Cara Ubah Warna Objek di Photoshop



Cara ubah warna objek di photoshop - Berikut ini adalah cara sederhana mengubah warna objek di photoshop. Dan cara ini  cukup mudah di buat untuk desainer pemula sekalipun.

Dalam mengubah warna objek, sobat tentukan foto objek mana yang ingin di ubah dan pastikan tujuan nya jelas, apakah itu di buat untuk desain mockup atau sekedar mengubah warna untuk menampilakan warna lain dari sebuah objek yang ingin di rubah.

Biasanya, teknik merubah warna objek ini paling sering di lakukan untuk menampilkan portfolio mockup dari sebuah objek yang dimana memiliki perberbedaan sebuah karya seni. Baiklah sobat, berikut ini kami jabarkan cara ubah warna objek di photoshop dengan cara yang cukup sederhana.

Merubah warna objek di Photoshop

Untuk ubah warna objek di photoshop langakah awal tentu dengan foto bahan objek utama yang ingin di ubah warna nya, jika sobat mencari 
  dan caranya sebagai berikut:

1. Import foto yang ingin di ubah warna objek nya

Buka photoshop dan import foto yang ingin di ubah warna objek nya. Caranya klik file - klik open atau dengan shortcut Ctrl+O, atau cara gampang nya drag foto sobat ke aplikasi/sofware photoshop maka akan langsung terbuka.


2. Seleksi bagian foto objek

Lanjut ke tahap ke 2, Untuk men-seleksi gambar objek yang ingin di ubah sobat bisa pilih cara cepat dengan menggunakan Quick selection tool dan atur setingannya - Size:13px, Hardenss:100% dan Sapcing: 25%. Untuk setingan lain biarkan saja.




3. Tambahkan solid layer baru

Setelah bagian foto objek terseleksi ssemua, lanjut untuk menambahakan solid layer baru, pergi ke menu layer sebelah kanan bawah di tampilan photoshop, klik icon lingkaran yang terbagi dua (paling bawah di menu layer) kemudian tambahakan solid layer. Jika bingung lihat gambar berikut ini:


4. Tambahkan Solid Color

Jika tadi sobat telah menekan icon lingkaran yang terbagi 2 maka akan keluar menu pop up dengan banyak pilihan, pilih menu solid color dan atur warna sesuai kebutuhan sobat. Bisa lihat gambar berikut:



5. Ganti mode layer normal menjadi liner burn

Kemudian setelah layer baru solid color di buat ganti mode nya menjadi liner burn. Di tahap ini sobat cari settingan nya di menu layer di pojok kanan bawah tampilan user interface photoshop, pastikan layer solid color yang telah di buat tadi di pilih dahulu. Jika bingung, sobat bisa lihat gambar berikut:



6. Hasil ubah warna objek

Sebanarnya di tahap ini sobat sudah berhasil mengubah warna objek yang sobat inginkan, jika sobat benar mengikuti cara yang telah kami jelaskan tadi, dan hasilnya akan seperti berikut ini:


7. Hal penting yang harus di perhatikan

Jika di lihat sekilas cara tersebut sudah terlihat bagus untuk hasilnya. namun jika sobat melihat lebih detail lagi,ada beberapa bagian yang belum rapih dan harus di perbaiki, hal ini yang menjadi masalah jika sobat berurusan dengan client atau pun konsumen. Gambar berikut menunjukan beberapa detail yang harus di perbaiki:


Gimana sobat ku, sudah terlihat jelaskan bagian yang harus di perbaiki lagi.
Nah untuk cara memperbaiki hal tersebut sobat dapat mengikuti langkah-langkah nya sebagai berikut:

Cara memperbaiki ubah warna objek lebih rapih dan detail

Terdapat dua cara untuk memperbaiki atau merubah warna objek agar terlihat lebih lebih rapih lagi, Dan caranya sebagai berikut: 

1.Masuk ke mode pengaturan masking photoshop 

Cara ini sebenar nya lebih mudah di gunakan photohop versi lebih tinggi atau paling update sekarang. Dan jika sobat menggunakan sofware yang masih versi di bawahnya, sobat dapat menggunakan cara ini. Perhatikan di layer menu photoshop sobat, dan cari layer yang kita buat tadi untuk solid color lalu klik 2 kali di bagian masking layer yang bentuk nya sebagi berikut:


Dan tampilan mode pengaturan masking yang telah di doble klik tadi adalah sebagai seberikut:


2.Setting brush tool di mode masking 

Setelah masuk ke tampilan mode masking, sobat terlebih dahulu setting brush tool. hal ini bertujuan agar saat memperbaiki warna objek agar lebih rapih dan detail lagi dan juga mempermudah pengerjaan sobat dalam memperbaikinya. Untuk setingan nya bisa di lihat gambar berikut ini:


Seting besar size brush nya di angka 7 - 10 px, Harness 100% dan spacing 25% saja agar mendapat hasilnya lebih bagus dan rapih lagi. Untuk setingan lainya biarkan saja, jangan di ubah. Bisa di lihat foto berikut:


Setelah setingan brush selesai dalam mode masking, sobat lakukan sama seperti saat menyeleksi yang telah di jelaskan di awal, sobat tinggal menahan tombol kiri pada mouse dan geser ke kanan dan kiri pada objek yang harus di perbaiki tadi. Setelah sekesai sobat dapat menekan oke dan hasilnya sebagai berikut ini:

Hasil ubah warna objek di photoshop lebih rapih dan detail

Pembelajaran Lain

Dalam artikel ini cara ubah warna objek di photoshop sebenarnya, sudah terdapat banyak cara dalam mengubahnya bisa menggunkaan tools lain, seperti pentools atau dengan paint bucket tool. Dan cara ini bagi kami, yang cukup relevan dan mudah untuk di terapkan maupun untuk pemula sekalipun. 

Jika sobat ingin belajar untuk cara editing desain lainya sobat bisa baca juga cara desain yang telah buatkan artikel nya khusus untuk sobat semua.

Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna untuk sobat desain semua. Jangan lupa untuk mengeshare artikel ini agar yang lain mendapatkan pengetahuan dan mendapatkan keberkahaan nya. 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url