Plugin After Effect gratis untuk animasi dan motion graphic

Plugin After Effect - Plugin atau tool untuk membantu sobat dalam pengeditan animasi dan motion graphic tentunya ada yang gratis (open source) dan juga berbayar. Namun tenang aja, di artikel ini saya akan bagikan pengetahuan tenang beberapa "Plugin After Effect gratis" (bisa dengan trial) untuk pembuatan animasi dan motion graphic design secara lebih mudah, jika sobat menggunakan sofware adobe after effect artinya artikel ini sangat berguna banget.

Kebutuhkan editor pemula yang sedang belajar animasi dan motion graphic tentu sangat banyak. Mulai dari belajar secara manual, menonton tutorial dan juga membaca artikel tentang tutorial seputar animasi motion graphic yang sedang di cari.

Dan di saat belajar membuat animasi dan motion graphic secara manual, pastinya menemukan keseulitan dalam menerapkan tutorial yang di berikan. Karena biasanya, penjelasan yang di berikan beberapa conten creator menggunakan alat bantu seperti plugin atau tools lainya. Plugin atau tool untuk membantu sobat dalam pengeditan animasi dan motion graphic ini memiliki banyak jenis, kegunaan dan manfaat nya, saya akan coba jelaskan semua yang saya ketahui dan tentu mencobanya terlebih dahulu.

Apa itu Plugin After Effect

Plugin after effect adalah alat bantu yang di gunakan animator yang menggunakan sofware adobe after effect untuk memperluas fungsi dan fitur dari perangkat lunak adobe after effect itu sendiri. Simpel nya, Plugin itu lebih memudahkan pekerjaan editing hanya dengan klik-klik saja.

Sebagai contoh jika sobat ingin meng-copy keyframe pada keseluran layaer di timeline tentu sobat menseleksi nya terlebih dahulu satu persatu. Dan dengan plugin sobat cukup dengan sekali klik langsung ter-copy keyframe yang di pilih sesuai selera.

21 Plugin After effect gratis

Kembali ke topik awal, tentu sobat sudah menantikana Plugin "After effect gratis" apa saja yang ada di artikel ini, tanpa banyak basa-basi lagi berikut daftar plugin after effect nya, antara lain:

1. FX Console shortcut

FX Console shortcut adalah plugin after effect yang membantu sobat untuk menemukan panel fitur yang ada di after effect, plugin ini lebih membantu sobat dalam menekukan fitur yang sedang di butuhkan. Misal sobat ingin menemukan effect yang biasanya harus mencarinya di bar menu dan membuka panel effect (itu terlalu lambat), dengan plugin FX Console shortcut cukup dengan menggaktifkannya lalu mencarinya efect di pencarian plugin tersebut. Sangat mudah bukan...

2. Composition Setter

Plugin yang berikutnya adalah composition setter. Plugin ini adalah palet kontrol untuk mengubah ukuran aspek rasio piksel, durasi, motion blur, preserve option, frame rate, pre-com layer dan masi banyak lagi. Sebenarnya hal ini dapat di lakukan dengan secara manual, namun ada baiknya sobat mencobanya karena tentu tugas sebuah plugin adalah mempermudah dan mempercepat kerja editor.

3. Better Bokeh

Better bokeh adalah plugin untuk koreksi dan penggubah warna (gamma) menjadi terlihat blur pada after effect. Plugin ini lebih di buat untuk memudahkan pengeditan effect di warna pada project after effect. Ketika sobat menggunakan plugin, ini kabar baiknya adalah gratis. Dan berfunggi untuk membuat sebuah shape yang berwarna gradasi jadi terlihat blur dan enak di pandang. Tentunya dengan settingan sesuai selera sobat.

4. Typeflow

Typeflow adalah plugin teks untuk di After Effects. Biasanya untuk membuat animasi yang bagus tentu sobat harus menggungunakan keyframe dan menambahkan ekspresion yang berbentu kode script dan di tempelkan pada bagian layer teks tersebut. Namun dengan typeflo sobat cukup menambahkan beberapa setingan yang di sesuai kan dan Boom!.., langsung jadi hanya dalam beberapa detik saja dan Hasilnya jauh lebih halus terlihat.

Pengaturan plugin nya dapat disesuaikan sesuai selera sobat, untuk pengaturan animasi posisi, skala, rotasi, opasitas, dan properti animasi teks lainya. Dan juga plugin ini mampu mengaktifkan/menonaktifkan sebuah animasi in atau out pada teks. Selain itu, plugin ini dapat membuaat animasi secara auotomatis berdasarkan lapisan teks pengaturan keyframe yang di sesuaikan. Tentunya pengerjaan animasi teks lebih cepat dan lebih halus.

5. Responsive Auto Scale

Plugin yang berikutnya adalah Responsive Auto Scale, yaitu plugin untuk After Effects yang membuat sebuah bagian yang di edit seperti shape dan teks jadi lebih responsif, plugin ini dapat mengubah ukuran secara dinamis agar sesuai dengan lebar atau tinggi yang di butuhkan. Plugin ini bekerja untuk mengatur dimensi desain dan tata letak pada project sobat, kadang sebagai animator pemula tentu suka menggeser elemen pada layer dengan tanpa sadar, untuk mencegah hal itu terjadi, Plugin Responsive Auto Scale tentu sangat di butuhkan.

