Shine effect di after effect ini cara buat nya

Shine effect di after effect
Shine effect - Pada kesempatan ini saya ingin memberi cara buat shine effect di after effect, atau effect kilau di layer objek seperti logo, teks, atau grafis lain nya. Pada saat membuat animasi logo tentu effect shine ini cukup sering di pakai. Karena memiliki kesan elegan dan juga memukau audiens.

Shine effect di after effect ini memiliki tipe editing dari berbagai cara dan style nya masing-masing menurut editor motion graphic nya meciptakan nya, ada yang menggunakan plugin dan ada juga yang tidak, hanya menggunakan cara manual saja. Dan di artikel ini saya memberikan teknik dasar nya saja secara manual, agar sobat dapat lebih berkreasi dan explore dalam pengeditan animasi shine effect tersebut.

Dari yang saya pelajari effect ini memiliki berbagai nama yang berbeda, seperti shine effect, light sweep, shine reflection. Ya walau nama nya berbeda beda namun tetap pada artian dalam bahasa indonesia nya effect kilau bercahaya. Nah dari pada pusing mikirin namanya, langsung saja ke tutorial cara membuat nya.

Shine effect di after effect

Nah, ini cara membuat shine effect di after effect dengan mudah. Detail nya sebagai berikut:

1. Buat roject baru dan sesuaikan composition yang sobat gunakan, letakan logo atau teks di layer timeline

project baru

2. Pergi ke menu properties effect & preses, di dalam menu ini terdapat banyak preset nanti nya kita hanya menggunakan effect preset untuk membuat effect kilau saja

effect & preses

3. Pada menu effect & preses di kolom pencarian cari effect cc light sweep dan tambahkan di logo sobat yang berada di layer timeline

cc light sweep

4. Setelah preset effect cc light sweep di tambahkan pada logo, lanjut atur setingan kilau yang di inginkan, di sini saya menggunakan beberapa perubahan effect seperti width=985,0 - sweep intensity=54,0 - edge thiknes=12,0.

atur setingan kilau

Animasi Shine effect di after effect

Setelah tadi menambahkan effect kilau atau shine. Maka saat nya kita menganimasikan effect tersebut cara kita akfikan keyframe in dan out dari shine effect tersebut detailnya sebagai berikut:

  • Pertama aktifkan keyframe in dahulu, Arahkan garis durasi timeline pada 00:00, kemudian anchor point geser ke arah samping sampai tidak kelihatan kilau nya, lalu aktifkan icon stopwatch nya

keyframe in

  • Selanjutkan aktifkan keyframe out cara nya geser garis timeline ke arah durasi yang di inginkan lalu geser anhorpoint ke arah yang berlawanan jika tadi posisi nya sebelah kiri maka sekarang harus ke sebelah kanan.

keyframe out

  • Setelah keyframe out yang kedua nya di aktfkan kamu bisa preview dahulu effect shine tersebut, sobat bisa atur kembali animasi nya sesuai selera sobat. Dan setelah nya sobat bisa me-render animasi effect shine tersebut. untuk hasilnya sobat bisa liat gambar gif di bawah ini

Shine effect

Baca Juga: Geometric design character game lucu di illustrator.

Rangkuman

Dan itu lah tadi artikel tentang cara membuat Shine effect di after effect. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna untuk sobat desain semua. Kunjungi juga artikel lain nya di blog aldyndo.com ini untuk mempelajari cara desain dan motion graphic.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url