Aplikasi dan software membuat motion graphic

aplikasi software motion graphic

Aplikasi software motion graphic - Pada artikel sebelumnya tentang basic motion graphic di situ kami ada hanya memberikan beberapa "software dan aplikasi untuk membuat motion graphic". Dan pada kesempatan ini kami ingin berbagi lagi tentang Aplikasi dan software untuk membuat motion graphic yang pernah kami coba dalam pengerjaan project untuk client atau pun project pribadi, dan tentu lebih banyak pilihan aplikasi dan software yang bisa sobat desain coba nantinya.

Karena sekarang ini terdapat teknologi terbaru yang lebih mempermudah pekerjaan, seperti contohnya "google play sudah bisa di gunakan untuk versi dekstop". Maka ada dua pilihan versi device dalam pengelompokan aplikasi dan software untuk pembuatan motion graphic ini, yaitu versi mobile dan dekstop. Sobat dapat memilih menggunakan Aplikasi atau software motion graphic tersebut dengan device yang cocok sobat miliki.

Selain membuat motion graphic, aplikasi dan software ini juga bisa di pakai untuk berbagai macam keperluan editing video. Seperti Editing video animasi, editing video pembelajaran, editing video tutotial, editing video presentasi, dan editing video lain nya. Hal ini bergantung pada kebutuhan sobat untuk pengeditan apa yang akan di kerjaan.

Aplikasi dan software membuat motion graphic

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, pilihan aplikasi dan software motion graphic ini akan di bagi dalam 2 pengelompokan device, yaitu versi mobile dan dekstop. Berikut pilihan aplikasi dan software motion graphic nya, antara lain:

Aplikasi motion graphic versi mobile

Untuk aplikasi biasanya device yang di gunakan adalah smartphone (android dan apple ios). Namun jika sobat menggunakan google play pada versi dekstop yang lebih canggih, aplikasi ini juga bisa kok di gunakan. Berikut pilihan aplikasi untuk membuat motion graphic pada versi mobile, antara lain:

Alight Motion

Alight Motion adalah aplikasi pertama untuk membuat motion graphic, Alight Motion ini aplikasi terbaik untuk membuat motion graphic dalam versi mobile apps yang pernah kami coba.

Terdapat fitur keyframe yang bisa di custom edit sesuai selera sobat, selain itu sobat bisa membuat effect visial yang berkualitas profesional layaknya seperti pengeditan di laptop atau Pc. Jika sobat ingin mempelajari cara buat motion graphic versi mobile, aplikasi ini sangat cocok untuk sobat coba.

Motion Ninja

Motion Ninja aplikasi editing untuk motion graphic berikutnya, aplikasi ini terbilang cukup bagus karena dapat membuat motion graphic dengan banyak fitus di dalam aplikasi tersebut. Fitur yang di berikan aplikasi motion ninja antara lain:

  • 500+ effect visual
  • Preset template yang super keren

Selain fitur yang di berikan cukup lengkap, sobat juga bisa membuat motion graphic dengan tools editing canggih yang telah di sediakan pada aplikasi ini, di antaranya:

  • Motion blur
  • Slowmo smooth
  • Camera traking
  • 3D Scane
  • Auto Velocity
  • Coloring Lab
  • Magic Sky
  • Ai Effect

Tentu dengan banyak fitur dan tools yang di berikan pada aplikasi ini, sobat dengan mudah mebuat video motion graphic yang super kece.

kinemaster

Tentu dari sebagian orang mengenal aplikasi edit video kinemaster ini. Aplikasi yang user pengguna nya sangat banya ini dapat membuat video motion graphic yang bagus-bagus. Kami juga sering menggunakan aplikasi kinemaster ini untuk project pribadi atau project dengan client dan tentu menghasilkan video dengan kualitas tinggi.

CapCut

Captut pilihan aplikasi ke-3 untuk membuat motion graphic. Aplikasi ini viral karena banya membuat editing video jedag jedug nya. Namun sebagian user menggunakan aplikasi ini untuk membuat motion graphic yang lebih bagus dengan pengeditan keyframe secara manual, terdapat fitur amimasi effect yang sangat aestetic.

