Animasi karakter bicara di after effect

Animasi karakter bicara - Di artikel ini sobat akan belajar bagai mana cara membuat animasi karakter bicara di sofware animasi yang sring di gunakan oleh motion designer yaitu after effecr.

Animasi karakter bicara ini biasanya di gunakan untuk animasi film, kartun dan video animasi 2D dan 3D animasi. Dalam proses pembuatan animasi ini cukup mudah kok, prosesnya hampir sama deangan tahapan peroses pembuatan Animasi karakter 2Dyang sobat sudah pelajari sebelum nya. Untuk yang baru mampir di blog ini sobat bisa bacanya kembali di artikel aldyndo yang berjudul "Buat Animasi karakter 2D Di illustrator dan after effect".

Tentu dalam proses editing untuk animasi karakter bicara ada dua sofware yang harus di gunakan yaitu;adobe illustrator dan adobe after effect. Dalam Hal ini sobat juga gak perlu khawatir kami juga udah siapkan file khusus untuk karakter dan bentuk mulut nya.

Animasi karakter bicara di after effect

Cara buat animasi karakter bisa berbicara ini membutuhkan "gerakan" atau "perubahan" bentuk mulut yang menyesuaikan huruf focal dalam sebuah kata, seperti huruf A,I,U,E,O. Namun ada juga beberapa bentuk mulut lain menyesuaikan huruf yang bukan vocal seperti M,S,L,F dan lain sebagai nya.

Untuk contoh bentuk mulutnya seperti gambar berikut ini:


Link download file mulut disini!


Setelah sobat mendownload file bahan animasi mulut tersebut, saat nya kita edit untuk di animasikan. Tahapan ini akan membutuhkan sofware animasi yaitu after effect. Sebenarnya ada dua cara mebuat animasi mulut ini pertama dengan manual, dan yang kedua dengan plugin automatis.
Namun di ingatkan kembali di artikel ini kita akan belajar mengeditnya dengan manual saja, agar sobat lebih bisa berkreasi dalam mengedit animasi mulut karakter tersebut. Untuk yang menggunakan plugin, akan kami bahas pada artikel berikutnya.

Atur ukuran dan posisi bentuk mulut

Setelah sobat mendownload file mulut di atas, sobat atur dahulu ukuran bentuk dan posisi mulut nya. Untuk langkah dan caranya sebagi berikut.

Pertama - buat projek baru dan buka juga file yang telah di download.


Kedua - "posisikan semua bentuk mulutnya menumpuk di tengah" lalu besarkan ukuran skala bentuk mulutnya. Perhatikan layer projek baru sobat, pastikan layer nya ter isi per-satu bagian bentuk mulut yang berbeda.


Catatan: Untuk cara menempelkan shape mulut di setiap layer baru, sobat bisa menekanCTRL+C(Copy)di layer file mulut (yang di download). kemudian copy front (CTRL+F) di layer projek baru yang sobat buat.

Ketiga - Lakukan peng-Copy-an dengan perlahan. Jika semua shape mulut sudah pada posisi layer nya masing masing, lalukan tahap besarkan bentuk ukuran mulutnya dengan menekan "CTRL+A dan geser terpi shape dengan cursor". Jika saat membesarkan ukuran bentuk mulut tidak proposisi seperti gambar berikut.


Ke Empat - Kecilkan kembali ukuran mulut atau tekan CTRL+Z, lalu buka menu windows (menu di bagian atas) dan aktifkan menu transform.


Kelima - Kemudian seleksi semua shape mulut atau tekan CRTL+A dan aktifkan ceklis di menu transform. Bisa lihat gambar di bawah.


Setelah itu bisa ulangi langkah "Ketiga" untuk memperbesar ukuran bentuk mulut nya. Setelah semua langkah selesai sekarang sobat bisa animasikan mulut karakter di after effect, lanjut ke cara berikutnya.

Animasi mulut karakter di After Effect

Untuk cara meng-animasikan mulut karakter di After Effect langkah - Langkah nya sebagai berikut:

1. Buka after effect dan import file projek baru yang sobat buat.


2. Trim durasi mulutnya, caranya seleksi semua layer mulut kemudian zoom durasi di timeline after effect sobat, lalu tekan "ALT+]" maka semua durasi layer akan terpotong seperti gambar berikut


3. Atur posisi durasi mulut yang telah di trim, caranya klik kanan pada layer yang di seleksi pilih 'Keyframe Asistant" dan pilih "Squence Layer". Dan tampilan nya seperti gambar ini.


4. Pada layer terakhir panjangkan durasi sedikit di timeline dan seting durasi komposisi samakan pada di durasi timline.



Dalam tahap ini, animasi mulutnya sudah bisa di gunakan, namun belum dapat menyesuaikan dengan kata yang akan di animasikan. Sobat bisa membuat animasi mulut nya terbut dapat di kontrol sesuai dengan keinginan, agar bisa mengikuti kata seperti bicara tentunya, ya kan!.

Untuk cara edit agar bisa kontrol animasim mulut karakternya, sobat terus baca ke tahap selanjutnya yaitu animasi katakter bicara di after effect.

Animasi karakter bicara di after effect

Langkah dalam membuat Animasi karakter bicara di after effect tentu sobat siapkan dahulu karakternya, sobat bisa baca kembali artikel kami sebelum nya tentang cara membuat karakter 2D.

Langkah Pertama : Buat komposisi baru dan masukan karakter 2D yang ingin di animasikan mulutnya.


Langkah kedua : Masukan koposisi animasi mulut yang sudah di edit dan atur ukuran mulut sesuai ukuran karakternya. Posisikan layer mulut di atas layer karakter.


Langkah ketiga : Klik kanan pada komposisi mulut karakter, pilih "time" dan pilih enable time remapping. Pada time line akan terdapat 2 keyframe dari time remap.


Langah ke Empat : Tambahkan slider control, cara nya klik kanan pada kompisisi mulut karakter, pilih effect, pilih expression control dan terakhir pilih slider control.


Langkah ke Lima : Buka expression time remap dan joinkan ke slider control. caranya Tahan ALT + klik kiri pada icon stopwatch di time remap, Lalu arahkan pick whip time remap ke slider control maka tampilan nya sebagai berikut.



Langkah ke enam : tambahakan code exspression berikut untuk mengaktifkan animasi mulutnya.

a=effect("Slider Control")("Slider")
framesToTime(a)

Tampilanya sebagai berikut!


Langkah ke tujuh : Pada slider control, setting banyak nya bentuk mulut yang akan di animasikan, caranya klik kiri pada "durasi slider", edit value dan bagian "to:"ubah sesuai berapa banyak bentuk mulut, karena file bentuk mulut yang sobat download ada 9, maka isi 9.


Langkah ke delapan : Aktifkan stopwatch slider control, kemudian "pilih komposisi mulut" dan tekan huruf U dua kali, maka akan terlihat keyframe slider. Untuk menyesuaikan animasi mulut dan control huruf yang sesuai, sobat tinggal setting pada durasi slider di angka yang sesuai kata atau huruf.


Hasil Render : Okey editing nya sudah jadi dan bisa di render (export), sobat telah berhasil membuat animasi karakter bicara di after effect, Untuk hasilnya sebagai berikut.


Rangkuman

Membuat animasi karakter bicara di after effect bisa di perpadukan dengan animasi karakter atau dengan main editing di expression. sobat bisa mencampurkan kreatifitas sobat dalam membuat nya.

Dan itulah cara membuat animasi karakter bicara di after effecr. semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk share jika bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url