Contoh Infografis Desain Dan Bagaimana Cara Membuatnya

Infografis Desain itu apa sih?. Pertanyaan semacam ini akan selalu muncul di awal bagi seorang desainer grafis yang baru terjun ke duania desain. Sebelum membahas lebih jauh tentang infografis desain, mari coba kita memahami dahulu apa itu sebenarnya desain grafis dari dasar, agar temen semua mudah dalam membuat infografis kedepan nya.

Infografis desain adalah sekumpulan media informasi yang di gabungkan menjadi satu desain dengan beberapa unsur elemen yang terdapat di dalam nya seperti foto, illustrasi, teks, dan grafik bar.

Infografis pun memiliki artian lain yaitu kumpulan seni yang memiliki citra dari visual data yang dibuat dalam satu bingkai. Di dalam nya terdapat diagram grafis batang, teks grafis yang singkat, dan ilustrasi gambar sehingga memberikan pemehaman umum yang sangat mudah di mengerti dari satu topik tertentu.

Infografis Desain

Tentu sobat desain telah memahami apa itu infografis yang telah kami sebutkan di atas tadi bukan?!. Di dalam industri graphic design, bentuk desain seperti memiliki tujuan yang khas yaitu membuat dan menyajikan sebuah informasi yang begitu kompleks namun audiens mudah dan faham apa informasi yang di sajikan tersebut, informasi tersebut dari kumpulan data yang telah di rangkum dan di jadikan visualisasi yang enak di lihat (eye catching). Biasanya desain ini di buat untuk memberi informasi tentnag linimasa eksperimen, perjalanan sejarah, atau story telling.

Contog Infografis Desain

Selain mengetahui tentang apa Infografis Desain tentu sobat juga butuh referensi desain infografis. Berikut ini ada beberapa contoh infografis desain yang kami rancang khusus untuk referensi seoba, berikut contohnya:

Infografis Visual

Infografis Visual adalah desain infografis yang meberikan informasi secara visual yang membuat pembaca atau audiens yang meilhat nya lebih tertarik untuk mebaca serta membagikan nya ke sosial media.

Infografis Visual

Infografis Desain seperti ini sangat umum di temui di media online atau pun media ofline. Dengan desain yang merarik dan memberi informasi yang jelas, serta terdapat beberapa poin desain yang lebih menonjol agar audiens dapat dengan mudah memahaminya

Infografis daftar isi

Infografis daftar isi ini tentu sobat desain pasti tau dan sering melihat nya!? seperti di cafe, restoran atau pun tempat traveling. Yang di maksud itu adalah Menu daftar makanan loh..., Menu daftar makan termasuk dalam Infografis daftar isi. Infografis ini menojol di bagian daftar list atau isi yang ada di dalam nya.

Infografis Daftar isi

Infografis daftar isi ini memberikan informasi daftar list yang di padukan dengan gambar yang memiliki keterangan, bisa juga di tambahkan dengan anggka harga atau pun jumlah satuan nya.

Infografis Peta

Infografis peta adalah penyajian informasi peta jalan atau denah lokasi yang bertujuan memberi geografis pada satu wilayah. Biasanya ini untuk para turis asing atau spbat yang lagi traveling.

Infografis Peta

Infografis peta bertujuan lebih ke arah formal karena memiliki keterangan untuk audiens yang baru melihat atau datang ke suatu wilayah tertentu yang belum pernah di tempatinya.

Infografis Perbandingan

Informasi perbandingan adalah infografis yang memberikan daftar suatu sumber dengan 2 sudut pandang yang berbeda, yang di mana informasi ini memiliki 1 tujuan utama yang sama, Untuk contoh desain infografis perbandingan nya sebagai berikut:

Infografis Perbandingan

Contoh gambar tersebut terlihat jelas dengan tujuan yang sama namun memiliki 2 sudut pandang yang beda bukan!?. Keterangan lebih jelasnya "Pekerja" ialah tujuan utama dengan perbandingan sudut pandang 1 adalah "Freelance" dan "Karyawan Kantoran" adalah sudut pandang ke 2

Infografis Alur Diagram

Infografis Alur Diagram adalah informasi yang menunjukan bagaimana alur sebuah skneario cerita berjalan.