Jika sobat ingin membuat motion graphic atau animasi dengan tema yang bernuansa aestetic, capcut adalah pilihan yang tepat. Kami juga sudah mencoba aplikasi ini dan tentu hasilnya sangat keren, video demo motion graphic dari hasil eksport aplikasi capcut ada di bawah ini.

motion graphic on capcut

Adobe Premiere Rush

Jika sobat memiliki device dengan kualitas tinggi, tentu Adobe Premiere Rush adalah pilihan untuk membuat motion graphic yang tepat. Aplikasi ini adalah versi mobile nya Adobe Premiere pro yang tentu sobat sudah banyak mengetahuinya. Aplikasi Adobe Premiere Rush memiliki kelengkapan fitur yang sama seperti adobe premiere pro. Dengan aplikasi ini sobat dapat mengedit motion graphic dengan kualitas yang setara seperti versi dekstop.

Beberapa fitur yang ada di dalam aplikasi Adobe Premiere Rush ini antaranya:

  • Kualitas video yang profesional
  • Gampang dan familiar pada tampilan editing nya
  • Bisa costum effect animasi
  • Fitur editing sound effect
  • Color preset

Dan masih banyak lagi fitur lain-nya. Semua fitur tersebut membuat sobat makin mudah dalam pengeditan motion graphic tentunya.

Vn Video editor

Vn Video editor masuk ke dalam pilihan kami, karena aplikasi in juga dapat membuat motion graphic yang terbilang keren juga. Mirip dengan capcut, namun lebih mendapatkan fill dalam pengeditan warna atau color grading yang tentu nya editor video lebih menyukainya. Kami juga telah mencoba aplikasi ini dan hasilnya juga sangat memuaskan. Vn Video editor memiliki fitur yang juga lengkap antara lain:

  • Buat Beats Musik dengan mudah
  • Efek dan Filter color grading dengan Lut
  • Transisi dan Efek yang cukup lengkap
  • Custom Animasi Keyframe

Baca Juga: Basic Motion Graphic.

Aplikasi pendukung membuat motion graphic

Terdapat beberapa aplikasi pendukung pembuatan motion graphic, yang bisa sobat coba juga, aplikasi pendukung ini di pakai untuk pengditan gambar, foto, dan karakter yang akan di beri effect animasi atau effect lain nya, dan berikut aplikasi pendukung untuk membuat motion graphic.

flipaclip

Jika sobat ingin membuat motion graphic dengan tambahan nuansa animasi, tentu flipaclip adalah solusi nya. Aplikasi ini dapat membantu sobat membuat animasi karakter yang akan di jadi kan tambahan motion graphic.

Canva

Canva salah satu aplikasi edit gambar terbaik saat ini untuk mengedit desain gambar yang keren-keren. Karena pada aplikasi ini terdapat banyak template desain yang bisa sobat gunakan untuk mendukung project pengeditan motion graphic sobat.

lightroom

lightroom adalah aplikasi untuk pengeditan foto yang bisa sobat gunakan dalam mengedit foto object produk yang akan di tambahkan pada editing motion graphic, menggunakan aplikasi lightroom tentu berhubungan yang namanya Preset, lut atau template color grading. Dengan kecerahan dan kualitas dari gambar yang di hasilkan dari aplikasi lightroom, membuat tampilan visual video pada motion graphic lebih menarik perhatian penonton.

Snapsheed

Aplikasi pendung yang teakhir adalah Snapsheed. Aplikasi dari Google.llc ini bisa sobat desain gunakan dalam memperindah tampilan gambar atau foto yang akan di tambahkan pada project editing motion graphic nantinya. Snapsheed memiliki banyak fitur editng gambar yang membuat gambar yang akan di tamikan pada visual video motion graphic makin terlihat bagus.

Berikutnya ada software untuk membuat motion graphic pastinya device yang di gunakan adalah dekstop berupa PC computer, laptop, mac dan sejenis nya

Software motion graphic untuk versi dekstop

Software tentu di gunakan pada versi dekstop, dan berikut pilihan software pada versi dekstop untuk membuat motion graphic, atara lain:

adobe after effect

Adobe after effect adalah software utama untuk membuat motion graphic khususnya untuk versi dekstop, software ini telah di gunakan oleh para kalangan editor motion graphic profesional, animator profesional sampai dengan kalangan editor dan animator yang masih baru belajar. Adobe after effect memiliki kelengkapan fitur yang cukup canggih.

Selain memiliki fitur yang lengkap, software ini juga miliki pengembangan yang signifikan di bagian perangkat tambhan nya seperti plugin, preset, dan juga extention untuk mendukung pengeditan agar lebih cepat selesai.

