refersnsi sebanyak mungkin dari tahap pertama (Emphatize) dan kedua (Define) yang telah di sampaikan sebelumnya.

4. Prototype

Prototype atau purnarupa ini adalah tahap proses Design Think me-mulai membuat kerangka kerja, atau membangun sketsa untuk solusi terbaik. Dalam hal ini sobat sudah memiliki gambar, rancangan dan solusi terbaik untuk pengguna dari masalah yang di hadapinya. Tahap ini adalah hasil dari ke-tiga tahap yang telah di jelaskan, yang di mana hasil dari bertukar pikiran, brainstom dan temuan ide kreatif untuk masalah yang di hadapi.


Pada fase ini tujuan nya dalah mengidentifikasi dengan memberikan solusi terbaik dari setiap masalah pengguna yang telah di rangkumkan pada tiga tahap sebalum nya. solusi dalam prototype di implementsikan satu per satu, apakah solusi tersebut dapat di tingkatkan atau sebaliknya berdasarkan pengalaman pengguna.

5. Test

Test atau proses uji dari hasil yang telah di buat, dan di implementasikan. Tahap ini adalah proses terakhir dari Design Think yang melakukan tahap uji dari solusi yang di peroleh pada pengmahaman dan pengalaman yang mendalam untuk masalah pengguna yaitu manusia. Secara teliti sobat desain lakukan evaluasi dari pengujian tersebut. Jika memungkinkan dalam proses ini sobat desain akan melakukan pengulangan terus menerus dari tahap awal sampai ke tahap test terakhir ini, Sebab dengan cara ini lah sobat desain dapat memahami dan menghasilkan sebuah solusi terbaik yang di hasilkan.



Dari hasil uji yang telah di dapatkan sobat design dapat meningkatkan dan membantu kondisi pengguna. mulai dari bagi mana mereka berfikir, berprilaku pada produk yang di hasilkan.
Tujuan dari tahap test ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam dari produk terhadap pengguna.

Perlu di ketahui.

Tahap Design Think UI-UX desain yang telah di jabarkan tadi adalah tahap proses design think secara langsung atau linier. Pada preakteknya di lapangan proses tersebut bisa di lakukan secara non-linier atau secara tidak langsung pada tahap terntentu. contohnya sobat bisa lakukan loncat pada tahap ke dua atau ke tiga tanpa harus melakukan tahap pertama sekalipun.

Baiklah sobat desain, itulah penjelasan tentang Design Think UI-UX Desain Tahap atau Prosesnya. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk sobat desain semua. Jika artikel ini bermanfaat yuk bantu shere ke yang lain agar mendapatkan manfaat nya juga.

Untuk artikel lain tentang desain sobat bisa baca juga artikel lain di blog aldyndo ini. Semoga Membantu!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url