Buat animasi iklan produk di after effect, Free File Project


Kali ini saya ingin membuat animasi iklan produk di after effect yang simpel dan mudah di terapkan tentu nya beserta file project yang bisa sobat download secara gratis untuk di pelajari. Iklan tentu bagaian dari promosi marketing, iklan juga dapat memperkenalkan brand ke masarakat umum agar lebih di kenal secara luas.

Namun tau kah kamu sob?, iklan yang di buat secara asal akan berdampak buruk pada sebuah brand karena audiens akan mudah bosen dan cepat berlalu. Ada hukum 30 detik pertama tetang daya ingat dan ketertarikan manusia pada sesuatu, kalo gak percaya liat aja deh di pencarian google, ya!.

Dari hal tersebut bisa di simpulkan bawa iklan yang akan di ingat tentu pada bagian depan nya saja. Lalu jika penonton tertarik, maka akan melihat keseluruhan dari video tersebut. Sama seperti artikel ini di buat, tentu di bagian awalan ini saya buat hook atau kail, agar sobat membaca nya keseluruhan. Dan langsung aja chek cara membuat animasi iklan produk di after effect.

Cara buat animasi iklan produk di after effect

Sebelum nya dalam blog aldyndo juga telah membuat atikel tentang Animasi iklan produk yang berupa penjelasan dan menampilkan beberapa contohnya saja. Contohnya tersebut pun di buat secara pribadi dan itu adalah hasil pekerjaan dengan beberapa client luar negri. Dan di artikel ini saya ingin membagikan, bagaimana proses pembuatann nya mulai dari dasar sampai akhir.

Untuk Cara membuat animasi iklan produk di after effect langkah-langkah nya sebagai berikut:

1. Mulai dari ide konsep dan mencari inspirasi desain.

Untuk menemukan inspirasi ide konsep desain, sobat lakukan brainstorming terlebih dahulu, ini bisa berupa naskah yang di berikan atau dengan pencarian dari Website inspirasi desain grafis yang bertebaran di intenet. Dalam beberapa studikasus yang pernah saya lakuakan, memahami apa yang ingin di buat jauh lebih mudah dari sekedar pembuatan project pribadi. Jika itu berupa script naskah yang telah di berikan oleh client ini akan sangat mudah membuatnya namun jika untuk project pribadi baiknya banyak melihat beberapa inspirasi desain iklan dari website isnpirasi desain grafis.

inspirasi design

2. Foto Produk

Dalam hal ini project yang akan di buat khusus untuk pribadi, maka dari itu sobat cari dulu bahan foto produk iklan animasi nya. Jika sobat memiliki foto produk sendiri, hal itu akan lebih mudah. Namun jika tidak ada!?, sobat bisa gunakan foto produk dari website stock foto gratis seperti pexels atau pixabay. Tips dalam mencari produk di website tersebut langsung saja ketikan produk yang sobat butuhkan, seperti contoh di sini kami mencari parfume maka akan keluar foto produk yang di butuhkan.

Pexels search

2. Seting Project Composisi di After Effect

Oke, jika sudah menemukan foto produk saat nya mengedit, setting dahalu project dan composisi yang akan sobat kerjakan. Di sini namakan saja projeknya sesuai selera sobat, seperti contoh "Parfume project". Ukuran compossion 9:16 atau ukuran pixels nya 1080px : 1920px, Dan unutk durasi menyesuaikan saja, di sini saya buat 5 detik saja.

Setting Project Composisi

3. Import file design

Masukan file desain sobat dengan meng-Import file design pada bagian layer project yang di buat tadi, Lalu susun dan rapikan file tersebut dalam satu folder kemudian beri nama foldernya. Untuk file bisa juga sobat masukan file Ai dari adobe ilustrator dan file PSD dari adobe photoshop. Dan di sini saya hanya meng-import file dengan bentuk PNG yang sudah di remove background nya.

Import file design

4. Atur layout di timeline

Setelah semua file di masukan ke layer project panel, sekarang saat nya layouting atau mengatur tata letak file desain. Sobat bisa atur sesuai selera atau coba cari di website inspirasi desain grafis yang telah saya sebutkan tadi untuk menemukan desain layout yang bagus. Untuk Layouting sobat masukan file desain sobat ke panel timeline, untuk pratinjau lihat di bagian panel view. Gambarannya seperti beikut ini.

Layouting

5. Tambahkan Teks Naskah

Untuk menambahkan teks pada after effect gunakan Teks Tool, dan untuk teks nya sobat bisa buat beberapa tipe seperti Judul, nama produk, tagline, keterangan produk. Usahakan pada teks dapatkan teks yang singkat dan padat isi yang ingin di sampaikan ke penonton nantinya. Dan biasanya ini semua berupa script naskah yang telah di dapat atau membuatnya sendiri.

Teks Naskah title tagline

6. Tambahkan Tombol CTA

Tombol ini bisa berupa gambar PNG yang di dapat dari stock fotage gratis atau membautnya sendiri, namun di sini kami ingin membuat secara manual dengan shape layer. Untuk tombol ini berupa call to action teks dalam tombol ini bisa berupa apa saja, sobat bisa cari di google pencarian. Dan dalam pembuatan-nya gunakan teks tool dan juga shape tool.

Tambahkan tombol


7. Animasi Effect

Penambahan animasi dan effect pada project ini bisa menggunakan animasi dan effect standar saja. Hal ini bertujuan untuk pembelajaran di awal, jika sudah ke tingkat mahir, sobat bisa gunakan effect yang rumit. Animasi dan effect yang di gunakan adalah Scale, Opacty, Rotarion, dan Position. Untuk shortcut nya Scale = Tombol S, Opacty = Tombol T, Rotarion = R, dan Position P. Kenapa opacity tombol T? Karena Transparency.

Animasi Effect

Baca Juga: Animasi iklan

8. Check Animasi keyframe

Agar tidak ada yang tertinggal saat proses render nanti, sobat bisa check terlebih dahulu semua animasi keyframe yang sobat telah edit. seperti contoh menambahakan effect easy ease pada keyframe. Cara menambahkan nya seleksi semua keyfram lalu klik kanan dan pilih easy ease atau dengan cara shortcut seleksi semua dan tekan F9 pada keyboard.

check animasi keyframe


9. Render Project

Jika semua file sudah di animasikan langkah terakhir adalah mengeksport atau render project tersebut. "Klik di area time line, lalu ke menu file dan pilh eksport dan klik Add to render Queue", Untuk Shortcutnya sobat bisa gunakan CTRL + M.

Render Project

10. Setting Render Queue

Setting render queue berguna untuk mempercepat proses ekspor render pada after effect. Di sini saya men-setting output module Format: QuickTime (MOV), Channel: RGB, untuk audio saya setting ke mode OFF karena biasanya saya render kembali pada premier pro. dan settingan lain saya biarkan.

Setting Render Queue

Resume

Semua proses editing ini saya simpulkan agar sobat desain memahami nya dengan mudah pada langkah-langkah editing yang biasa saya kerjakan. Dan untuk lebih mempermudah, nanti saya sertakan Free File Project yang bisa di download agar sobat bisa mempelajarinya kembali.


Dan demikian artikel tentang "Buat animasi iklan produk di after effect". Semoga ini bisa membantu sobat dalam mempelajari animasi. Jika hal ini bermanfaat sobat bisa membagikan nya ke sobat edit lain agar mereka mendapatkan keberkahan nya juga Sampai ketemu di artikel berikutnya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url