Shortcut Keyboard After Effect

Shortcut Keyboard After Effect - Saat mengedit desain, mau itu desain grafis, animasi atau motion graphic tentu ada keyboard shortcut yang sering di gunakan. Dan pada artikel ini saya akan berbagi informasi tentang Shortcut Keyboard After Effect yang sering saya gunakan.

Kegunaan shortcut keyboard after effect ini adalah untuk membantu dalam mengerjakan editing jadi lebih mudah dan menghemat banyak waktu di saat edit video motion graphic dan animasi. Dan juga shortcut keyboard ini pun menjadi poin penting dalam pengetahuan dasar untuk memahami fitur apa saja yang ada pada sofware dan aplikasi editing video animasi.

Dan terkadang, dari sekian banyaknya shorcut keyboard di aftere effect ini. Seorang editor motion graphic paling hanya menggunakan beberapa shortcut saja, yang di mana shortcut tersebut di gunakan menurutnya paling penting dan paling sering di pakai untuk editing project nya.

Shortcut Keyboard After Effect yang sering saya gunakan

Ada beberapa Shortcut Keyboard After Effect yang sering saya gunakan di saat saya sedang menggerjakan project editig video animasi dan motion graphic di sofware after effect. Shortcut ini juga sagat membantu saya dalam menghemat waktu, dan tentunya bisa menyelesaikan project tepat waktu.

Bukan hanya shortcut, ada juga salah satu fitur yang juga sangat membantu dalam megedit animasi dan motion graphic yaitu Expression. Expression adalah sebuah code script yang di buat oleh para ahli programing untuk memudahkan dan membuat fitu effect di adobe Ae ini menjadi lebih keren dan terlihat natural.

Dengan hal tersebut, kita juga akan bisa mengerjakan project lain jika masi ada. Dan saya juga udah merangkumkan beberapa shortcut keyboard yang sering di gunakan dalam bentuk tabel. Tabel ini nantinya bertujuan untuk memudahkan sobat dalam menghafal shortcut keyboard di after effect.


Tabel Keyboard Shortcut After Effect

Dan berikut tabel shortcut keyboard yang sering saya gunakan dalam peng-editan video animasi dan motion grapghic di after effect, atara lain:

Fitur Shortcut Windows Penggunaan
New Project CTRL + ALT + N Membuat project baru di awal pengerjaan
New Composition CTRL + N Membuat komposisi baru untuk project
Selection Tool V Menyeleksi serta memilih semua file dan fitur yang ada di tampilan
Hand Tool H Mengambil dan membawa tampilan komposisi view untuk di sesuaikan
Anchor poin tool Y Menyesuaikan titik anchor poin pada file editing di komposisi view
Text Tool CTRL + T Membuat dan mengedit teks judul, naskah, dan teks lain-nya
Shape Tool Q Membuat dan mengedit Shape atau bentuk layer, seperti persegi, bulat dan shape lain-nya
Pen Tool G Membuat dan mengedit bentuk Shape dan titik line layer, atau shape abrastak atau random custom shape
Zoom Tool Z Memperbesar dan memperkecil tampilan kompiosisi view
Scale S Memperbesar dan memperkecil Ukuran layer object di timeline
Scale S Memperbesar dan memperkecil Ukuran layer object di timeline
Rotation R Memutar arah objek file di komposisi view
Position P Mengubah posisi objek file edit di komposisi view
Opacity T Memudarkan dan menerangkan kecerahan pada file objek yang di edit
Effect Control F3 Mengubah, mengatur, dan mengendalikan effect yang di tambhakan pada object
Render CTRL + M Menghasilkan dari penyatuan editing dan mengubahnya menjadi sebuah file video

Namun pada versi adobe after effect yang lebih tinggi seperti contoh Versi CC2022, beberapa shortcut dapat ganti sesuai selera editornya. Dan ada juga seperti fitur zoom dan hand tool dengan kenyaman saya pribadi, saya menggunakan shortcut yang berbeda yaitu:

  • Zoom = "CTRL + Scroll Mouse"
  • Hand Tool = "Hold Space"
Kedua shortcut ini sengaja tidak saya masukan ke dalam tabel, karena dua shortcut ini hanya penggunaan pribadi saja, Dan yang di tabel ada study case yang saya rangkum dalam belajar dulu. Tentu nya sampai sekarang tetap saya gunakan animasi iklan produk atau pun jenis motion graphic lainnya

Untuk lebih lengkap tentang shortcut keyboard, sobat bisa membaca dokumentasi nya di Help Adobe After Effect Shortcut

Rangkuman

Oke sobat desain, itulah tadi artikel tentang Shortcut Keyboard After Effect yang dimana shortcut yang saya jelaskan adalah shortcut yang sering saya gunakan.

Semoga artikel tentng shortcut keyboard after effect ini bisa membantu dan menjadi referensi sobat desain dalam membuat animasi dan motion graphic.

Dan sobat juag bisa baca artikel lain tentang animasi dan desain lain nya di blog aldyndo ini.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url