Plugin figma desainer ui


Plugin figma ui - Hari ini saya ingin berbagi informasi tentang plugin figma yang sangat membantu para desainer ui dalam membuat karya desain website-nya. Plugin adalah peranti tambahan yang di buat khusus untuk mempermudah pekerja digital. Plugin ini juga di buat khusus oleh para ahli programing yang medasain kode untuk kebutuhan orang lain, atau menjualnya.

Lanjut ke pembahasaan, dimana sofware figma ini di gunakan oleh para desainer ui/ux untuk membuat karya digital berbentuk tampilan website yang memukau. Dan di saat mendesain tampilan website tentu ada kendala yang di hadapi oleh seorang desainer pemula (seperti saya), jika baru mendalami satu sofware yang baru di kenal nya.

Dan tentu saja setelah mencari referesi, saya menemukan pembahasan di komunitas ui-ux desain yaitu tentang cara mempermudah alur kerja workflow di saat mendesain website, yaitu berupa pulgin tambahan. Plugin figma untuk desainer ui-ux ini tentu banyak pilihan dan memiliki fitur yang bagus-bagus. Berikut ini rekomendasi Plugin figma desainer ui.

Plugin figma desainer ui

Ada sekitar sepuluh plugin yang menurut saya sangat membantu untuk mendesain UI, dan plugin nya antara lain sebagai berikut:

1. Wireframe

Wireframe adalah plugin yang membuat alur prototype sobat, sama hal nya dengan proses desain lain tentu dengan sebuat sketsa. Pada desain Ui proses itu disebut dengan prototype.


Deangan menggunakan plugin wireframe sobat dapat dengan mudah menyederhanakan proses prototyping yang bermula dari brainstorming dan study case lalu di menjadikan nya prototyping yang telah sobat rencanakan.

2. Illustrations

Illustrations ialah kumpulan ilustrasi gratis untuk semua desainer yang di sedian di figma, dengan plugin ini sobat dengan mudah menambahkan desain illustrasi hanya dengan sekali saja. Pada plugin Illustrations ini terdapat lebih dari 250 desain illustrasi yang bisa sobat gunakan.



Dan perlu di ingat, semua ilustrasi yang di gunakan secara gratis ini tentu memiliki lisensi ya sob, dan semua desain ini dalam lindungan lisensi creative commons CC0.

Kebutuhan saat mengedit brandig tentu ada namanya desain logo, nah plugin logo creator memberi solusi untuk hal itu, sobat bisa gunakan plugin ini untuk memdesain web branding. Untuk contoh web branding antara lain: corporate, real estate, gaming, teknologi dan lain sebagaimya.



Terdapat lebih dari 300 desain logo yang di sedikan oleh plugin ini. Jadi sobat gak perlu kebingunan lagi mencari atau mengedit desain logo dari awal, cukup drag and drop dan semua nya beres. Dan perhatikan juga untuk lisensi penggunaan nya ya sobat.

4.Color Palettes

Color pallets adalah plugin yang menyediakan berbagai pallet warna yang bisa digunakan oleh desainer.
Poin pengeditan lain nya yang cukup penting dalam mendesain adalah pemberian warna, dan color pallets tentu memberikan solusi dalam hal itu.



Yang di mana di proses pewarnnaan yang di lakukan setelah semua proses prototype selesai. Hal ini bertujuan untuk meberikan kesan indah pada tampilan dan memberikan ciri khas dari web desain tersebut.

5. Remove BG

Tentu sobat udah gak asing denga remove bg, web yang sering di kunjungi oleh desainer pemula ini tentu juga membrikan solusi dengan meyediakan plugin tambahan untuk figma.



Plugin remove bg jelas sangat membantu dalam penghapusan latar belakang pada foto dan meninggalkan ojeknya saja. yang nantinya foto tersebut di gunakan untuk desain web atau pun desain lain nya di aplikasi figma.

6. Figmotion

Figmotion adalah plugin yang dapat membantu sobat dalam membuat animasi di figma. Plugin ini bertujuan dalam pembuatan tampilan website yang dinamis dan interaktif.



Dengan plugin figmotion sobat dengan mudah membuat section yang tadinya statis menjadi bergrak menyesuaikan editan yang di terapkan di section tersebut. Dengan bantuan dari plugin ini, membuat pekerjaan editing animasi menjadi lebih mudah dan menghemat watktu dalam proses editing.

7. Isometric

Terdakang dengan illustrasi yang standar tentu agak sedikit kureng dan memobsankan bukan?, dengan bantuan dari plugin isometric tentu sobat dapat membuat tampilan UI desain web sobat bisa menjadi lebih menarik.



Plugin isometric memberikan solusi dengan meyediakan illustrasi dengan gaya 3D namun dengan tapilan illustrasi dari 2D, tentunya dengan tampilan seperti ini memiliki kesan unik dan juga modern.

8. Unsplash

Unsplash adalah Website stock foto gratis yang sangat pupuler di kalangan desainer, pada web ini terdapat komunitas fotografer yang menyediakan stock foto terbaiknya untuk di gunakan secara umum dan dengan lisensi tertentu.



Terdapat stock foto dari berbagai jenis genre, style, dan budaya ada di website ini. Unsplash menghadirkan plugin tambahan untuk aplikasi figma yang bisa digunakan oleh kalangan desainer ui dalam mendesain tampilan aplikasi dan juga website nya.

9. Unicons

Pada saat mendeain tombol, form login, dan navigasi, tentu sobat membutuhkan desain icon. Dan Unicons memberi solusi dalam hal ini. Unicon adalah plugin yang terintegrasi dengan website iconscot. Terdapat jutaan desain icon yang tersedia di plugin ini.



Sobat bisa gunakan icon yang unik dan keren dengan kualitas hd untuk kebutuhan desain UI web aplikasi sobat. Dan juga terdapat aset premium yang bisa di download dengan lisensi vip tentu dengan berlagganan di website resminya secara lagsung. Selain icon, plugin ini juga menyedianan berbagai ilustrasi desain dan foto yang beresolusi tinggi di website nya.

10. Artboard studio mockup

Dan rekomendasi plugin terakhir dalah Artboard studio mockup. Plugin mockup gratis yang sangat membantu dalam mendesain untuk tampilan desain project UI web dan aplikasi sobat.



Pada artikel sebelumnya saya juga telah menjelaskan secara lengkap tentang cara menggunakannya. Plugin terintegrasi dengan Api key di figma untuk menggunakan-nya. sobat bisa baca selengkapnya di artekel terkait di bawah ini.

Rangkuman

Ada banyak plugin yang bisa sobat guakan dalam aplikasi figma ini, nama plugin yang telah saya sebutkan di atas tadi adalah plugin yang cukup sering saya gunakan dan sangat membantu banget dalam pekerjaan mendesain karya saya.

Dan semoga rekomendasi plugin tersebut juga bisa membantu sobat desain semua, oke lah sobat desain itulah tadi artikel tentang Plugin figma desainer ui yang bisa sobat coba untuk di jadikan referensi. Baca juga artikel lain nya di blog aldyndo ini yang membahas tentang animasi desain dan motion graphic.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url