Expression After Effect Desain Motion


Expression after effect adalah script atau kode yang di gunkan desainer motion graphic untuk mempermudah pengeditan video animasi gerak. kode nya berupa bahasa pemograman dari javascript yang dapat di input ke dalam setingan properti lapisan, icon nya berbentuk "stop watch" dengan bersamaan menekan ALT + kilik kiri pada icon tersebut

Biasanya expession ini di gunakan untuk mengulang sebuah gerakan pada suatu elemen yang di edit, hal ini bertujuan agar element tersebut bergerak secara automatis dan ber-ulang terus menerus secara selaras. Juga dapat di gunakan untuk menghubungkan elemen satu dengan elemen yang lain agar memiliki gerakan yang sama persis.

Penting juga untuk di ketahui, expression after effect ini pun terbagi dalam beberapa kode. Agar tidak salah pada penempatan nantinya, di artikel ini sobat akan mendapatkan beberapa kode yang cukup sering kami gunakan dalam mengedit motion graphic dan animasi, untuk itu berikut kode expresion dan detail penjelasan nya.

Code Expression After Effect

Code expression after effect ini kami yang sering kami gunakan dalam pengeditan motion, dan juga kami menyertakan bagaimana cara input code tersebut di timeline komposisisi after effect, dan expression kode nya antara lain:

Expression Squash and Stretch Scale

Sques dan Stretch adalah bentuk layaknya jelly atau agar-agar yang saat di sentuh menggeliat lalu kembali ke bentuk awal. motion seperti ini sangat bagus di gunakan untuk video animasi produk makanan. Untuk contohnya sebagai berikut:


Dan untuk membuatnya sobat bisa copy terlebih dahulu kode expression berikut ini:

maxDev = 13; // max deviation in pixels
spd = 30; //speed of oscillation
decay = 1.0; //how fast it slows down
t = time - inPoint; x = scale[0] + maxDev*Math.sin(spd*t)/Math.exp(decay*t);
y = scale[0]*scale[1]/x;
[x,y]

Lalu pastikan properties sobat berada di tranform Scale, jika bingung bisa klik pada propertis yang ingin di edit kemudian tekan 'S'. Lalu masukan kode tadi ke setingan properti dengan cara menahan tombol "ALT + Klik Kiri" pada icon stopwatch 'scale' dan pastekan di bagian kolom "transform.scale". Chek Gambar berikut ini.



Expression Wiggle

Untuk expression wiggle ini ada banyak banget, dan di artikel sobat dapat belajar menggunakan kode expression wiggle yang paling mudah dan expression ini pun cukup sering di gunakan. Selain mudah di ingat kode expression wiggle ini cukup singkat.

Untuk kode nya adalah sebagai berikut: 

wiggle(2,50)

Dan caranya sama seperti tadi, hanya untuk properties nya pada tranform position (posisi), namun bisa juga menggunakan poperties lain. Pilih properties layer dan tekan "P" pada keyboard, tahan ALT, arahkan kursor ke icon stopwatch lalu klik kiri pada mouse. kemudian masukan kode expression di kolom expression nya. cek gambar berikut:


Dan hasilnya terlihat seperti gambar gif berikut ini:



Expression Blink

Expression blink adalah gerakan berkedip yang terlihat hilang dan muncul kembali dalam beberapa detik saja. Expresion seperti ini biasanya di gunakan pada animasi mata. namun dalam animasi lain nya pun juga bisa di aplikasikan. Dan kode nya sebagai berikut:

blinkSpeed=15;
n= Math.sin(time*blinkSpeed);
if(n<0) 0 else 100;

Untuk properties nya ialah 'Opacity' shortcut nya ialah huruf "T" pada keyboard. Cara input nya juga mirip kok seperti sebelumnya. pilih properties lalu tekan tobol "T" pada keyboard, kemudian tahan tombol "ALT" dan klik kiri pada icon stopwatch lalu masukan kode nya pada kolom expression. Jika sobat bingun lihat gambar berikut ini:


