Motion Desain vs Animation apa beda nya?

Motion desain vs Animator - Sobat tentu pernah mendengar tentang motion desain dan animation yang kerap kali di samakan dalam artian dan pekerjaan nya. Namun tau kah kamu sob, ada beberapa perbedaan yang terlihat jelas dari ke dua jenis keahlian digital ini.

Jadi, sekarang ini sobat ingin mengedit sebuah video animasi ya? apa itu video animasi jedag jedug, animasi teks, atau animasi iklan gitu ya sob?!. Yang terlihat tentu dari semua nya sama saja ya kan?. Oke, kalo gitu dalam kesempatan ini saya ingin berbagi pengengetahuan yang telah saya pelajari selama ini kepada sobat, ya semoga ini bermanfaat untuk kedepan nya.

Dengan mengetahui perbedaan dari Motion desain vs Animation ini, nantinya sobat bisa lebih berpegetahuan lebih untuk mendalami skills editing motion graphic sobat di masa mendatang. Dan apa saja perbedaan dan persamaan dari kedua keahlian tersebut, mari kita uraikan.

Motion desain vs Animation

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih dalam, ada baik nya sobat mengetahi apa itu motion desain dan apa itu Animation. Mungkin dari sebagian orang telah mengetahui hal tersebut, dan di sini saya hanya ingin menjelaskan sedikit tentang apa itu motion desain dan Animation secara singkat dari apa yang saya ketahui.

Motion Desian

Motion Desain atau yang lebih di kenal motion graphic adalah kegiatan editing yang di khususkan untuk mengedit suatu bagain file yang di produksi dari file statis menjadi bergerak. Dan juga skills ini termasuk kedalam seni digital yang menganut prinsip-prinsip desain grafis. Contoh motion desain bisa sobat liat di gambar gif berikut:



Animation

Animation atau istilah dalam bahasa kita (indonesia) "Animasi" adalah induk dari cakupan teknik sklils editing motion graphic yang bertahun tahun telah lama ada. Untuk generasi milenial (90-an) tentu tidak asing dengan cartoon, anime, dan stop motion ya kan? jenis animasi yang saya sebutkan barusan itu adalah bagian dari hasil editng animasi.

Karena animasi adalah induk dari segala bidang motion graphic tentu pengertian nya juga sama. Yaitu, mencakup segala seuatu yang berbentuk statis menjadi bergerak atau dinamis. Untuk contoh nya bisa di flasback aja lah ya seperti cartoon, amime dan stopmotion. 



Perbedaan Motion Desain dan Animation

Untuk perbedaan Motion Desain dan Animation sobat bisa lanjut membacanya, yaitu antara lain:
  • 1. Motion graphic biasanya terdiri objek teks, gambar, dan bentuk shape yang bergerak secara dinamis atau acak., sedangkan animasi lebih ke "karakter" yang mendetail dan mengangkat sebuah kisah atau cerita imajinasi si pembuatnya.
  • 2. Animasi mengarah pada "sebuah cerita yang menarik" dan membuat penoton makin penasaran, dan ingin terus mengulang tampilan nya. Sedangkan motion graphic cukup memperlihatkan poin penting dari objek yang ingin di sampaikan.
  • 3. Motion graphic umum nya di gunakan pada reklame, Sedangkan animasi lebih ke "part atau bab cerita" yang di buat oleh animatornya.
  • 4. Perbedaan paling terlihat jelas dari dua keahlian sklils editing digital ini adalah "dimensi" yang di gunakan. Motion graphi hanya menggunakan 2 Dimensi (2D) saja sedagan animasi telah berkembah pesat meggunakan 2 Dimensi (2D) dan 3 Dimensi (3D).
Baca juga: Animasi lower third

Penggunaan Motion Desain dan Animation

Nah, sobat sudah tau kan beda nya motion desain dan animation (animasi). Berikutnya untuk penggunaan motion desain dan animasi, berikut detailya!

Kapan waktu yang tepat menggunakan motion graphic

Motion graphic di gunakan pada saat anda ingin mempromosikan produk jasa anda dengan lebih tertuju. Dengan poin penting yang ingin anda sampaikan di dalam video, audiens atau calon customer's yang akan melihatnya lebih memahami dan megingat apa saja yang poin penting yang di bagikan. Nah kalo saya biasanya menggunakan teknik editing Penekanan pada visual tertentu.

Kapan waktu yang tepat menggunakan animasi.

Jika anda lebih mengutamakan penjelasan mendetail, memiliki alur cerita atau naskah pribadi, video yang anda buat tentu cocok dengan animasi. Ya...Jadi, animasi akan selalu di gunakan dalan beberapa aspek tertentu yang memiliki alur cerita, naskah atau script dan bab paragraf yang terdata baik. Tetntu hal itu akan memakan waktu lama dan pastinya menghasilkan karya terbaik.

Oh iya hampir lupa sob, animasi biasa lebih sering menggunakan voice over atau narasi suara yang di mana menggunakan talent vo atau talk to speech online yang beredar di internet.

Rangkuman

Oke deh sobat desain, itu lah artikel tentang perbedaan Motion Desain vs Animation yang bisa saya bagi pegalan saya dalam belajar animasi. Sobat juga bisa baca baca artikel lain nya di blog aldyndo ini sobat juga bisa liat portfolio saya di aldydo design.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url