Cara buat effect chromatic aberration di illustrator

Chromatic aberration illustrator - Pada kesempatan ini saya ingin berbagi kepada sobat desain, bagai mana cara membuat effect chromatic aberration di illustrator yang simpel. Yang dimana effect ini terdapat pada teknik fotografi karena masalah pada optik lensa kamera yang gagal memberikan warna fokus pada sebuah objek

Effect chromatic aberration adalah effect dari hasil distorsi warna, menciptakan garis warna yang tidak diinginkan di sepanjang tepi objek. Tentunya di dalam fotografi teknik ini juga lumayan sering di gunakan, effecti ini memberi dan menambahkan kesan mimpi atau bayangan ilusi.

Effect chromatic aberration ini juga dapat di buat pada berbagai sofware seperti, illustrator, photoshop, figma dan lain nya. Karena kali ini saya membahasnya menggunakan adobe illustrator maka kita akan fokus pada pembuatan effect chromatic aberration di illustrator saja.

Cara buat effect chromatic aberration di illustrator

Cara yang di sampaikan ini sebenernya cukup dasar dan mudah di terapkan, namun tujuan nya adalah memabah pembelajaran kita dalam mendalami ilmu desain tentunya, Langsunga aja ke cara membuat effect chromatic aberration di illustrator dengam mudah, berikut tutorialnya:

  • Langkah awal buat project baru dengan ukuran sesuai selera sobat
project-new-illustrator
  • Buat shape dengan bentuk yang di inginkan, di sini saya menggunkan shape tool dengan bentuk square (kotak).
buat-shape
  • Copy shape layer tersebut dengan cara klik shape - tahan ALT - dan geser ke samping - ulangi hal tersebut sampai menghasilkan 3 shape layer
copy-shape
  • Beri warna pada per tiap shape dengan kode warna berikut biru: #0000FF, hijau= #00FF00, merah= #FF0000. Usahakan warna stroke pada shape di non-aktifkan.
beri-warna-shape
  • Beri effect chromatic aberration pada shape tersebut dengan cara berikut: tekan Shift + Ctrl + F10, makan akan keluar menu tranparency. Seleksi shape berwarna biru, pada bagian normal di menu tranparency ubah menjadi lighten, juga pada shape lain nya rubah normal menjadi lighten.
effect-chromatic-aberration
  • Rapikan layouting shape yang telah di beri effect chromatic aberration, hal ini bertujuan agar tampilan dari effect tersebut lebih terlihat. Tipsnya adalah dengan meletakan posisi shape saling ber dekatan satu sama lain. bisa juga menambahkan background berwana gelap.
Layouting

Untuk hasilnya sobat bisa liat gambar di bawah, dan effect chromatic aberration nya sudah terlihat jelas.

chromatic-aberration

Rangkuman

Sobat tentunya sudah dapat membuat effect chromatic aberration yang sederhana dengan mengikuti tutorial di atas dengan benar. Sobat juga bisa gunakan desain dengan effect chromatic aberration tersebut untuk keperluan desain baju atau pun yang lainnya.

Itulah tadi bagaimana cara membuat effect chromatic aberration di illustrator dengan mudah, semoga pembelajaran dasar ini dapat menambah pengetahuan sobat desain semua. Jangan lupa untuk terus menambahkan kan ilmu pengetahuan tentang desain lain ya di blog aldyndo.com ini. Dan semoga artikel ini dapat membantu sobat juga.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url