Tren Desain Grafis tahun 2023


Tren Desain Grafis - Karena masi di bulan januari tahun 2023 dan masi dengan suanasa tahun baru , saya akan membahas tentang informasi tren desain grafis di tahun 2023. Prediksi tren desain grafis ini mengacu pada berbagai referensi mulai dari website dalam dan luar negri.

Terdapat berbagai macam jenis style desain di setiap tahun yang menjadi tren dengan ke-populeran dan keunikan dari jenis style tersebut. Dan dengan pekembangan teknologi, juga terdapat beberapa Ai (artificial intelligence) yang dapat membuat desain dengan berbagai jenis.

Dan di masa mendatang apakah desainer grafis akan tetap ada?!, atau tergeser oleh robot pintar yang di ciptakan oleh teknologi buatan seperti Chat GPT openai. Kabar baiknya adalah kreatifitas dan pegetahuan lah yang akan menang. So, berikut informasi "Tren Desain Grafis di tahun 2023".

Tren Desain Grafis 2023

Tahun 2023 ini mungkin akan menjadi tahun kenangan kilas balik, di mana kita akan mengingat desain dengan versi old seperti di zaman tahun 80-90an. Tren desain ini bisa menjadi referensi untuk sobat desain dalam editing, yang di mana hal itu untuk menghasilkan karya terbaik sobat. Dan jika sobat sorang pemula, sobat butuh baca dulu artikel tentang cara belajar desain grafis dari dasar banget yang sudah saya buatkan khusus.

Lanjut ke pembahasan, Sobat juga dapat mengkombinasikan style desain yang saya infokan ini, dari style yang sobat miliki dengan style desain yang sedang trend. Untuk menjadikan karya yang lebih unik, dan berikut style trend desain grafis tahun 2023.

1. Retro Motion Desain

Retro motion desain adalah style motion graphic yang memiliki nuansa aestetik, clasik dan juga vintage. Style desain motion graphic ini lebih ke warna-warna lebut tua yang hangat seperti, kuning, orange, hijau, ungu dan peach.

Ini akan menjadi tren yang kembali seperti di masa lalu, namun dengan sentuhan gaya yang modern pada tahun sekarang, Saya memasukan motion grapic ini karena tentu dalam proses editing nya membutuhkan desain grafis.

2. 3D Desain

3 dimensi Tentu gak akan ketinggalan dengan perkembangan, 3D desain juga akan menjadi bagain trend desain grafis di tahun 2023 ini. Karena 3D desain menjadi bagian dari perkembangan yang sangat maju dalam bidang desain beberapa tahun belakangan ini.

Bukan hanya dalam desain grafis, style 3D desain juga bisa sobat pakai dalam membuat berbagai macam karya digital seperti desian arsitektur, karakter game 3d dan illustrasi 3 dimensi yang sangat luar biasa lainnya.

3. Utilitarian Desain

Utilitarian Desain adalah Style desain tata letak yang lebih memfokuskan pada fungsi dan kegunaan dari karya desain yang di tampilkan. desain ini megacu pada sebuah branding dan marketing, dan tentu setiap perusahaan, start-up akan membutuhkan desain ini.

Dan juga di tahun lalu, sobat tentu tau akan perkembangan para influencer, artis dan juga UMKM yang terus bertambah membuat desain Utilitarian Desain menjadi populer dan menjadi kebutuhan mereka dalam mem-brandingkan usaha, bisnis, dan jasa mereka di tahun 2023 ini.

4. Big Font

Big font design atau desain huruf besar ini merukan style desain typografi yang sangat populer di tiap tahun. Desain yang satu ini akan selalu ada di gunakan di setiap tahun karena keuikan dari jenis style dan bentuk hurufya yang bisa di terapkan pada desain lain seperti poster, banner, post dan lain sebagainya.

Namun terkadang pun saya juga sering bingung dengan desaier font yang masi keep ilmu nya sampai sekarang, karena sampai waktu ini saya belum menemukan tutorial desain font yang membahas nya secara desail atau spesialis.

Balik ke topik, dengan style desain font ini sobat bisa jadikan referensi untuk di implementasikan dalam karya sobat, beberapa fun facts yang saya temukan ternyara desain big font memiliki citra khusus pada desain-nya yaitu desain font bisa menjadi tampilan tunggal tanpa ada aksesoris tambahan yang di masukan di dalam layer, namun dengan susunan tata letak yang di dinamis.

5. Retro line art desain

Retro line art desain adalah desain minimalis dengan gaya yang aestetik, vintage namun berkesan modern. Jika di lihat sekilas tentu sobat akan teringat akan kartun jaman dahulu yang sering di tonton di waktu pagi hari. Karena desain ini memiliki keunikan yaitu desain yang legend tentu akan banyak peminatnya.

Desain retro line yang begitu familiar, lucu dan menggemaskan membuat desain ini menjadi dekat dengan perassan kita yang terbawa akan nostalgia zaman dulu. Di mana, zaman dulu kita sering melihat iklan dengan nuansa old pada tv hitam putih atau berwarna (tak seperti sekarang).

6. Punk revival desain

Punk revival desain adalah jenis desain yang abstrak namun tetak harmonis dalam tampilannya. Desain ini lebih menonjolkan gaya desain jalanan yang nyentrik dan keras. Desainer punk revival biasaya memiliki berkehidupan bebas dan karya-karya yang di hasilkan berupa desain yang menonjolkan isi dari perasaan desainer nya.

Secara tampilan, desain ini memiliki keunikan pada desain tata letak nya yang abstrak, bebas dan tetap dinamis. Hal ini juga dapat mengacu pada style aestetik mode gelap yang anak punk mengetahuinya. Dan juga style ini sendrung menggunakan desain potongan kertas yang gunting, coretan atau tumpukan gambar dengan tetap menampilan susunan yang dinamis saling berkesinambungan.

7. Flat Desain

Flat desain adalah style desain yang sampai sekarang masih populer dari tahun ketahun, style desain ini memiliki banyak variasi dan berkembang denagn kreatfitas dari para desainer-nya. Flat desain akan tetap populer karena kesederhanaan tampilannya.

Desain flat memungkinkan untuk desainer lain seperti web desainer dan desainer aplikasi menggunaan element nya pada tampilan karya mereka. Dengan kesederhanaan dan efisiensi yang ada pada desain ini membuat desain flat akan tetap pupuler pada tahun 2023 ini.

Rangkuman

Itulah tadi beberapa informasi yang saya rangkum khusus untuk sobat desain, tentang Tren Desain Grafis tahun 2023. Dengan informasi ini mudah-mudahan dapat membantu sobat dalam mendesain lebih baik dan membuat karya sobat jadi lebih unik di masa mendatang.

Penting untuk di ingat tren desain hanya mengacu pada pasar desain yang ada di internet. Bagaimana pun style yang telah di miliki tetap menjadi patokan sobat, lalu beranikan lah diri untuk bereksperiment pada perpaduan stye yang membuat jadi lebih unik.

Dapatkan info desain lainya pada blog aldyndo ini
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url