Element User Interface - UI Desain



Element user interface - Element UI adalah bagian-bagian yang di gunakan untuk membuat sebuah tampilan antar muka sebuah website atau aplikasi. Yang dimana bagian ini akan menjadi interaksi untuk antar muka pengguna tampilan yang di gunakan. Seperti contohnya tombol, tampilan menu, icon ceklis dan lain nya.

Sebagai seorang UI desainer, sobat perlu dan butuh menggunakan element ui ini untuk membuat sebuah tampilan visual yang memastikan konsistensi di seluruh karya ui desain sobat, hal ini bertujuan agar lebih responsip dan mudah di gunakan dalam penggunaan navigasi website atau pun aplikasi yang di buat nantinya.

Di dalam artikel ini sobat akan dapatkan beberapa element user interface yang wajib di ketahui (bagi pemula) untuk di gunakan dalam pembuatan desain web serta aplikasi. Dan untuk element nya adalah sebagai berikut ini.

Element User Interface

Delapan Element user interface yang wajib sobat ketahui jika ingin belajar UI desain. Dan Element UI nya sebagai berikut:

1. Toggle Switch

Toggle Switch atau yang lebih di kenal dengan "Toggle" ini adalah bagian element ui dari web atau aplikasi yang di gunakan untuk mengontrol mematikan dan mengidupkan secara ekslusif layaknya tombol ON dan OFF. Fungsi dari toggle sendiri adalah kontrol antar muka, bisasnya bagian ui desain ini di gunakan untuk menampilkan Dark Mode atau juga Light Mode. Dan ada juga pada setting atau pengaturan untuk mempermudah tampilan contohnya pada menu wifi, airplane mode, atau settingan lain nya.


2. Radio Button

Radio Button adalah bagian element pilihan atau formulir pada tampilan ui desain. Tugas utama dari radio button adalah menampilkan pilihan untuk antar muka pengguna. Yang di mana bagian desain ui ini, terbilang paling penting dan banyak di pakai pada desain aplikasi dan web. Pilihan atau formulir yang di sajikan tentu harus saling bercitra ekslusif atau dengan perbandingan antara pilihan yang satu dengan yang lain nya.


3. Checkbox

Checkbox adalah bagian tampilan ui desain yang menyajikan tampilan pilihan juga biasanya berupa kotak kecil dengan tanda ceklis, hampir sama dengan radio button hanya saja yang membedakan adalah icon yang di tampilkan yaitu berupa cheklist formulir pilihan. Dan juga, chekbox dapat di pakai dalam banyak pilihan di dalam satu menu sekalipun. Hal ini tentu lebih menjadi hal yang penting dalam desain ui website atau pun aplikasi. 


4. Chips

Chips adalah serangkaian komponen yang digunakan untuk visualisasi ringkasan tampilan dalam UI desain. Yang di mana tampilanya berupa tag atau pun informasi untuk pengguna. Dan juga chips memungkinkan pengguna untuk menginput infomasi lebih lagi, membuat dan memfilter sebuah pilihan konten yang di sajikan.


5. Notification (Badge)

Notification adalah komponen tanda peringatan penting tentang umpan balik dari status aktifitas sistem atau juga bisa di sebut badge. Notifikasi juga memiliki peran yang penting dalam sebuah tampilan ui desain, mau itu desain website atau pun aplikasi. Notifikasi bertujuan untuk menampilkan pemberitahuan, membantu pengguna, dan memberi kesan pertolongan pada pengguna.


6. Carousel

Carousel adalah serangkaian slide yang dapat di geser ke kanan atau kiri dengan pengulaan secara automatis atau pun manual. Biasanya tayangan slide ini berbentuk gambar atau gif yang di mana isinya berupa galery yang ingin di tayangakan dalan UI untuk pengguna.


7. Breadcrumb

Breadcrumb adalah jenis bagian dari skema navigasi penting, yang memperlihatkan pada pengguna untuk penempatan tampilan pada sebuah pemetaan konten di website atau pun aplikasi. Hal ini sama seperti navigasi menu situs, yang di mana pengguna dapat melacak jalur di setiap konten dan dapat kembali pada tampilan awalnya (home). Dan biasanya breadcrumb di susun secara horizontal atau sejajar dari kiri ke kanan, juga terdapat pemisah di setiap halaman (page) nya. pemisahnya itu sobat dapat lihat seperti tanda lebih besar (>), tanda ini biasanya di letakan setelah menu page tadi.


8. Dropdown

Dropdown adalah jenis tampilan dan bagian menu dari skema navigasi yang merupakan turunan dari sebuah breadcrumb, atau dengan kata lain nya dropdown adalah sekumpulan menu pilihan dari sebuah menu utama dalam sebuah tampilan UI desain di website atau aplikasi.  Dropdown bertujuan untuk memperlihatkan daftar pilihan pada tampilan menu utama agar dapat berinteraksi pada pengalaman pengguna antar muka.


Kesimpulan

Element UI yang telah di bagikan tadi adalah sebagian saja namun 8 element tersebut cukuplah penting dalam sebuah tampilan ui desain untuk di website maupun aplikasi. Dengan element dan bagian yang telah di sebutkan tadi sobat tentu sekarang lebih banyak belajar mendalami lagi tentang pemahaman ui-ux desain.

Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat buat sobat desain semua, dan untuk artikel lain tentang pembahasan desain sobat bisa baca juga di blog aldyndo ini.

Semoga membantu!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url