Walau sekarang ada teknologi terbaru seperti artificial intelligence(AI), After effect masih tetap eksis dan terus di gunakan di kalangan animator dan juga editor motion graphic. Sobat bisa mencoba salah satu software terbaik yang di miliki perusahaan adobe ini untuk meningkatkan keahlian dalam membuat motion graphic dan juga video animasi.

Figma

Figma dulu nya adalah perusahaan independen untuk desain grafis yang akhirnya di akuisi oleh adobe. Tentu dengan dari figma itu sendiri adalah desain grafis, software ini dapat membuat motion graphic khusus nya untuk UI-UX desain. Para user dan pengembang di figma beramai-ramai membuat plugin tambahan untuk software ini, tentu dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan dalam bidang motion graphic UI.

Ui adalah User interface atau yang kita kenal dengan sebutan Antarmuka pengguna yang memiliki bidang pengerjaan untuk web dan aplikasi. Tentu sobat pernah melihat bebrapa website portfolio milik orang lain yang memiliki fitur motion yang keren-keren pada halaman depan website nya, itu semua di bangun melalui proses Ui,Ux dan juga pemograman.

Dengan software ini sobat bisa mengexplore dengan berbagai motion graphic atau animasi iklan yang terbilang bagus, kami sendiri telah mencoba nya dan itu berhasil salah satu motion graphic yang kami buat tampilan nya sebagai berikut.

Blander

Blander adalah perangkat lunak sumber terbuka (open source) untuk pembuatan animasi 3D. Namun lagi-lagi dengan perkembangan teknologi, software ini mampu membuat motion graphic yang terlihat lebih realistis tentu nya dengan bentu 3 Dimensi.

Pembuatan animasi dan motion graphic dengan bentuk yang realistis semakin mudah untuk di buat pada sekarang ini, terdapat juga pilihan plugin yang bisa di tambahkan pada software blander ini, karana para pengembang teknologi terus berupaya membarikan inovasi baru tentu untuk tujuan memudahkan pengerjaan editing.

Software pendukung pembuatan motion graphic

Jika tadi ada aplikasi pendukung, tentu software juga memilikinya, ada beberapa software pendukung untuk membuat motion graphic agar terlihat lebih menarik, berikut pilihan software pendukungnya, antara lain"

Adobe illustrator

Adobe illustrator adalah software desain vektor yang mendukung untuk pengeditan motion graphic. Adobe illustrator lebih banyak di gunakan untuk membuat character dan illustrasi yang berformat vector. Selain itu software satu ini juga dapat di kaitkan dengan after effect menggunakan dynamic link namun harus pada versi adobe yang sama. Tentunya dynamic link memberi manfaat untuk mempermudah pengeditan dalam membuat motion graphic.

Adobe premier pro

Adobe premier pro juga dapat sobat gunakan sebgai software pendukung untuk pembuatan motion graphic, karena sepengalaman kami tentu ada client yang membutuhkan video dengan format mp4, dan pada fitur export di after effect format tersebut tidak lah ada. Dalam kasus seperti ini software tentu sangat membatu untuk sobat mengeksport video dengan berbagai format yang di inginkan pada fitur export di adobe premier pro.

Adobe photoshop

Adobe photoshop lebih membantu ke pengeditan desain grafis yang berformat bitmap, hampir sama hal nya dengan adobe illustrator software ini juga dapat mendukup pengeditan di after effect dalam pembuatan motion graphic terurama pada pengeditan motion graphic ads (iklan).

Baca Juga: Vector dan Bitmap.

Rangkuman

Itulah tadi artikel tentang Aplikasi dan software untuk membuat motion graphic yang bisa kami bagikan. Sobat desain bisa mencoba salah satunya dan tentu harus pada kebutuhan dan memanfaatkan pada device yang sobat miliki sekarang. Jangan lah memaksakan sesuatu jika sobat belum bisa membelinya, ada baiknya sobat mempelajari dan mendalami sklil nya dahulu agar kelak sobat dapat membeli device yang di inginkan.

Jika masi bingung dengan pilihan aplikasi tersebut sobat bisa berdiskusi melalui kolom komentar, yang nantinya akan kami balas. Terakhir jika artikel ini bermanfaat sobat bisa membagikan nya ke teman yang lain untuk dapat memilih aplikasi dan software motion graphic yang lagi di butuhkan nya. Semoga blog aldyndo.com ini bisa terus memberikan manfaar dan memberi solusi untuk teman desain yang lain nya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url