Infografis Alur Diagram

Seperti yang sudah kami jelaskan di awal, tentu ini bekaitan tentang sebuah informasi linimasa eksperimen, perjalanan, sejarah, atau story telling dari sebuah kisah. Desain infografis alur diagram di buat dengan pengumpulan data yang komplek tentu membuat nya juga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Infografis Statik

Infografis statik atau dalam kata lainnya infgrafis diam. Adalah sebuah infografis tanpa ada nya tambahan element lain seperti audio atau pun video. infografis ini hanya berbentuk gambar statis saja namun memiliki segudang informasi yang jelas di tampilkan.

Infografis Statik

Terlihat pada gambar, desain tersebut lebih padat akan infomasi yang di berikan. Hal ini bertujuan agar audiens lebih banyak mendapatkan informasi yang mereka cari.

Infografis Garis Waktu

inforafis Garis Waktu adalah penyajian informasi yang di dalam nya menyatakan sebuah sejarah dari waktu ke waktu, atau dalam hal lain ini bisa bertujuan untuk informasi data dari tahun ke tahun berikutnya.

Infografis Garis Waktu

Infografis garis waktu termasuk juga dalam jenis infografis alur diagram yang memiliki penerapan desain nya mengumpulkan data terlebih dahulu, tentu ini lebih ke arah cerita sejara atau story telling.

Infografis Animasi

infografis animasi ini adalah pemberian informasi melalui media video yang di buat secara unik. Mengapa unik? Karena penyajian nya menggabungan banyak elemen yang terdiri dari elemen visual foto atau gambar, audio, teks, dan elemen lain untuk pelengkap.

Infografis Animasi

Pada gambar gif di atas sobat tentu lebih memahai infomarmasi pegerakan digram yang di tampilkan dalam bentuk animasi. btw gambar tersebut kami buat secara pribadi, Sobat juga bisa belajar tentang jenis-jenis animasi, kami juga sudah membuatkan artikel nya.

Infografis Interaktif

Infografis Interaktif adalah infografis desain yang penyajian nya lebih komplek, karena bertujuan untuk bisnis, di mana pada bagian akhir dari infografis ini selalu meyertakan CTA atau Call To Action. Hampir semua jenis elemen yang telah kami sebutkan di atas tadi terdapat dalam infografis Interaktif ini.

Infografis Interaktif

Selain itu infografis Interaktif ini memiliki style yang unik dar infografis desain lain nya karena pembuatanya bisa memlaui banyak proses editing, seperti pengumpulan data, editing gambar, editing animasi sampai ada proses untuk di aplikask ke website

Infografis Resume atau Cv

Infografis Resume atau Cv ini adalah infografis yang dimana terdapat data pribadi dari si pembuatnya. Resume ini juga bertujuan untuk pekerjaan atau lamaran kerja. Isi dari Infografis Resume atau Cv relatif banyak jenis namun yang paling dominan adalah daftar dari pengalaman pekerjaan atau pemberlajaran.

Infografis Resume atau Cv

Infografis resume lebih ke arah untuk project pribadi yang akan di sajikan ke khalayak ramai. Tentu dengan Infografis resume (CV) seseorang dapat me-mamerkan pengalaman,keahlian atau skils apa saja yang dia miliki.

Aplikasi dan Sofware Infografis Desain

Setelah banyak melihat contoh infografis desain, saatnya sobat untuk mengetahui aplikasi dan sofware apa saya untuk membuat infografis desain tersebut. banyak di antara desainer desain grafis yang sudah mengetahui aplikasi dan sofware apa saja yang digunakan untuk membuat infografis desain. Dan di dalam artikel ini kami akan membaginya dalam 2 pilihan yaitu:

Aplikasi infografis desain – ini di peruntukan pada desainer yang suka mendesain dari smartphone

Web dan Software Infografis desain – ini di peruntukan ke desainer yang mendesain di PC atau Komputer

Aplikasi infografis desain

Aplikasi infografis ini bisa kamu download dan instal melalui smartphon. Bisa dari playstore mau pun apps store, Dan pasti nya aplikasi ini gratis kamu pakai. Untuk aplikasi infografis desain terbaik yang pernah kami coba antara lain sebagai berikut:

  1. Adobe Express
  2. Brochure Maker
  3. Canva
  4. Infografz
  5. Desygner
  6. Pixellab

Aplikasi di atas hanyalah sebaian aplikasi yang bisa sobat coba dalam pembuatan infografis desain, sobat bisa mencobat menggunakan aplikasi desain lain nya jika memiliki rekomendasi yang lebih bagus lagi

Web dan Sofware Infografis desain

Web dan Sofware inforagis desain ini kamu bisa menggunakan nya melalui internet atau website nya langsung atau dengan melalui pengintalan sofware. Yang perlu di ingat adalah penggunaan sofware tentu ada yang gratis dan ada yang berbayar.

