Animasi slide komparasi berjalan


Animasi slide komparasi - Ada beberapa chanel youtube yang unik saya lihat. Pada channel tersebut terdapat ribuan view dan videonya nya hanya menggunakan effect animasi slide komparasi berjalan yang simpel dan mudah di untuk buat. Dan juga hal ini saya dapat informasi dari seorang youtuber yang menanyakan cara pembuatan video nya.

Dan pada keksempatan kali ini saya ingin berbagi cara membuat animasi slide komparasi berjalan yang menggunakan sofware sejuta umat yaitu power point. Dan tetentunya, sekaligus saya buatkan template untuk sobat bisa gunakan di masa mendatang.

Ter-dapat "2 poses editing" yang akan di lakukan, pertama mengedit bagian gambar dan teks nya dan yang kedua membuat animasi effect gerak berjalan nya. Dan berikut cara membuat video animasi slide komparasi berjalan.

Cara buat animasi slide komparasi berjalan

Untuk tutorial kali ini kita akan menggunakan software office yaitu power point. Dan sobat bisa gunakan software "power point" ini pada versi berapa pun.

Perlu di ingat, bahwa edit video animasi slide komparasi ini, memiliki 2 proses. Yaitu editing foto dan teks terlebih dahulu, dan kemudian memberi effect animasi. Dan berikut tutorial cara membuat animasi slide komparasi berjalan di power point.

Proses pertama edit foto dan teks

Untuk proses ini sobat tentukan dahulu konsep video ya seperti apa. Apa kah menggunakan illustrasi atau foto. Setelah itu bisa cari bahan foto atau gambar illustrasi vector yang ada di website stock foto gratis yang memiliki lisensi non copy right.

Jika berupa gambar potrait/orang bisa menghapus backround foto nya terlebih dahulu di photoshop atau menggunakan situs remove backround online yang tersedia. Kemudian ikuti lakukan langkah editing berikut ini di software power poin sobat.

  • 1. Buat latat belakang object video menjadi 4 bagian dengan menggunakan shape tool. ini berguna untuk membedakan latar yang akan di edit nantinya.


  • 2. Selanjutnya buat shape untuk desain tampilan video ya, dalam hal ini sobat bebas berkreasi sesuai keinginan masing-masing.


  • 3. Bila sudah selesai mengedit tampilan shape nya sekarang lanjutkan dengan menambahkan foto yang telah di hapus latar tadi dan juga tambahkan teks untuk keterangan dari foto tersebut. Lalu susun kembali tata letak foto beserta teksnya.

  • 4. Jika desain tampilan pertama sudah jadi, sobat tinggal copy dan paste desain tersebut untuk tampilan berikutnya, lalu kemudian ganti foto dengan cara klik kanan pada foto tersebut pilih change picture lalu pilih "this device" dan jangan lupa untuk mengganti keterangan teks juga. Hal ini untuk membedakan menjadi komparasi.


  • 5. Dan pada proses pertama ini, sobat telah berhasil membuat tampilan slide desain komparasi video dengan mengedit foto serta teks nya.


Sobat bisa lanjutkan penngeditan foto dan teks ini untuk slide berikutnya, namun ada baiknya menambahkan animasi terlebih dahulu, dan untuk cara menambahkan animasi pada slide komparasi yang telah di buat, lanjut pada langkah berikut ini.

Memberi effect animasi

Untuk memberi effect animasi pada slide komparasi ini bisa menyesuaikan kreatifitas sobat, namu di sini saya hanya memberi effect aimasi standar saja yang bisa sobat gunakan juga nantunya. Dan berikut tutorial cara memberi animasi pada slide komparasi.

  • 1. Beri animasi pada setiap bagian foto dan teks, di sini saya contohkan memberi effect "animasi float in" pada foto. Caranya Klik pada foto, pergi ke menu animasi dan pilih effect animasi float in. Dan pada fitur start ganti menjadi with previous.


  • 2. Lanjut pada teks, lalukan hal yang sama untuk memberi animasinya. Klik teks yang ingin di tambahkan animasi pergi ke menu animasi dan pilih effect yang tersedia, di sini saya hanya gunakan effect animasi fade yang standar saja.


  • 3. Kemudian dari effect-effect yang telah di tambahkan tadi, sobat bisa meng-copy animasi nya dengan tools yang cukup keren yaitu Animation Painter. Cara pakai-nya pilih foto yang telah di beri effect, pergi ke menu advanced animation dan pilih tool Animation Painter lalu pilih foto yang ingin di doble-kan effect nya. hal ini bisa di terapkan pada foto yang lainnya.

  • 4. Selanjutnya atur jarak durasi animasi pada animasi panel. Pergi ke menu advanced lagi dan pilih animasi panel. Pada tahap ini sebenarnya di butuhkan ketelitian dalam megedit animasi nya. antara durasi dan effect harus saling dinamis satu dengan yang lain.


Note: Pada tahap ini sebenarnya editing telah selsesai, dan ini adalah bagian dari opening video komperasi, selanjutnya untuk animasi berjalan, kita akan menambahkan pada layer slide yang baru.

  • 5. Buat slide baru dengan duplikat layer slide, caranya clik layer slide preview yang di samping dan pilih duplikat slide.

  • 6. Pada layer slide yang baru buang semua effect animasi dengan cara click slide yang baru, pilih menu animasi dan pilih animasi panel, pada animasi panel seleksi semua effect animasi dan tekan delete.


  • 7. Copy tampilan slide menjadi beberapa bagian, cara nya seleksi semua tampilan kemudian tahan tombol CTRL lalu arahkan cursor kesamping, setelah itu atur tata letak tampilan slide nya.


  • 8. Dan terakhir beri effect animasi lines dengan, option effect left. Setting juga pilihan Start di with previous, durasi sekitar 15.00 dan set line nya menyesuaikan durasi.


9. Jika semua semua sudah selesesai di edit, sobat bisa meng-eksport slide tersebut menjadi sebuah video. Dan untuk hasilnya sebagai berikut.


Rangkuman

Animasi seperti ini bisa juga di buat dengan software editig lain seperti after effect, premie pro, filmora dan jika sobat menggunakan hp anroid juga bisa kok editnya, download aja aplikasi kinemaster, capcut, vn-editor, dan alight motion. Semua aplikasi yang saya sebutkan di atas bisa di download secara gratis di playstor. Namun dengan power point ini menurut saya adalah aplikasi yang paling mudah untuk di gunakan oleh pemula sekalipun.

Dan itulah tadi artikel tentang cara membuat Animasi slide komparasi berjalan yang cukup mudah hanya menggunakan animasi stardart saja. Jika sobat desain merasa bingung dengan penjelasan yang telah saya sampaikan sobat bisa mendownload file mentahan nya di tombol download berikut.


Baca juga artikel lain nya di blog aldyndo ini untuk mengetahaui pembelajaran tentang desain, motion dan animasi.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url