Tugas utama dari plugin Responsive Auto Scale ini adalah memperbesar atau memperkecil ukuran secara otomatis dengan penyesuaian yang di inginkan, Membantu mencegak ukuran yang kurang pas sewaktu pengeditan, perataan auto pada posisi tengah, kanan dan kiri. Dan tentunya plugin ini gratis namun membutuhkan after effect pada seri CC 2014 atau lebih tinggi.

6. Saber

Saber adalah plugin untuk membuat effect cahaya, layak nya seperti pedang di film star wars. Dengan plugin ini sobat dapat mengubah dan menganimasi kan line, shape dan teks dengan tambahan effect cahaya neon pada bagian tersebut. Plugin Saber ini gratis, fitur yang di berikan pun juga beragam mulai dari fitur utama membuat effect cahaya seperti neom, pengaturan effect yang bisa di sesuaikan selera editornya, dan terleih memeliki lebih dari 40 pilihan effect.

7. Displacer Pro

Displacer Pro adalah plugin untuk membuat sebuah transisi element di after effect jauh lebih smooth (halus). Plugin ini bekerja dalam beberapa settingan fitur saturasi warna, effect buram, dan sekala rotasi. Jika Pc atau laptop sobat masih pada grade kentang, plugin ini bisa kok bekerja sebagai mana mestinya. Displacer Pro, dapat mempercepat GPU sobat ke 32bpc dan kompertibel dengan OS windows atau mac. Walau pun ada kata pro nya plugin ini gratis kok.

8. Quick Chromatic Aberration

Quick Chromatic Aberration adalah plugin untuk effect visual warna. Dengan plugin ini sobat dapat mengedit warna dengan tampilan visual seperti trend di tahun 80-an. Perpaduan bayangan warna biru, kuning, dan merah yang memukau seperti fantasi dalam khayalan seseorang yang sedang tak sadarkan dir namun terlihat jelas yang bisa di tonton dengan menggunkan effect dari plugin ini. Tentu proses pengeditan warna dalam after effect itu terbilang cukup susah-susah gampang, namun dengan plungin ini sobat dengan mudah mendapatkan warna chromatic yang sempurna.

9. ORB

ORB Plugin yang sangat berguna untuk menggedit bentuk tekstur 3D yang realistis. Dengan plugin ORB sobat dapat menampilkan tekstur orbit bumi, planet yang terlihat sangat jelas dan realistik, bukan hanya itu plugin ini juga dapat mengatur pencahaan, bayangan dan ultra violet seperti pancaran cahya asli dari matahari atau bulan. Yang membuat saya tertarik adalah plugin nya gratis dan bisa di gunakan dalam versi After effect cc2015 ke atas.

10.Dojo Glitch

Plugin berikutnya adalah Dojo Glitch dari creativedojo. Dari nama tentu sobat sudah tau bahwa plugin ini di gunkan untuk pengeditan effect glitch di after effect. Dengan pluin ini sobat dengan mudah nya menciptakan effect glitch hanya dalam hitungan menit. Settingan pengatuan nya pun cukup mudah di fahami. Plugin Dojo Glitch dapat di gunakan pada projek editing sobat yang menggunakan file elemen gambar, video juga shape line. Dan plugi ini dapat di gunakan pada versi cc2015 (pada pc saya) atau lebih tinggi dan tentunya gratis

11. Long Shadow

Plugin Long shadow adalah plugin yang berguna untuk membuat effect bayangan datar yang panjang pada project editing element sobat. Plugin ini juga bisa di implementasikan pada warna gradient dalam membuat bayangan nya. Selain itu plugin memiliki fitur yang terbilang hebat yaitu dapat mengontrol kedalaman sudut bayangan yang terlihat sangat natural. kabar baiknya plugin ini gratis dan dapat bekerja pada versi after effect 2014 keatas.

12. Color Vibrace

Jika sobat ingin membuat effect api yang realistis plugin Color Vibrace solusinya. Selain membuat effect api plugin ini juga dapat membuat effect asap bersinar, cahya petir yang menyambar seperti berada di awan yang sedang mendung. Plugin ini gratis dan tentunya dapat bekerja pada setingan aplha channel jika sobat ingin langsung merender effect nya di dalam project video sobat, tanpa harus menggunakan green creen yang terbilang kurang profesional.

13. thicc stroke

thicc stroke ialah plugin pengeditan line atau garis stroke untuk merubah warna dan animasi nya lebih natural. Jika sobat ingin mengedit motion graphic yang lebih profesional plugin ini sangat di butuhkan. Dengan plugin ini sobat bisa dengan mudah membuat effect yang jauh lebih fantastik dengan tampilan visual effect memukau. Beberapa fitur yang di berikan sepeti dapat membuat model line yang rounded (tumpul) dengan warna gradient yang lebih memukau, dan tentunya dapat di kontrol sesuai selera. Btw, Plugin ini gratis.

