Cara instal plugin after effect

Cara instal plugin

Cara instal plugin after effect - Jika kemarin saya membagikan informasi tentang plugin after effect gratis yang bisa sobat gunakan, tentu hari ini kita akan belajar cara instal plugin after effect tersebut dengan benar. Dan tentu saja sobat juga sudah tau bahwa plugin ini banyak sekali manfaatnya, bener bukan?. Jika sobat mendownload salah satu dari plugin yang saya sebutkan kemarin, tentu beberapa dari creator plugin tersebut ada yang memberikan tutorial cara pakai atau cara instal dari plugin tersebut.

Namun jika sobat yang masi baru belajar membuat animasi menggunakan sofware after effect, tentu hal menginstal plugin ini bisa membuatnya bingung. Karena rata-rata tutorial yang ada pada website plugin tersebut menggunakan bahasa ingris, yang sebagian dari kita belum tentu memahami maknanya. Di artikel ini saya coba menyenderhanakan cara instal plugin after effect ya telah sobat download.

Sebenarnya meng-instal plugin di after effect itu terlihat sederhana namun pada kenyataannya masi banyak yang kurang bener dalam pelaksanaan, karena kita sebagai manusia terkadang ada lupa nya. Jadi ada baiknya sobat menyimpan artikel ini agar di masa mendatang dapat menginstal pluginya kembali dengan benar.

Persiapan untuk Instal plugin after effect

Ada beberapa hal yang harus sobat persiapkan sebelum masuk ke peng-instalan plugin di after effect, tak perlu banyak basa-basi lagi langsung aja kita ke tutorial nya!. simak cara instal plugin ke after effect sebagai berikut

Instal plugin after effect

Penting untuk di ingat, setiap plugin tentu lah punya requirement (permintaan) yang mengharuskan sobat membaca compertible (kesesuaian) dari plugin yang sobat download. jadi persiapan dalam hal pertama yang sobat lakukan adalah:

  1. Chek compertible versi plugin yang ingin sobat gunakan dengan versi sofware after effect sobat.
  2. Setelah benar chek versi dari kedua nya sobat bisa mendownload plugin tersebut, dan kemudian ikuti langkah-langkh cara instal plugin after effect berikut.

Cara instal plugin after effect

ikuti langkah berikut untuk tata cara instal plugin di after effect

  • Ekstrak plugin yang telah sobat download
  • Copy file yang berformat JSX ,JSXINC atau JSXBIN
  • Buka windows explorer dan cari forlder berikut C:\Program Files\Adobe\Adobe After Effects cc\Support Files\Scripts\ScriptUI Panels
  • Salin plugin tersebut di folder ScriptUI Panels

Tampilan penempatan lokasi plugin nya bisa di lihat pada gambar di bawah

location plugin

Chek instal plugin after effect

Untuk mengetahui plugin nya sudah ter-instal atau belum sobat bisa chek di dalam after effect nya

  • Buka after effect sobat
  • arahkan kursor ke tab windows posisinya berada di menu bar atas
  • Chek di menu windows tersebut pada bagian atas atau bawah untuk menemukan plugin yang telah di instal

Tampilan nya seperti gambar berikut ini

chek plugin

Baca juga: Plugin After Effect gratis untuk animasi dan motion graphic

Rangkuman

Untuk cara instal plugin di after effect ini cukup mudah, namun harus memperhatikan hal-hal dari persiapan pemasangan (instal) plugin tersebut. Karena jika tidak sesuai dengan versi antara plugin dengan sofware after effect sobat mengakibatkan tidak berhasilnya dalam pengintalan plugin tersebut. Terlebih, untuk menjaga agar plugin yang ingin sobat gunkan dapat bekerja dengan semestinya usahakan sofware yang sobat gunakan versinya yang paling tinggi.

Dan itu lah tadi pembahasan tentang "Cara instal plugin after effect" yang bisa saya bagikan, semoga artikel ini bermanfaar dan berguna untuk sobat yang baru belajar animasi dan motion grapic

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url