Macam effect liquid dan jenis animasi liquid di after effect


Effect liquid di after effect ini sebenarnya banyak yang tau, namun di artikel ini akan memperjelaskan beberapa hal penting yang di butuhkan untuk pemula editing video animasi tentang pembuatan animasi effect liquid dengan mudah di pahami.

Animasi effect liquid ini banyak kegunaan nya, dan tentu degan tujuan dan selera editor nya masing-masing dalam menggunakan effect tersebut.

Beberapa yang sering di jumpai di dalam video adalah animasi liquid transisi, animasi liquid backgound dan lain sebagainya. Dan pada artikel ini saya akan jelaskan beberapa effect yang mudah di buat dapat membantu sobat dalam mengedit animasi liquid yang simpel namun keren.

Macam effect liquid di after effect

Sama seperti judul nya kali ini saya akan berikan informasi, macam effect liquid dan jenis animasi liquid yang bisa sobat buat di after effect. Jadi sobat nanti nya dengan mudah mengetahui apa aja animasi liquid yang akan sobat edit di dalam projek animasi.

Untuk mengetahui effect liquid nya, sekarang sobat buka terlebih dahulu after effect sobat dan buat project baru dengan aspek rasio yang di butuhkan. Hal ini di butuhkan karena kita akan mengechek effect animasi yang bisa di gunkan untuk membuat animasi liquid.

Animasi liquid di after effect ini di buat dengan dengan berapa cara dan saya sudah mencobanya di "after effect versi CC2015". Sambil mencari dan mengenali effect tersebut, berikut effect liquid di after effect yang bisa sobat coba gunakan, antara lain:

1. Effect Matte Choker


Effect Matte choker digunakan untuk membuat animasi liquid shape, bentuk yang yang umum di gunakan biasanya bentuk bulat dan rounded. Untuk penggenuaan nya sebagai berikut:


Cara mengunakan effect matte choker:

  1. Buat shape dengan shape tool
  2. Tambahkan adjustmen layer
  3. Beri effect blur terlebih dahulu, lalu tambahkan effect matte choker nya.

Dan hasilnya terlihat seperti gambar di atas, pada pertemuan shaper tersebut terdapat blanding atau penyatuan warna yang memberikan effect liquid.

2. Effect CC Smear


Effect CC Smear di gunakan untuk membuat effect cairan seperti air di dalam gelas atau gelombang air. untuk cara penggunaan nya sebai berikut:


Terlihat di gambar nya cara menggunakan effect cc smear sebagai berikut:

  1. Shape layer, untuk bentuk shape nya menyesuaikan saja.
  2. Tambahkan effect CC Smear di layer dan perhatikan anchor poin effect nya yang harus di atur
  3. Atur atu setting effect CC Smear di effect control.

3. Effect Level


Untuk effect level hampir sama dengan effect pertama tadi yaitu Effect Matte choker yang membedakan nya ialah settingan effect yang dan tampilan liquid nya lebih realistis. Untuk cara gunakan effect level adalah sebagai berikut:



Cara gunakan effect Level untuk membuat liquid animasi:

  1. Buat 2 shape dengan warna dan bentuk yang berbeda dengan shape tool
  2. Buat juga adjustment layer baru
  3. Pada adjustment layer beri effect gaussian blur setting di 100 blur nya.
  4. Tambahkan effect level dan ubah pada settingan channel nya menjadi Alpha dan atur histogram.

4. Add Marge & Offset paths


Marge & offset paths ini merupakan properti effect dari shape yang bisa di tambahkan. Jadi sobat buka properti shape untuk memlihat contents agar bisa menambahkan effect ini. Untuk cara menggunakan atau pakai nya sebagai berikut:



Cara menambahkan Effect Marge & offset paths:

  1. Buat 1 shape layer
  2. Buka properties contents shape tersebut dan copy shape tersebut, setiap nama contents nya akan berbeda, tergantung sobat membuat shape seperti apa. Karena saya membuat lingkaran maka yang terlihat adalah elips.
  3. Pada properties Add, tambahkan marge paths & offset paths.
  4. Lalu atur settingan offset paths nya, Amount : -50.0 dan Line join: Round join.