Web dan Sofware inforagis desain antara lain:

  1. Piktochart
  2. Canva
  3. Crello - VistaCreate
  4. Visme
  5. Easil
  6. desygner
  7. Power Point – PPT
  8. Photoshop
  9. Adobe Illustrator

Software di atas tentu ada yang gratis atau pun berbayar, kebanyak profesional desainer tentu menggunakan software tersebut dalam pekerjaan proyek desain nya. Terlebih sofware tersebut ada yang familiar di kalangan desainer-desainer papan atas

Cara Membuat Infografis Desain

Nah, jika tadi udah tau pengertia, penjelasan dan rekomendasi aplikasi atu sofware yang bisa di gunakan untuk mendesain infografis sekarang temen-temen tentu butuh cara membuat infografis desain. Hal yang perlu di lakukan untuk Membuat Infografis Desain secara garis besarnya adalah:

1.Tentukan tujuan dalam membuat infografis desain.

Tentukan dahulu tujuan kamu dalam membuat infografis desain, untuk tujuan ini kamu bisa liat kembali contoh infografis desain di atas, karena tujuan ini adalah hal yang terpenting juga berhubungan dengan apa yang kamu inginkan di kemudian hari, juga agar infogarfis desain kamu tepat sasaran jika kamu menggunakan nya untuk tujuan pribadi atau pun bisnis.

2.Pengumpulan data untuk infografis desain yang di buat

Pengumpulan data untuk desain infografis bisa kamu cari melalu interner. Referensi itu bisa dari blog, website, video youtube atau sosial media. Hal ini bertujuan agar informasi yang kamu berikan terlihat jelas dan informatif. Dengan kata lain semua yang ada di desain infografis kamu di dapat jadikan referensi akurat dari data yang kamu kumpulkan.

3.Membuat visualisasi gambaran besar dari infografis yang di buat

Membuat visualisai gambar ini tidak juga harus jago dalam mendesain seperti membuat illustrasi atu pun jago di bidang fotografi. Sekarang ini sudah banyak website penyedia gambar gratis dengan lisensi free komersial yang dapat kamu gunakan untuk desain infografis yang lagi kamu garap.

Juga ada beberapa website yang bisa kamu gunakan untuk menghapus background seperti remove dot bg.

4.Buat tata letak atau layouting

Proses Layouting atau penetapan tataletak ini agak memakan waktu, jadi kamu bisa membuat sketsanya dahulu di kertas atau aplikasi sketsa yang ada di playstore / appstore atau yang ada tersebar di internet. Juga dengan melihat referensi desain layout infografis dari berbagai sumber, contoh nya dribble, behance, dan pinterest.

Mengatur tata letak infografis sebenarnya cukup mudah, dengan melakukan ATM atau amati trus modifikasi dari referensi yang kamu dapat dari internet dan juga menambahakan beberapa element yang kamu suka maka akan terlihat sebuah karya yang baru. Yang terpenting JANGAN mengkopi 100% dari desain orang lain - Ingat ya Fren!

5.Tambahkan Style gaya desain infografis agar terlihat unik

Tamahkan style gaya desain kamu sendiri, hal ini bertujuan agar infografis desain kamu terlihat unik dan berkarakteristik. Sebagai contoh jika kamu orang nya suka dengan aestetik tentunya infografis desain yang kamu buat terlihat aestetik juga. Hal ini berlaku dengan style desain lain nya.

Namun jika kamu pemula dan belum mengerti dengan style desain. Kamu bisa gunakan teknik ATM seperti di atas tadi. Yang terpenting kamu jangan menyerah untuk membuat sebuah karya, karena karya yang unik di larihkan dari sebuah penggabungan sebuah karya yang berbeda sertya berkarakteristik.

Penutup

Oke deh sobat desain, itu lah tadi artikel tentang Infografis desain dan juga aplikasi atau sofware yang di gunakan dalam membuat infografis. Segini dulu ya artikel kali ini next akan aku buatkan lagi artikel tentang infografis yang lebih update. Semoga bermanfaat dan berkah selalu.

Sesuai dengan janji kami artikel ini pun telah di update per July 2023, Semoga artikel ini bisa terus bermanfaat untuk banyak orang dan selalu memberikan keberkahan untuk semuanya.

Update: Artikel telah di update july 2023
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url