Iphone mockups di figma Gratis


Iphone Mockup Figma - Mockup adalah salah satu keperluan desainer untuk menunjukan tampilan hasil karya-nya yang telah di selesaikan, dan tentu hal ini menjadi poin yang penting dalam desain markerting atau pun hal lainya. Dan pada artikel ini kita akan belajar bagaimana cara nya membuat sebuah mockup desain di Figma secara gratis.

Ya sobat, ini gratis. Dalam membuat mockup untuk desain biasanya menggunakan Smartmockup di canva, photoshop di adobe atau pun sofware edit sejenis lain-nya. Dan kali ini agak sedikit berbeda, yaitu sobat bisa belajar bagai mana cara membuat mockup iphone di figma dengan mudah dan tentu nya dengan bantuan plugin dari komunitas desainer.

Ngomongin soal plugin pasti tentu dalam benak kita semua, "pasti bayar!". Eiits...tunggu dulu! Di sini sobat akan dapatkan teknik tersebut secara gratis dan plugin yang di gunakan untuk figma pun tentu gratis juga dong, karena kami pun tentu memahami keingin-an sobat semua.

Plugin gratis untuk mockup desain

Berikut beberapa rekomendasi plugin untuk membuat desain mockup di figma secara gratis. Rekomendasi plugin nya antara lain:

  • Artboard Studio Mockups
  • Mockup by ls.graphics
  • Clay Mockups 3D
  • Mockuuups Studio
  • Angle Mockup
Namun di artikel ini saya hanya membahas penggunaan cara buat iphone mockup di figma menggunakan plug Artboard Studio Mockups saja ya sobat, mungkin di lain kesempatan saya akan buatkan rekomendasi plugin figma terbaik untuk desainer ui desain.

Baca juga: UI design

Cara edit iphone mockup di figma

Karena kali ini kita menggunakan plugin tambahan, tentu terdapat 2 langkah untuk settingan-nya. Yang di mana langkah pertama Mendapatkan API key Artboard Studio Mockups dan yang kedua Integrasi API key ke figma. Baiklah lah langsung aja ke cara settingnya, sebagai berikut:

Mendapatkan API key Artboard Studio Mockups

  • Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, saya meng-gunakan plugin Artboard Studio Mockups, jadi sobat bisa login atau membuat akun baru terlebih dahulu di website resimnya di sini.
Artboard Studio Mockups

  • Setelah selesai mendaftar, sobat akan mendapatkan API key untuk aktifasi plugin ke figma. Jika Tidak menemukan API key nya, sobat pergi ke profil dan pilih Account Setting.
account setting

  • Selanjutnya pada menu account setting pilih bagian Integrations, maka tampilanya sebagi berikut
Integrations

  • Click pada reveal untuk melihat kode API key nya, lalu copy kode tersebut dan simpan di notepad.

API key

Saya ingin menceritkan pengalaman sedikit tentang menggunakan plugin tersebut dan juga ini sebagai catatan penting untuk saya dan sobat semua. Awal nya saya kebingungan menemukan API key ini, karena sempat hilang, lupa untuk meng-copy lalu menyimpan nya di notepad.

Maka dari itu, ada baiknya sobat langsung mengamankan API key yang telah sobat dapat di website Artboard Studio Mockups.

Dan sekarang kita melanjutkan langkah setingan kedua yaitu, Intergrasi API key ke Figma, Tutorial ya sebagai berikut.

Integrasi API key ke Figma

Login atau membuat akun baru di figma terlebih dahulu, Sebelum masuk ke tutorial cara Integrasi API key di figma, sobat loqin terlebih dahulu di akun sobat atau buat akun baru di figma. login menggunnakan akun Gmail yang ada di browser sobat.

Loqin figma

Setelah sobat masuk ke akun figma, selajut-nya buat file desain baru, untuk workspace project mockup yang ingin kita buat.

New desaign file

Kemudian, buat desain sobat sekreatif mungkin. hasil desain nya nanti akan kita tambahkan pada tampilan mockup yang di inginkan.

Desain untuk mockup

Setelah selesai men-desain, saatnya menambahkan mockup. Untuk menambahkan mockup tentu dengan plugin yang API key nya telah kita simpan tadi. Cara menambahkan Plugin nya pergi ke icon figma yang berada di pojok kiri atas, ketika icon tersebut di clik maka akan keluar pilihan menu pilih yang plugin lalu pilih find more plugin.

add plugin on figma

Selanjutnya cari nama plugin di pencarian plugin figma tersebut, nama plugin yaitu Artboard Studio Mockups. Setelah ketemu, clik tombol run, dan tunggu prosesnya selesai.

plugin artboard studio

Kemudian copy Code API key yang telah di simpan tadi, kemudian masukan di kolom API yang tersedia dan pilih tombol save and contiunue.

add apikey
Jika mengikuti langkahnya dengan benar, sebanarnya sampai di tahap ini sobat telah berhasil meng-integrasikan artboard studio mockup dengan figma, namun kita akan melanjutkan untuk meng-edit tampilan desain mockup sobat sampai selesai.

Menambahkan desain ke mockup di figma.

Pilih mockup gratis yang di inginkan, mockup yang gratis tidak miliki icon gembok di sudut gambarnya. seperti contoh saya menambahkan iphone mockup 14 pro yang terlihat di gambar berikut.

mockup gratis

Seteleah mockup di tambahkan ke tampilan project maka terdapat 2 layer yang di mana layer pertama untuk mengatur layout desain (place desain) sobat dan yang kedua adalah iphone mockup nya. Nah, pada tahap ini sobat bisa atur tata letak desain sobat di layer place desain mockup tersebut.

place desain mockup

Kemudian setelah mengatur tata letak desain, saatnya merender atau menjadikan desain sobat di mockup yang di pilih tadi. caranya seleksi semua layer place desain, kemudian clik tombol render selected frame yang berada di artboard studio mockup.

render selected frame

Dan berikut hasil editing saya yang di tambahkan Iphone mockups di figma.

Iphone mockups di figma

Rangkuman

Gimana sobat, cukup mudah bukan?, Mockup desain ini bisa sobat gunakan untuk kebutuhan branding dan marketing jasa atau pun produk sobat. Dengan tambahan mockup tentu tampilan desain-nya akan semakain tetlihat lebih bagus.

Dan itulah tadi tutorial cara membuat Iphone mockups di figma secara gratis, dengan menggunkan API key yang ada di plugin tambahan. Semoga artikel ini bisa membantu sobat dalam membuat mockup untuk kebutuhan branding nantinya. Dan baca juga artikel lain yang telah kami buat untuk kebutuhan desain dan animasi pada blog aldyndo ini. Semoga bermanfaat dan semoga membantu ya sobat!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url