Motion Transition

Motion Transition - Kali ini kita akan sama belajar mengenal apa itu motion transition. Cara ini di peruntukan untuk yang baru mengenal dunia editing khusus nya video motion atau video animasi. Dan untuk yang sudah mahir dari tingkat menengah mau pun pro boleh memberikan saran lain nya.

Motion transition atau dalam bahasa indonesia nya adalah "transisi gerak", yang di mana kegunaan motion trasition ini biasanya di pakai dalam pengeditan video. Untuk teknik pembuatan motion transition ini pun bermacam style dan tipe. Ada yang menggunakan tipe motion standard dari effect yang telah di sediakan, ada yang dengan plugin tambahan, dan ada juga yang membuat nya secara mandiri dengan teknik motion yang di ketahuinya.

Dan di artikel ini akan di ulas penjabaran tentang Motion Transition agar sobat editing dan sobat desain dapat memahami keseluruhan dari apa yang di maksud dengan 'motion transition' tersebut. Dan berikut ini penjelasan secara menyeluruh dan ini kami rangkum khusus buat sobat edit semua.

Apa motion transition itu? 

Apa motion transition itu? - Dari yang telah kami pelajari dengan secara luas Motion Transition adalah lapisan elemen yang di gunakan dalam editing video yang bercitra visual natural antara potongan video.

Dengan motion transition dapat membuat penonton lebih mendapatkan informasi dari penyegaran pengelihatan dan tidak monoton. Pergerakan yang berbeda dari satu video ke video lain biasanya memberikan tampilan perpindahan yang natural yang di mana di antaranya dapat juga di tambahkan dengan motion transition.

Ini tergantung dari pembuat (editor) yang melakuan pengeditan dengan kreatifitas dari pemikiran yang out of the box, itu sangat luar biasa. Lalu apa saja hubungan nya "motion transition" dengan "motion graphic" tambahanan penjelasan ini di buat agar sobat lebih mudah untuk memahami nya, berikut beberapa hal yang dapat dipelajari untuk sobat dapat lebih mendalam tentang pemahaan Motion Transition.

Apa kegunaan transition dalam motion graphic?

Kita mulai dengan kegunaan motion transition di dalam motion graphic. Sebenarnya motion transition adalah bagian yang utuh dan saling melengkapi di dalam motion graphic, untuk kegunaan nya terlihat sangat jelas di mana motion graphic membutuhkan sesuatu pelengkap dan penyatu dari bagian potongan-potongan video yang terpisah.

Contoh Motion Transition

Salah satu contoh dari motion transition, adalah seperti gambar berikut anatra video 1 dengan video 2 dari motion graphic tersebut terdapat motion transisition yang terlihat jelas.

Design by aldyndo

Terlihat di dalam gambar (gif) "motion transition" berbentuk "shape linkaran" dengan warna kuning dan biru saling berseling di antar video satu dan dua.

Bagai mana cara membuat motion transition?

Membuat motion transition - Dalam hal ini sobat dapat menghasilkan dan membuat motion transition milik sobat pribadi, dengan cara kreatifitas editing yang out of the box. Atau juga dengan mengikuti perkembangan teknologi, sobat bisa membuat motion transition dengan cara automatis, karena sekarang ini semakin di permudah dalam kreatifitas digital.
Dan berikut beberapa cara dalam mebuat motion transition:

  • Menggunakan Sofware Editing (Laptop/Pc)
  • Menggunakan Plugin Motion Transition (Laptop/Pc)
  • Menggunakan Aplikasi Editing (smarphone)
  • Menggunakan Video Template Transition (Laptop/Pc/Smarphone)
  • Menggunakan Preset (Laptop/Pc/Smarphone)

Saran dari kami, pilih sesuai dengan kebuatuan sobat. Misal sobat hanya memiliki smarphone maka buat dengan lah menggunakan aplikasi editing dan juga belajar membuat nya secara mandiri. kami akan bantu sobat dengan memberikan cara tutorial editing video motion di smartphone.

Gerak objek dalam motion transition

Penjelasan dari gerak objek dalam motion transition berkaitan dengan tampilan sebuah video yang menarik perhatian dari visual nya. Gerak objek ini bisa berbagai ragam pengertian namun di sini kami kategorikan ke dalam motion graphic, yaitu motion transition.

Gerak objek dalam motion transition adalah serangkaian bentuk yang memukau dan bergerak saling bergantian untuk menutupi objek utama, yang di mana di dalam objek utama memiliki blank spasi (hitam) di persekian detik dan juga bisa untuk membuat tampilan baru dengan tujuan membuat focus pandangan penonton untuk lebih lagi.

Apa Animasi, transisi dan motion graphic sama?

Jawaban dari pertanyaan 'Apa Animasi, transisi dan motion graphic sama?', Adalah 3 hal yang saling berkaitan satu sama lain dan tidak bisa di pisahkan. "Sama" dalam arti bentuk dan teknik sebuah tampilan visual di dalam editing video serta motion design. Dan berbeda dengan tujuan penggunaan nya,yang di mana masing-masing "tampilan visual' tersebut memiliki tugas nya tersendiri di dalam pekerjaan editing.

Perbedaan tujuan dari tiga hal (animasi,transisi,motion graphic) di dalam editing motion dan editing video adalah sebagai berikut:

Tujuan penggunaan Animasi:

Tujuan animasi dalam editing motion adalah teknik yang di gunakan seorang editor untuk menciptakan citra visual yang berbentuk statis menjadi dinamis. Dan juga tampilan visual tersebut meiliki kesan yang bagus Eye - catching

Tujuan kegunaan Transisi:

Tujuan Transisi adalah penyatu tampilan visual yang saling terpisah atau memiliki "gap" antar video satu dengan video lain. Transisi bisa di gunakan dalam teknik editing motion atau juga editing video, yang di mana setiap transisi memiliki ciri khas nya masing-masing dari pembuat nya (editor).

Tujuan gunanya Motion Graphic:

Tujuan Motion grapahic itu sendiri lebih kepada menghasilkan tampilan visual dengan unsur "graphic deisgn" yang ada di dalamnya. Bila sebuah graphic design memiliki tampilan yang statis maka berbeda dengan motion graphic, itu (motion graphic) membuat nya menjadi hidup dan membuat penonton yang lebih melihat nya menjadi lebih tertarik.

Jika anda sorang pemula di motion design bisa baca juga tentang Basic Motion Graphic agar lebih memahami secara mendalam apa itu Animasi, Transisi, dan Motion Graphic

Kesimpulan

Rangkuman penjelasan tentang motion transition di dalam artikel ini kami dapat dengan pembelajaran yang telah kami lalui, Untuk membuat motion transision pun sekarang ini cukup mudah.

jika sobat mengunakan template, preset dan plug-in dari internet kami anjurkan mengikuti petunjuk penggunaan lisensin ya dari pembuatnya.Namun berdeda jika anda membuatnya dengan mandiri, hal ini jauh lebih menjadikan sobat memiliki cirikhas dan terlihat lebih unik.

Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga membantu!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url