Cara buat animasi toggle button di after effect

Animasi toggle button adalah animasi tombol yang bentuk nya seperti saklar, animasi ini biasa nya di gunakan dalam website atau menu aplkasi yang merupakan tampilan untuk UI UX desain. Dan pada website biasanya toggle button dapat merubah tampilan dari terang ke gelap atau sebaliknya.

Biasanya animasi toggle button ini dibuat meggunakan code css atau dengan sofware figma yag sering di gunakan oleh para web desainer ui-ux. Namun pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel tentangCara buat animasi toggle button di after effect.

Dan pada dasarya nya pembuatan animasi toogle ini menggunakan effect animasi morph shapes yang di buat dengan shape tool di after effect. Namun saya akan langsung siapkan saja source file Ae nya yang bisa di download agar sobat bisa langsung membuat dan mempelajarinya.

Animasi toggle button di after effect

Di sini kita akan belajar buat animasi toggle button dengan degan perubahan dari day ke night, atau light to dark mode. Berikut ini tutorial cara membuat animasi toggle button di after effect:

  • 1. Buat project baru degan ukuran 1:1 atau dengan satuan pixels 1080x1080px.

  • 2. Buat dua background layer dengan menggunakan shape tool dan beri warna dengan Format warna HTML,  kode pertana  #EEF5FF untuk light dan kedua #23003A untuk dark.

  • 3. Kemudian buat Shape Background Button, gunakan rounded rectangle tool. Tarik mouse di layer preview dan sesuaikan ukuran, biasaya nya roundness nya tidak pas atau kurang bagus, maka dari itu setting lagi di bagian properties shape yang berada di timelimenya dengan ukuran roudness lebih besar. Bisa juga menambahkan warna dan effect shadow untuk memperindah tampilan nya.

  • 4. Lanjutkan dengan pembuatan move button dengan menggunakan elips tool, oh iya sob...jika ingin memindahkan menu tools ada 2 cara pertama tahan mouse kiri pada menu shape tools, dan kedua tahan alt pada keyboard dan klik sekali pada shape tool maka merubah tools nya. Lanjut ke pengeditan, bisa membari warna objek button nya dengan sesuai selera masing masing.

  • 5. Oke selanjtnya copy shape background button dengan meggunakan shortcut CTRL + D dan kemudian ubah warna nya dengan code #5C2382. Dan chek semua urutan posisi layer di temline dengan tamppilan seperti gambar berikut.

  • 6. Nah, sekarang buat animasi keyframe. Pada layer button, beri animasi position, tekan "P" pada keyboard dan geser garis timeline sekitar beberapa detik menjauhi posisi awal lalu geser shape move button yang ada di tampilan view section. 

  • 7. Jika sudah, kemudian balik effect animasi nya, copy keyframe nya menjadi kebalikan nya saja dan boom jadi. Check juga gambar di bawah

  • 8. Kemudian lanjut animasikan transparansi pada shape background button dan background layer. Samakan saja posisi pada timeline. Klik kedua layer shape tersebut dan klik huruf "T" pada keyboard lalu, geser garis timeline dan beri nilai nol kemudian bebrapa durasi selanjut nya beri nilai 100. Dan untuk selanjutnya balik arah animasi dengan mengkopy nya saja.

  • 9. Chek kembali keyframe animasi yang telah di buat tadi, dan kemudaian sobat bisa merendernya nya dengan setinggan render after effect yang biasa di buat. Dan ini lah hasilnya, animasi nya.

Rangkuman

Demikian artikel tentang Cara buat animasi toggle button di after effect, semoga tutorial ini bisa mambantu sobat dalam membuat animasi toogle button di masa mendatang.

Dan untuk source file nya saya sediakan di tombol download di bawah ini!, After effect yang saya gunakan versi CC2015, Silahkan di download, dan di baca lisensi nya ya sob!


Dan baca juga artilel lain tentang cara membuat animasi dan desain di blog aldyndo ini.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url