5. Effect Liquify


Effect Liquify biasanya di gunakan untuk membuat effect liquid backgoud atau blanding dan gradient backgound. Effect ini cukup menguras kinerja laptop jika laptop kita masi potato (alias kentang). Karena effect ini sangat effect membut effect yang super keren dan memukau. Kembali ke topik, effect liqufy ini membutuhkan bebrapa tahapan composision dan penambahan effect.

Untuk cara menggunakan effect liquify terbagi 2, detailnya sebagai berikut:


  • Tahap Awal buat Shape layer, beri effect Fractal Noise dan juga Tint untuk merubah warna noise ya. Lalu jadikan pre-composition semua nya.


  • Langkah berikutnya, Pada Compososition utama beri effect Liqufy pada pre-composition tersebut dan atur sesuai selera sobat masing-masing.

Effect liquid ini bisa sobat explore lagi dengan memperpadukan beberapa effect lain nya seperti animasi line, animasi teks dan lain sebagainya. Selanjtnya tentang jenis animasi liquid di after effect.

Artikel terkait: 10 Jenis motion graphic

Jenis animasi liquid di after effect

Untuk Jenis animasi liquid ini beragam dan bisa di explore lagi, seperti contoh animasi splash liquid dan animasi liquid transisi yang terlihat sama namun dengan tujuan penggunaan yang berbeda, jadi sobat harus faham juga menempatkan animasi tersebut dengan tujuan nya masing-masing. Dan berikut jenis animasi liquid di after effect yang bisa sobat coba membuatnya:

Animasi Liquid background

Animasi Liquid background di gunakan untuk animasi latar belakang video ini biasanya di gunakan oleh streamer gaming atau ada event gaming tertentu.

Animasi Liquid Teks / tulisan

Animasi Liquid Teks / tulisan di gunakan untuk judul video, perkenalan, bumper, atau sekedar memberikan infomasi khusus yang berguna.

Animasi splash liquid

Animasi splash liquid biasanya di gunakan untuk transisi video iklan, karena adanya percikan membuat kesan mengiurkan dan mukau expresi penonton.

Animasi liquid transisi

Animasi liquid transisi sering di pakai youtuber, seperti channel rekomendasi, channer daftar terbaik, dan lain nya.

Animasi smoke / asap

Masi 1 jenis dengan animasi liquid yaitu Animasai smoke / asap, yang di mana animasi di gunakan untuk memberi kesan asap pada video animasi. Animasi asap ini sering kita lihat pada video 2D animasi kendaraan, roket meluncur, vape, dan smoke.

Animasi bubbles /gelembung

Tentu udah pada tau kan animasi gelembung yang pernah kita lihat di masa kecil, mungkin pun sampai sekarang. Ya, itro animasi spongebob yang mengeluarkan gelembung. Animasi tersebut masi masuk kategori animasi liquid.

Animasi api / fire

Dan yang terakhir adalah animasi Api, yang animasi ini juga masi satu jenis dengan animasi liquid lain nya. Jika sobat pencinta alam pegunungan beberapa creator animasi yang suka mendaki membuat animasi api unggun yang sangat bagus.

Kesimpulan

Oke sobat, itulah Macam effect liquid dan jenis animasi liquid di after effect yang bisa sobat jadikan referensi. Dan masi banyak lagi yang bisa di explore dengan editing di after effect ini, jika sobat ingin tau cara membuatnya nya sobat bisa melanjutkan membaca di "Motion Liquid di After Effect - ini Cara buat nya" atau sobat juga bisa melanjutkan membaca yang lain tentang cara desain di blog aldyndo ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu sobat dalam mengedit
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url