Desainer grafis butuh belajar digital marketing?


Desainer grafis digital marketing - Sebagai seorang designer grafis dan motion graphic tentu saya juga menyempatkan diri untuk belajar digital markering. Nah, biasanya saya mencari dahulu artikel tentang digital marketing kemudian liat referensi di youtube dan jika tidak puas baru mencari e-course atau e-learning onlie yang cocok tentang hal tersebut.

Nah, pada artikel ini saya ingin coba untuk berbagi dengan sobat desain, tentang belajar membangun pilar kesuksesan dari digital marketing. Sembari menekuni profesi yang lagi di asah seperti Desain Grafis, desainer Ui-Ux, dan Motion Graphic Desainer.

Butuhkah seorang desainer belajar digital markering?, Butuh atau tidak nya itu kembali kepada kamu ya sobat!. Untuk jawabaan dari saya secara pribadi sebagai berikut: "Setiap orang memiliki tanggung jawab dan hak nya masing-masing dalam melakukan sesuatu mau itu baik atau buruk. Dan jika sesuatu itu ada yang menguntungkan untuk kebutuhkan pribadi maka akan di lakukan, begitu pula sebaliknya jika tidak butuh ya tentu ter-abaikan.

Namun dari pengalaman saya pribadi dan menurut beberapa motivator pernah berkata, "Ambil langkah ke depan dengan menghambil yang yang menurut orang tidak penting dan itu akan mereka butuhkan di masa mendatang". Deangan kata lain ya butuh gak butuh di keep (simpan) aja. Heheh...gimana menurut kamu sob?

Designer butuh belajar digital marketing

Dalam hal ini (Designer butuh belajar digital marketing), Tentu berkaitan dengan Branding Strategy Marketing dan juga pengenalan ke audiens umum yang lebih luas. Dimana suatu brand atau perorangan yang akan di kenal lebih banyak orang menggunakan teknik digital marketing pemasaran agar memenangkan persaingan di market digital online maupun offline secara konsistensi.

Namun saya tidak akan membahas jauh tentang dunia marketing, melainkan membahas apa tujuan seorang desainer butuh belajar digital marketing. Dan salah satu marketing di awal karir dalam membangun branding adalah portfolio. Oh iya, sebelum nya saya juga sudah buatkan artikel tentang portoflio desain, agar nanatinya sobat bisa mengerti cara membuat portfolio yang baik dan benar.

Dalam beberapa hal tentu digital marketing dan desain saling berkaitan satu sama lain. Seperti contoh seorang marketer menggunakan desain grafis untuk konten pemasaran nya dan begitu pula sebaliknya seorang desainer membutuhkan marketing untuk membangun branding personnal atau produk nya.

Simbiosis mutualisme desain marketing

Yup, itu yang di sebut dengan simbiosis mutualisme heheh..., Karena tentu saja desainer juga butuh belajar digital marketing agar merek, produk, jasa atau personal desainer nya jadi lebih di kenal banyak orang di ranah internet sekarang ini secara online khusus nya.

Dan jika kamu sorang desainer tunggal (singel fighter desainer) yang masi mengurus semua hal serba sendri,sembari membangun "personal brand" kamu!, Berikut ada beberapa hal yang sobat perlu ketahui tentang deasiner dan marketing saling berkaitan satu sama lain.

Desainer grafis harus faham marketing?

Ya tentu saja, desiner grafis butuh dan harus faham marketing, karena hal ini bertujuan untuk memasarkan merek, produk, atau jasa desain nya ke khalayak ramai di ranah ofline maupun online secara digital.

Selain harus memiliki imajinasi yang out of the box dalam hal kreatifitas, seorang desainer juga butuh belajar dan melek akan marketig digital. Karena semakain banyak nya pesaing dalam industri ini yang semakin tumbuh dan berkembang. Desainer pemula pun juga butuh ugrade diri untuk mempelajari hal baru, dan salah satunya faham marketing digital. Agar di masa mendatang desainer mudah untuk beradaptasi degan keadaan yang baru di sekitarya.

Peran desain grafis dalan marketing digital

Desain grafis tentu juga memiliki pengaruh dan peran penting dalam industri marketing digital atau pemasaran digital. Karena jika sebuah brand, start-up, atau perusahaan yang memiliki desain grafis yang baik dan faham akan situasi atau keadaa yang lagi viral maka semakin baik dan mudah untuk menarik audiens ke corong lebih spesifik.

Dan tentu hal ini juga bisa untuk mendapatkan deal project kerja sama dengan client. Tentu salah satu jalan nya adalah marketing digital, jadi jelas peran desain grafi dalam marketing digital itu adalah hal yang berpengaruh penting.

Baca juga: Deal project design

Design grafis, pemasaran dan promosi

Tentu ke-3 Hal ini (desain grafis, pemasaran, dan promosi) adalah kombinasi skills yang harus di miliki jika ingin mengarungi dunia desain kreatifitas digital, atau pun yang ingin bertransformasi ke ranah marketing digital.

Desain grafis, pemasaran, dan promosi jika di padukan akan tercipta sebuah tujuan target yang jelas dan sesuai sasaran. Untuk contohnya antara lain website, poster, brosur, flayer, yang di kemas dalam 1 tempat yaitu portfolio, atau catalog.

Graphic Desainer VS Digital Marketer

Tentu dari dua tipe pekerjaan ini memiliki perbedaan dari yang jelas, namun bukan menjadi penghalang satu dengan yang lain untuk mencapai sebuah tujuan yang jelas yaitu closing yang di dapat dari deal project.

Ada beberapa hal yang yang bisa sobat desain ketahui tentang tujuan gaphic desain dan digital marketing dalam industri kreatif ini.

  • 1. Content Strategy
  • 2. Branding
  • 3. Deal Project
  • 4. Community Group
  • 5. Growing up

Rangkuman

Oke sobat desain, itulah tadi artikel tentang Desainer grafis butuh belajar digital marketing. Dalam hal ini saya juga masi banyak belajar tentang digital marketing itu seperti apa, dan sebagai mana fungsi nya itu bekerja untuk promosi desain dan kegiatan yang lain.

So, di artikel ini saya ingin membuat catatan pribadi untuk diri sendiri karena keresahaan yang saya alami, dalam hal menjalankan pekerjaan saya menjadi motion desainer yang juga membutuhkan pembelajaran marketing digital.

Semoga, artikel ini bermanfaat untuk sobat semua dan, sobat juga bisa artikel lain di blog aldyndo ini tentang desain dan motion graphic.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url