Untuk nilai blink speed nya sobat bisa ganti sesuai selera, seperti contoh nya kami mengganti dengan angka yang berbeda di setiap properties layer berikut;


Dan hasilnya akan terlihat seperti berikut:




Expression Rotation

Expression rotation adalah code animasi untuk sebuah elemen yang dapat bergerak berputar secara automatios, untuk kodenya bisa juga di gunakan pada timer waktu atau jarum jam yang sedang berbutar. Di sini kami berikan 3 kode expression agar sobat dapat memilihnya, dan kode nya sebagai berikut:

Rorarion Style 1
veloc = 360; //360 Degree Rotation per Second
r = rotation + (time - inPoint) *veloc;
[r]

Rotation Style 2
posterizeTime(12);
time * 36;

Rotation Style 3
time*150

Cara menambahkan codenya mudah kok, Klik properties yang ingin di edit lalu tekan "R" pada keyboard maka akan keluat settingan tranporm "Rotation" kemudian arahkan kursor di icon stopwatch tahan ALT dan klik kiri pada icon. dan pastekan kode yang telah sobat pilih. Kami tunjukan ke-3 kode tersebut yang di input, gambar nya sebagai berikut:


Dan hasilnya sobat dapat lihat gambat gif berikut:



Expression Bounce 

Expression bounce adalah kode animasi untuk pantulan atau memantul ke atas atau ke bawah. Dan untuk membuat nya pun cukup terbilang agak kompleks karena membutuhkan dua point aktif pada keyframe. Cara nya sebagai berikut:

  • Sobat buat layer properties bisa bentuk lingkaran, persegi atau yang lain.
  • Klik properties dan tekan huruf 'P' untuk membuka transform position        
  • Atur posisi properties, dan aktifkan keypreame 'pertama' dengan mengklik icon stopwatch
  • Lanjut keyframe ke 'dua', geser garis navigasi (garis timeline) dan geser properties sesuai selera.
Maka tampilan nya seperti gambar berikut ini:


Nah, kemudian copy kode berikut:

e = .7;
g = 5000;
nMax = 9; 

n = 0;
if (numKeys > 0){
 n = nearestKey(time).index;
 if (key(n).time > time) n--;
}
if (n > 0){
 t = time - key(n).time;
 v = -velocityAtTime(key(n).time - .001)*e;
 vl = length(v);
 if (value instanceof Array){
     vu = (vl > 0) ? normalize(v) : [0,0,0];
 }else{
     vu = (v < 0) ? -1 : 1;
 }
 tCur = 0;
 segDur = 2*vl/g;
 tNext = segDur;
 nb = 1; // number of bounces
 while (tNext < t && nb <= nMax){
     vl *= e;
     segDur *= e;
     tCur = tNext;
     tNext += segDur;
     nb++
 }
 if(nb <= nMax){
     delta = t - tCur;
     value + vu*delta*(vl - g*delta/2);
 }else{
 value }
}else
     value

Dan masukan ke dalam kolom expression dengan cara seperti sebelum nya, yaitu tahan "ALT" geser kursor ke stopwatch dan klik kiri lalu pastekan kode tersebut. Pastikan juga, transform ya di 'Position' Untuk tampilan nya seperti gambat berikut:


Jika mengikuti proses nya dengan benar maka hasilnya sebagai berikut:


Hal Penting

Dalam mengedit atau mendesain motio graphic dan animasi tentu ada saat di mana sobat akan membutuhkan script atau kode expression ini. selain mempermudah pekerjaan sobat menjadi lebih cepat expression ini juga tebilang lebih smoth (halus) dalam pergerakan animasi nya.

Beberapa code yang telah kami sebutkan tadi adalah kode yang cukup sering di gunakan dalam mendesain sebuah animasi dan motion graphic. Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat desain semua, dan untuk tutorial animasi atau pun tutorial seputar desain lain, sobat bisa chek di blog aldyndo ini.

Semoga membantu!



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url