Cara Motion Scribble Effect dengan Pen tool After Effect

Di artikel sebelum nya sobat tentu sudah membaca artikel tentang cara animasikan Scribbel Effect Glow dengan menggunakan brush tool, Dan di artikel ini sobat dapat belajar lagi untuk Cara membuat Motion Scribble Effect dengan Pen tool di After Effect.

Langkah-langkah nya pun hampir mirip dengan cara motion scraibble sebelum nya hanya yang membedakan cara kali ini hanya penggunaan tool nya saja. sobat akan mempelajari penggunaan pen tools di after effect untuk membuat scribble effect glow.

Dan video yang di gunakan hanya video statis atau diam saja cuma di bagian latar saja yang bergerak, Dan cara membuat nya pun cukup mudah. Untuk langkah nya sebagai berikut!.

Motion Scribble Effect Dengan Pen tool di After Effect

Langkah membuat Motion Scribble Effect dengan Pen tool di sofware adobe After Effect sebagi berikut ini:

Langkah ke 1 - Seperti biasa, buka After Effect. Dan buat projek baru. Klik File - New - New Project. atau Shortcut keyboard nya Ctrl+Alt+N. Chek gambar di bawah.

Langkah 1

Langkah ke 2 - Buat komposisi baru, tekan Ctrl+N atau klik composition dan klik new composition. maka berikutnya akan keluar popup pengaturan komposisi atau Composition Setting.

Langkah 2

Langkah ke 3 - Atur kompisisi setting nya, dalam hal ini sobat bebas membuat setingan aspek rasio yang sobat mau gunakan. Di sini kami pakai aspek width: 1920px dan Height: 1080px. sobat juga boleh mengikutinya.

Langkah 3

Langkah ke 4- Import atau masukan video sobat ke bar projek, untuk video ya sobat bebas menggunakan video seperti apa dan di sini kira akan menggunakan video statis saja.

Langkah 4


Langkah ke 5- Jika video melebihi dari frame projek sobat, lakukan berikut ini. Perkecil video sobat dengan menampilkan setting "Scale" atau tekan "S" pada keyboard dan atur skalanya video nya menyesuaikan frame yang sobat buat untuk projek utama.

Langkah 5


Langkah ke 6- Setelah video di atur, lanjutkan dengan mengambar stroke atau line yang akan di buat untuk scribbel effect, di sini sobat belajar gunakan pen tool, dan pastikan sebelum menggambar layer di gambar adalah layer video nya bukan di komposisi.

Langkah 6


Langkah ke 7- lanjut lagi setelah setelah selai membuat line stroke dengan pentool tadi. sobat buat solid layer dan namai layernya sesui sobat inginkan. bisa light atau scribble efect. Dan ganti mode nya menjadi mode "Screen"

Langkah 7


Langkah ke 8- Setelah membuat solid layer yang baru tadi, kemudian pindahkan stroke line yang di layer video ke solid layer. Caranya klik icon panah di samping layer video dan pilih masks di bawah video lalu tekan Ctrl+X, Buka layer solid klik panah di samping solid layer dan pilih solid layer tekan Ctrl+V, bisa lihat di gambar bawah ini.

Langkah 8


Langkah ke 9- Beri Effect di solid layer, pergi ke menu effect dan ketikan Stroke lalu drag dan drop ke solid layer effect tersebut, kemudian setting effect ubah warna, setting brush size ke 15,0 dan brush hardness 80%. maka Scribble Effect nya akan langsung terlihat.

Langkah 9


Langkah ke 10- Dan langkah terakhir adalah membut effect gerakan di stroke line yang sobat buat.
di bagian setting Stroke Effect tadi sobat hidupkan icon stopwatch nya pada kolom End 0,0% dan pastikan time line sobat sobat berada di durasi 0. Lalu kemudian geser garis durasi di timeline ke  beberapa detik dan buat End 100% pada Stroke effect.
 
Langkah 10

Dan hasilnya sebagai berikut ini!

Hasil Motion Scribble Effect Pen tool After Effect


Gagasan terbaik

Motion Scribble Effect dengan Pen tool After Effect ini lebih mudah dalam pembuatan nya dan bisa di perpadukan pengeditan nya dengan Scribbel Effect Glow dengan menggunakan brush tool.
Editing video motion di after effect memiliki banyak variasi yang bisa sobat eksplore lagi untuk lebih kreatif di masa mendatang. Dan semoga artikel ini dapat membantu sobat dan juga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url