Animasi lower third


Animasi lower third- Beberapa hari yang lalu saya memposting tentang animasi teks yang termasuk di dalam nya adalah animasi lower third. Jika sobat belum membacanya bisa langsung chek artikel nya di sini: "Animasi teks - Jenis dan Kegunaan".

Saat mengedit video untuk kebutuhan konten, terkadang kita membutuhkan teks yang singkat untuk memperjelas alur cerita dari video. Ada banyak cara dalam membuat teks muncul di dalam video tersebut, namun yang paling mudah di ingat oleh penontoh adalah animasi teks atau text motion.

Seperti yang di jelaskan dalam artikel "animasi teks" tersebut, termasuk di dalam nya adalah animasi teks lower third. Dan sobat juga tentu tau, animasi dari lower third ini bertujuan untuk memberi informasi pada penonton untuk memperkenalkan pembawa narasi atau mempromosikan sosial media.

Kali ini kita akan sama belajar membuat template animasi lower third dan cara buat template animasi lower third cukup mudah kok, ini di buat untuk kebutuhan konten video sobat. Baca pelan-pelan dan terapkan satu per satu cara nya agar sobat berhasil dalam pembuatan template nya.


Cara buat animasi lower third

Untuk cara buat animasi lower third ini saya gunakan pada sofware adobe after effect, dan berikut cara membuat animasi lower third nya:

1. Buka after effect dan Buat project baru serta buat juga composition baru.



2. Pada settingan composition atur di ukuran pixel nya 1920 x 1080 px dan framrate nya nya di ubah sesuai kebutuhan 30-60 fps dan durasi di atur 3-5 detik saja. kaarena biasanya lowerthird durasi nya cukup singkat.



3. Buat shape dengan menggunakan shape tools, pada fill aktifkan warna yang ingin di buat. Sobat bisa atur sesuai kebutuhan untuk ukuran shape nya.



4. Buat line dengan pentool dan nonaktifkan fill color lalu aktifkan stroke color hal ini untuk animasi line pada lowerthird, ini juga akan menjadi animasi tambahan untuk pemanis untuk lower third sobat.



5. Atur juga anchor point dengan menggunakan anchor poin tool pada semua shape dan line agar sewaktu di animasi kan tidak menjadi salah posisinya.



6. Atur tata letak dan warna pada semua shape dan line sebelum animasikan nya. Hal ini bertujuan agar lower third sobat terlihat bagus dan dan menarik di lihat oleh penonton sobat.



7. Buat teks dengan text tool yang ingin di masukan, teks pertama ini adalah teks utama yang paling menonjol untuk di baca para penonton. Sertakan juga pilihan opsional seperti icon logo, gambar profil dan juga bisa menambahkan tagline di bagian bawah teks utaman



8. Untuk animasi nya, lakukan editing animasi effect pada awal muncul nya shape, line atau teks yang ingin di perlihatkan seperti apa, dalam hal ini sobat bisa berkreasi dengan melihat referensi yang ada pada artikel text motion yang telah saya buat. 

Sebagai contoh saya menganimasikan shape nya terdahulu.
"Geser garis timeline beberapa menit ke samping dan buka properties shape aktifkan keyframe position dan opacity, lalu geser garis timeline mundur beberapa detik ganti nilai position dengan menggeser shape dan nilai opacity nya ganti menjadi nol."


9. Lakukan hal yang sama pada shape line dan teks lain nya. serta pada titik keyframe buat menjadi easy ease dengan cara seleksi semua keyframe dan tekan F9 pada keyboarad.



10. Animasi lower third nya sudah jadi, dan tampilan nya sebagai berikut



Cara export lower third untuk kebutuhan editing video

Setelah sobat membuat animasi lower third nya sekarang saat nya menyimpan template lower third tersebut dengan meng-export lower third tersebut untuk di jadikan kebutuhan editing video sobat. Untuk cara nya sebagai berikut:

1. Aktifkan Toogle Transparency Gird, icon nya berada di tengah layar preview Active Camera



2. Export animasi lower third dengan cara klik file pada menu bar di atas, pilih export lalu pilih Add to Render Queue.



3. Klik pada settingan lossless maka akan terbuka output module setting dan pada menu format ganti menjadi quicktime dan pada kolom video output ganti menjadi RGB + Alpha.


4. Template lower third nya sudah dapat di gunakan di sofware editing sobat, tampilan bisa di lihat pada gambar berikut ini.



Rangkuman

Demikian artikel tentang cara buat animasi lower third yang bisa sobat coba. Dalam beberapa video, Saya juga menggunakan animasi lower third ini. saya kira ini jauh lebih baik di banding dengan template green screen, namun hal itu menjadi selera masing-masing para editor yang mengedit nya.

Sobat bisa membuat animasi lower third ini dengan berbagi kreatifitas untuk animasi effect nya. Dan yang terpenting adalah jangan malu untuk membuat karya. Semoga artikel ini bermanfaat dan untuk belajar desain lain sobat bisa baca artikel lain nya di dalam blog aldyndo ini. Sekian dari saya and Thanks udah mampir!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url