14. Text Border

Text border untuk sobat motion graphic yang ingin berbain dengan border pada teks atau tulisan. Dengan plugin ini sobat dapat berkreasi dengan berbagai bentuk border mulai dari border yang datar, border yang tebal, border yang tumpul di bagian tepi sampai dengan border dengan bentuk putus-putus. Plugin ini kompertibel dengan after effect versi cs6 atau yang lebih tinggi.

15. Butt Capper

Selanjutnya ada butt capper, plugin yang terbilang sangat di butuhkan untuk pengguna after effect yang belum memiliki fitur ujung round cap untuk pengeditan shape atau pun line. Plugin ini bekeja pada after effect versi cs6 keatas, Dan tentunya gratis. Tugas utama dari plugin butt capper ini membuat bagian ujung shape atau line menjadi rounded atau tidak lagi tajam.

16. Label Maker

Laber maker adalah plugin yang membantu sobat dalam penandaan element editing yang di beri warna lebel yang sama pada element tersebut. Sebagai contoh jika sobat sedang membuat element shape berwarna kuning, merah dan biru lalu ingin memberi tanda yang sama pada layer timelinenya tentu sobat memberinya secara manual satu per satu itu memakan waktu banget, dengan menggunakan label maker dan prosesnya akan secara otamatis teratur dengan sendiri dan lebih cepat juga, cukup beberapa klik dari settingan nya saja.

17. Duik Basel

Duik basel atau yang sekarang di kenal dengan duik angela adalah plugin paling terkenal di kalangan animator motion graphic yang khusus dalam pengeditan karakter. Duik Basel adalah plugin rigging yang membuat karakter sobat terlihat hidup dan bergerak dengan kontrol manual yang di sesuaikan. Plugin ini terbilang sangat mudah di gunakan dan juga sobat bisa mendownloadnya secara gratis, namun perlu di ingat plugin ini open source dengan donasi awareness.

18. Numbers

Number adalah plugin untuk after effect yang memberi setinggan kontroler pada penghitungan, pengeditan waktu atau jam, dan yang berkaitan dengan angka. Plugin ini sangat cocok untuk membuat animasi infografis yang menampilkan daftar waktu, tabel uang atau pun tahun tampa susah paah sobat membuatnya secara manual. Numbers di buat oleh dojocreative untuk memudahkan peng-animasian yang berkaitan dengan angka secara otaomatis, Plugini memiliki tiga model yang bisa di pakai antara lain: penghitungan jumlah angka, penghitungan jam dan juga hitung mundur.

19. Dojo Shifter

Dojo shifter juga di buat oleh dojocreative untuk memudakan animator dalam pengubahan, pemindahan atau pun perataan keyframe dan layer di dalam timeline after effect. Plugini berguna banget untuk sobat dalam pengaturan timeline yang kurang rapi, dan juga plugin ini masuk kedalam kategori plugin gratis yang bisa sobat gunakan. Dengan Dojo Shifter mengatur tampilan timeline layer atau pun keyframe menjadi semakin mudah dan cepat tentu secara otomatis dengan beberapa klik.

20. Squash dan Stretch

Squash dan Stretch adalah kumpulan animasi siap pakai untuk meng-animasikan beberapa bentuk element seperti teks, shape dan line dengan tampilan kelembutan yang elastis. Dengan plugin Squash dan Stretch sobat dengan mudah membuat animasi gerakan element yang super lentur dan elastis layaknya agar-agar. Plugin ini berguna banget dalam editing animasi untuk gaya game indie, dan pastinya plugin ini gratis kok. Sobat bisa dengan mudah menggunakan plugin ini karena memiliki setingan penyusuaian yang automatis.

21. BOUNCR

Bouncr adalah plugin untuk animasi lambung yang sangat natural. Sebenarnya dalam membuat effect bounce sobat bisa menggunakan expresion script yang telah saya buatkan artikelnya, Namun dengan plugin dari ukramedia ini membuat animasi bounce (melambung) semakin mudah karena haya dengan setingan saja, yang artinya plugin ini bersifat otamatis dan dapat di seting sesuai selera sobat.

Baca juga: Expression After Effect

Rangkuman

Keseluran plugin after effect yang telah saya sebutkan tadi mungkin sudah memiliki update terbaru dan juga berlisensi, penting untuk di ingat bahwa setiap sobat ingin mendownloadnya perhatikan juga lisensi yang di berikan oleh pencipta plugin tersebut. Dan dengan menggunakan plugin after effect tersebut sobat akan lebih mudah dan cepat dalam pekerjaan pengeditan untuk animasi motion graphic.

Itulah tadi artikel tentang Plugin After Effect gratis untuk animasi dan motion graphic yang bisa sobat editing coba, semoga artikel ini bermanfaat dan jangn lupa untuk membaca artikel lainya pada blog aldyndo.com ini, akhir kata saya ucapkan "Teruslah Berkarnya".

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url