Video Explainer Animasi

Video explainer animasi - Video explainer animasi adalah video yang di dalam nya berupa point penjelasan penting. Dan di gabungkan dengan gambar, illustrasi serta voice over dan audio backsound. 

Video explainer ini pun dapat sobat buat dengan berbagi cara, gaya dan style. Yang di mana semua nuansa yang ada di video ini, bergerak secara unik dan modern dengan berbagai effect yang di padukan.

Dan biasanya video explainer pun menjadi bagian cukup penting dalam bidang pemasaran, Dengan video explainer, kebutuhan dan keperluan promosi pun turud serta menjadi terlihat menarik dan lebih unik serta modern di era digital sekarang.

Cara membuat video explainer animasi

Cara membuat video eksplainer bisa menggunakan berbagai sofware atau aplikasi. Yang terpenting dari cara membuat nya adalah memahami proses awal dalam pembuatan video explainer.
Peroses pembuatan video explainer antara lain:

  1. Membuat Alur Video (storyboard)
  2. Menulis Naskah script video
  3. Merekam Voice over
  4. Mencari Audio Backsound yang cocok
  5. Dan Lakukan Proses Editing video expaliner

Membuat video explainer animasi yang baik dan bugus

Jika sobat ingin membuat video explainer yang baik dan bugus, sobat perlu memahami apa yang di butuhkan oleh audiens. Kebutuhan audiens adalah pokok utama dari pembuatan video explainer. Sobat bisa menemukan jawaban dari hal ini dengan membuat pertanyaan seperti berikut:

  • Apa - Apa masalah yang di hadapi audiens?
  • Bagaimana - Bagai mana cara selesaikan masalah audiens?
  • Mengapa - Mengapa audiens harus memilih sobat?

Hal terpenting yang sobat berikan adalah solusi dari masalah audiens, dan berikan nilai keuntungan dari produk atau jasa yang ditawarkan. Lalu bagi mana ke dua hal tersebut bisa bekerja, dan terakhir berikan CTA (Call To Action) untuk mendapatkan konveksi hasil yang ingin di harapkan.

Jenis style video explainer animasi

Dalam membuat video expainer animasi sobat juga butuh memahami jenis style video explainer. berikut ini penjelasn singkatnya.

Video Explainer Animasi

Seperti yang kami sampaikan di awal, Video Explainer Animasi adalah jenis video yang cukup populer di era sekarang, video seperti ini memiliki keunikan dan bercitra modern. Sobat pun dapat dengan mudah jika ingin membuatnya, karena video seperti ini sering kita jumpai dengan tujuan untuk pemasaran dan pendidikian. Yang di mana video explainer animasi memiliki beberapa jenis style yang berbeda beda, antara lain:

Infografis

Infograsi lebih ke animasi dengan stayle grafis ikon diagram dengan bentuk tertentu yang dapat menunjukan bagan grafik statiskik dari satu hal yang ingin di jelaskan. Contoh diagram tentang hagra emas dari waktu ke waktu seperi contoh gambar di bawah.

Whiteboard Animasi

Whiteboard Animasi menyajikan tampilan animasi berwarna hitam dan putih, pada umum nya video amimasi seperti ini menggunakan effect sketsa dan gerakan tangan yang seolah-olah menggambar sesuatu. Dan Tampilan nya cukup unik dengan hitam dan putih saja membuat mata audiens menjadi focus pada video yang di buat.

Produk Animasi

Video Produk Animasi selalu memberikan tampilan yang wah dan berkesan moderen. Dan tentunya video seperti ini di tujukan untuk pemasaran dan marketing digital, Video animasi produk bisa berupa video yang di buat dengan keahlian videografi mau pun denganan teknik editing yang hanya bermodalkan file foto yang berformat JPG dan PNG saja.

Karakter Animasi

Karakter animasi biasanya selalu di butuhkan dalam video explainer animasi. Karena tentu-nya karakter tersebut akan menjadi icon atau aktor yang membawakan acting dalam sebuah video animasi explainer, yang dimana tugasnya menjadi objek utama untuk menjelaskan video tersebut. Walau terkadang karakter tersebut hanya memperlihatkan effect mulut bicara saja, namun itu terlihat asik dan terlebih lagi unik.

Motion Graphic

Video Motion Graphic lebih kompleks dan lebih terlihat sangat moderen karena video motion graphic memiliki perpaduan yang sangat padat dan jelas di banding dengan jenis video animasi nya, terdapat beberapa unsur seperti bentuk shape, teks tulisan, karakter 2D atau 3D, terdapat effect yang kompleks, sulit dan pastinya keren. Juga video motion graphic ini lebih mengarah pada promosi marketing atau event besar.

Software explainer video rekomendasi pemula

Rekomendasi sofware terbaik untuk membuat video explainer video animasi bagi pemula yang tentunya sofware yang di pakai pun sangat ringat adalah sebagi berikut:

Video explainer Dengan ppt

Jika sobat menggunakan PC atau laptop dalam membuat video explainer, kami rekomendasi membuatnya dengan power point (PPT) tentu sangat lah mudah untuk di gunakan. Secara umum power point adalah sofware yang selalu ada di setiap komputer, termasuk komputer sobat. selain mudah di gunakan sofware ini juga memberikan effect animasi yang simple dan juga keren. secara pribadi kami juga sering menggunakan sofware ini untuk membuat video animasi explainer, animasi produk, dan animasi iklan.

Video Explainer Dengan Canva

Nah untuk pembuatan video explainer yang lebih mudah lagi bisa menggunakan aplikasi canva. Selain bisa di gunakan di smart phone (HP) sobat, canva juga bisa di gunakan di computer atau laptop sobat. Fitur yang di berikan pun sangat lengkap, Dan jika sobat butuh video explainer yang cukup simpel dan gak mau ribet, canva sangat cocok untuk di gunakan.

Rangkuman

Ada empat tips untuk sobar agar membuat video explainer dengan mudah dan terlihat profesional, dan tips nya sebagai berikut:

  1. Temukan problem audiens
  2. Berikan magic solusi untuk masalah audiens
  3. Berikan penjelasan bagai mana nilai yang di berikan itu bisa bekerja dengan baik
  4. Terakhir tambahkan Call To Action atau CTA agar mendapatkan Closing

Dengan membuat video explainer animasi, video sobat makin terlihat menarik dan mendapatkan daya tarik lebih berbeda dari audien, sobat juga bisa melihat hasil karya aldyndo design yang telah di kerjakan untuk client kami, beberapa video explainer kami buat hanya menggunakan ppt saja.

Semoga artikel ini dapat membantu sobat dan semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url