Motion Graphic Designer dengan cara otodidak & gratis

Motion Graphic Designer - Di artike ini kami akan sedikit berbagi pengalaman dengan cara kami di waktu awal memulai belajar motion graphic di masa lampau. Yaitu Belajar jadi Motion graphic designer dengan cara otodidak dari course gratis.

Berhubung kami dulu minim dengan lingkaran pertemanan desainer, jadi kami mencari pengetahuan sendiri dalam belajar menjadi motion desainer. Baru setelah nya kami mengikuti grup motion designer yang ada di sosial media.

Cara ini sebenar nya cukup efectif dan bisa di bilang gratis. Juga jika sobat ingin lebih mendalami di bidang motion design, kami sarankan sobat lebih terus melatih diri dalam skil editing motion tersebut.

Motion graphic designer

Para Motion graphic designer di era sekarang ini sudah banyak sekali. mulai dari motion designer dari luar maupun dari lokal, kami juga sudah chek beberapa motion desainer yang ada di youtube, karya - karya  desain mereka pun sangat fantastis, terlihat eye-catching, modern dan unik. sobat dapat memilih dari siapa sobat ingin belajar nanti nya.

Bukan hanya di youtube, social media lain seperti "tiktok" dan instagram pun sudah banyak juga motion designer baru bermunculan. Kami cukup sering menjumpai akun-akun motion designer terbaru, dengan desain style dan gendre nya pun berbeda beda yang membuat hal itu menjadi semakin unik.

Untuk menjadi Motion graphic designer sobat membutuhkan wadah refensi tempat belajar, bisa itu melaui e-course, webinar, workshop atau kelas online. dengan menginvestasikan ke ilmu sobat tentu lebih siap dan mantap pada tahap pembelajaran tersebut.

Namun yang ingin kami bahas di sini adalah menjadi Motion graphic designer secara otodidak dan gratis tentunya. berbicara tentang pembelajaran gratis tentu akan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, dan yang terpenting di sini adalah sobat dapat belajar dengan paham mulai dari dasar dan menerapkan ilmu nya langsung seuai dengan keahlian dan kreatifitas masing-masing.

Belajar Motion Graphic secara otodiak dan gratis

Sewaktu kami belajar motion graphic secara otodidak dan gratis di masa awal - awal dulu, hal pertama yang kami lakukan adalah mencari refensi. Referensi di sini bisa berupa buku, artikel blog, dan video tutorial yang semua nya itu membahas tentang motion graphic design

Lalu kemudian, setelah kami dapatkan referensi terserbut, kami rangkum dan mencatatnya di dalam tulisan apa saja point penting yang di jelaskan, baru setelah itu kami melalukan action dengan menerapkan cara yang di berikan, ya seperti latihan gitu!.

Tidak hanya sampai di situ kami juga mencari referensi lain seperti di situs website belajar online motion graphic, course gratis motion graphic, serta sampai ikut di komunitas grup yang di dalam nya para editor desainer motion graphic semua.

Nah, Untuk "referensi" dari proses belajar motion graphic ini, kami buat menjadi pecahan yang masing masing bagian nya sobat dapat menemukan nya sendiri nantinya. Berikut detail nya!

Referensi belajar motion graphic

Referensi belajar motion graphic menjadi 4 bagian, sumber referensi ini pun kami buat se-relevant mungkin agar sobat dapat memilih dan menerapkan nya.
Dan referensi nya antara lain:

  1. Buku / Ebook Tentang Motion Design
  2. Web dan Blog Tentang Motion Design
  3. Akun dan Channel yang membahasa Motion Deisgn
  4. E-Course online atau kelas online memahas keseluruhan motion design.
Kita bahsa satu persatu referensi nya secara relevant,

1.Buku / Ebook tentang motion design.

Buku dan Ebook ini bisa sobat cari di internet atau toko buku online maupun offline yang tersebar di market place, beberapa buku yang kami rekomendasikan adalah buku "Motion Graphic Design" dan buku "The Magic Of After Effect".

Jika sobat ingin yang gratis, maka cari E-book yang membahas motion graphic. Bisa memlalui daftar langganan blog atau website motion graphic, atau mencari nya langsung dari internet. Salah satu ebook yang kami rekomendasikan adalah "motion graphic in after effect that speaks to your brain", E-book ini cukup lengkap untuk pemahaan tentang motion graphic.

2.Web dan blog tentang motion design.

Web dan blog tentang motion graphic design tentu sudah banyak sekali, dan ada bebrapa website yang menawarkan ecoursnya juga. Dan berikut referensi web dan blog tentang motion design.

Web dan blog
Web dan blog yang membahas motion graphic sebagi berikut:
    • School of Motion blog
    • Motion design school blog
    • Motion Array blog

    3. Akun dan Channel yang membahasa Motion Deisgn

    Untuk akun sosmed dan channel youtube yang bisa sobat ikuti untuk di jadikan referensi belajar motion graphic desain, ini ada beberapa channel dan akun yang kami rekomendasikan. Antara lain :

    Channel Youtube
    Channel youtube yang membahas motion graphic antara lain: 
      • Dope motion
      • SounduckFilm
      • Manuel Does Motion
      • BenMarriott
      • Flowtuts
      • TipTut
      Akun Instagram
      Akun instagram yang membahas motion graphic antara lain:
        • Tilles Motion Code
        • Anttirossi
        • inagavazova
        • oliverrandoff
        • motion aep
        Akun TikTok
        Akun tiktok yang membahas motion graphic antara lain:
          • Joyce
          • Ukramedia

          4. E-Course online atau kelas online motion graphic

          Untuk E-Course dan kelas onile ini sobat dapat milih yang free atau pun yang Vip, Berikut ini beberapa tempat belajar motion graphic secara online dengan full tutorial:

          E-Course online
          E-course online yang membahas motion graphic antara nya sebagai berikut:
            • Udemy
            • Skill Academy
            • Domestika
            • skillshare
            • Linkedin Learning

            Tips untuk calon motion graphic designer

            Jika sobat sama dengan kami yang ingin belajar motion graphic secara otodidak dan dengan sarana yang gratis. sobat bisa kumpulkan referensi yang telah kami berikan di artikel ini. Dan juga sobat dapat membaca arikel lain nya di dalam blog aldyndo ini.

            Tips dari kami "untuk calon motion graphic designer", jika sobat suka membaca bisa pilih referensi dari blog / web atau akun instagram yang membahas motion graphic. jika suka dengan video cara / tutorial motion graphic sobat bisa cari referensi di youtube, atau akun tiktok. Untuk yang suka course yang gratis bisa cari di Udemy. Namun lain hal jika sobat memiliki dana lebih dan ingin full course pembelajaran, sobat bisa pilih keseluruhan online course yang telah di sebutkan tadi dalam artikel ini.

            Baiklah sobat desain, semoga artikel ini bermanfaat buat sobat desain yang sedang belajar untuk menjadi motion designer secara otodidak. 

            Dan semoga membantu!  
            Next Post Previous Post
            No Comment
            Add Comment
            comment url