Tipe keyframe di dalam after effect

Sebelum ke pembahasan tipe-tipe keyframe yang ada di dalam after effect, ada baiknya sobat mengetahui apa itu keyframe dan kegunaanya khusus untuk yang pemula, namu jika sobat udah berapa di level menengah dari pengesuasaan after effect sobat bisa langsung membaca Tipe keyframe after effect tersebut.

Mengingat di saat saya memulai belajar after effect dulu, saya sempat kebingungan dengan cara penggunaan dan memahami apa itu keyframe atau titk yang berada di timeline layer editing after effect tersebut.

Lantas dari situlah saya pelan-pelan mulai membaca artikel tentang keyframe pada blog bule, dan juga cukup sering menonton video tutorial seputar adobe after effect yang membahas tentang keyframe. Lantas apa itu keyframe...Lanjut membacanya!

Apa itu keyframe dalam adobe after effect

Dari yang saya pelajari, keyframe adalah suatu tanda kunci kontrol yang bisa di gunakan dalam berbagai jenis pilihan bagian seperti teks, shape, dan line yang di gerakan sesuai selera pengeditnya, itu mencakup dalam pemosisian, penempatan, gerakan dan juga effect. Namun tak hanya itu keyframe juga bisa di gunakan di pada format lain seperti video atau foto.

Simpel nya keyframe adalah titik tanda kunci dari bagian yang di edit sesuai selera, sebagai contoh: misal, sobat ingin menggerakan shape lingkarang dari posisi kiri ke kanan secara automatis, sobat bisa gunakan keyframe tersebut dengan nama bagian keyframe nya "Position".

Nah apa saja tipe-tipe keyframe yang bisa di pakai dalam after effect dan apa saja kegunaan nya dalam project pengeditan, berikut saya jelaskan satu persatu.

Tipe keyframe after effect

Tipe keyframe ini ada banyak dan luas banget, saya akan membagikan keyframe apa yang sering saya gunakan dalam mengerjakan project editing animasi, Di antaranya:
  • Linear
  • Continuous Bezier
  • Auto Bezier
  • Hold

Baca juga: Shortcut Keyboard After Effect

Cara kerja keyframe di after effect

Kita bahas 1 per satu cara kerja keyframe nya ya sobat, simak berikut ini

Linear

Linier adalah keyframe yang paling dasar, yang di mana kerjanya meng-animasikan suatu bentuk menjadi bergerak atau memiliki effect yang datar, dengan pergerakan yang sangat konstan atau bisa di bilang kaku gitu, jenis keyframe ini di tandai dengan bentuk titik atau lingkaran penuh, dan para animator profesional bisa di bilang sangat jarang menggunakan keyframe ini karena telihat sangat kaku, namun sobat bisa menggunakan nya untuk tahap belajar.

Continuous Bezier

Continuous Bezier terdiri dari beberapa keyframe di antara nya Easy Ease, Easy Ease in, Easy Ease out. Yang paling saya gunakan tentu saja Easy Ease dengan short cut F9. Secara umum Easy Ease ini membuat animasi gerakan nya telihat lebih halus dan tentu saja para pakar animator pun selalu menggunakan keyframe ini. Terbilang cukup unik keyframe ini karena bentukannya seperti ketupat penuh, selain itu keyframe ini pun bisa di edit lagi dalam mode graph editor. Menudah kan kita sebagai animator bisa memantau kehalusan dari haril keyframe Continuous Bezier. Untuk cara mengggunakan keyframe ini seleksi dahulu semua keyframe yang telah di buat > kemudian klik kanan > keyframe assistent > pilih Easy Ease, Easy Ease in, atau Easy Ease out.

Auto Bezier

Keyframe Auto Bezie ini bisa di katakan adalah keyframe yang lebih di perhasul dari bawaan sofware adobe after effect ini. Namun tak banyak yang bisa di lakukan atau yang ingin memodif alur keyframe nya. Karea ini adalah keyframe template dari after effect tersebut. Untuk cara menggunakan nya sobat hanya menggunakan alt dan klik pada keyframe nya. Atau lebih jelasnya seleksi keyframe > tahan ALT > dan klik kiri pada keyframe tersebut.

Hold

Keyframe hold atau keyframe beku adalah keyframe yang cara kerja nya menahan atau membekukan suatu bagian lapisan yang terdapat pada keyframe yang telah di buat pada saat editing. Keyframe ini berbentuk persegi panjang ke atas yang penuh. Dan untuk cara pakai nya sobat pergi Menu bar> pilih time > freeze frame

Baca juga: Tampilan adobe after effect

Rangkuman.

sebagai seorang editor animasi tentu hasus memahami tentang Tipe keyframe di dalam after effect, agar dapat menguasai suatu effect animasi yang terlihat lebih profesional, khusus dan ahli.

Jika sobat menguasai teknik keyframe ini tentu sobat dapat menguasai keahlian editing pada sofware atau aplikasi mana pun, karena dengan teknik keyframe ini sobat dengan leluasa mengedit dan meng-animasi kan sesuai selera sobat.

Oke itu lah tadi tentang Tipe keyframe di dalam after effect yang bisa saya bagikan, jika ada tambahan, sobat bisa menambahkannya pada kolom komentar, agar kita bisa belajar bareng-bareng. Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada temen atau sodara yang membutuhkan. Akhir kata semangat terus edit nya!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url