Website stock foto gratis


Website stock foto gratis - Pada waktu lalu saya telah membuat artikel tentang web download desain Grafis dan foto untuk keperluan desain dan saat sobat mendesain atau membuat animasi iklan produk tentu ada file penting yang paling di butuhkan, Apa itu? ya tentu saja file foto. File foto ini bisa dalam Format Picture PNG, JPG Dan SVG.

Yang di mana file foto tersebut bisa sobat hasilkan dengan mandiri, menggunakan kamera digital atau kamera smartphone dengan teknik fotografi yang mumpuni. Namun jika belum memiliki pengetahuan tentang fotografi sobat bisa gunakan foto dari Website stock foto gratis yang akan saya bahas pada artikel kali ini.

Website stock foto gratis ini bisa sobat gunakan untuk keperluan desain sobat, namun penting untuk di ingat bahwa website stock foto gratis ini memiliki Lisensi penggunaan dalam pengawasan hak cipta intelektual. Maka dari itu sobat harus teliti membaca lisensi nya terlebih dahulu sebelum mengguanakan material foto yang akan di download atau di gunakan

Mencari website stock foto gratis

Kadang saya suka sering berfikir sendiri "Dimana Cari Stock Foto Gratis ya?. Jadi, selama saya mendesain project pekerjaan dengan client luar, saya selalu mencari website stock foto gratis yang yang bisa saya gunakan untuk keperluan commercial use dan personal use.

Namun tak jarang saya menemukan beberapa website yang terbilang unik karena lisensinya, maka dari itu dalam artikel ini saya akan membagi website stock foto gratis berdasarkan lisensinya. Dan berikut website stock foto gratis yang bisa jadi rekomendasi sobat desain semua.

Lisensi Creative Commons

Sebagai seorang desainer, sobat tentu juga harus tahu tentang lisensi creatie commons, yaitu peraturan perlindungan hak cipta intelektual yang secara automatis memperjelas kepemilikan dan perlindungan pada karya dari desaier atau kreator.

Jadi, sebelum ke rekomendasi "website stock foto gratis", ada baiknya sobat desain mengetahui apa itu Lisensi Creative Commons CC0.

Secara garis besar yang saya ketahui, lisensi creative commons adalah lisensi yang guakan oleh kreator atau desainer di interet yang membagikan karya nya ke khalayak ramai, namun memiliki perlindungan serta memperjelas kepemilikan hak cipta karyanya tersebut.

Simpelnya, karya yang di bagikan secara gratis itu dapat di gunakan oleh orang lain namun memiliki lisensi kepemilikan dari pembuatnya, dan pemberian lisensi pada karya tersebut berbeda-beda dari tiap jenis lisensi creative commons yang di buat oleh pemilik karya.

Website stock foto gratis Lisensi CC0

Berikut beberapa rekoemendasi website yang berlisensi Creative Common, antara lain:

Isorepublic



Isorepublic adalah situs penyedia gambar yang sangat bagus dan memiliki lisesnsi creative common CC0. Situs ini menawarkan stock foto gratis yang berkualitas tinggi tentunya di bawah lindunagn lisensi CC0. Sobat bisa gunakan unduhan gambar pada website ini untuk tujuan mengedit pribdai atau pun komersial dan nantinya butuh menautkan atribusi ke pemilik karya.


Brust



Burst adalah situs website yang di dukung oleh shopify, yang menyediakan stock foto gratis, indah dan baguas. Sobat bisa gunakan untuk keperluan project desain atau ingin menambahkan ke situs sobat. Terdapat ribuan gambar degan sumber terbuka pada website ini yang bisa di download.

Untuk lisensinya adalah Lisensi Creative Commons CC0, tentunya megacu pada undang-undang hak cipta, hak moral, dan terkait tentang konten creative commons.

Stocksnap



Stocksnap adalah Website stock foto gratis yang menawarkan foto yang indah dan berkualitas HD, sama seperti yang lain nya situs ini memberikan lisensi CC0 untuk keperluan desainer yang telah mendownload file dari website mereka

Dan tentu semua itu gratis dan juga sobat bisa gunakan untuk keperluan project desain di masa mendatang.

Foodiesfeed



Foodiesfeed adalah situs website stock foto gratis yang mengkhususkan pada foto makanan, banyak pilihan katergori tipe makan yang di sajaikan pada website ini. Jadi ketika sobat ada project desain yang bertema makanan atau minuman, website yang satu ini bisa di jadikan rekomendasi untuk keperluan Website stock foto gratis nantinya.

Untuk lisensinya, Foodiesfeed memberikan Lisensi Creative Commons CC0, dan menautkan atribusi pada pemilik karya.

Website stock foto gratis personal commercial use

Berikut ini website stock foto gratis dengan lisensi free personal comercial use

Pexels



Pexels adalah website stock foto gratis yang sering di gunakan oleh para desainer, youtuber dan para content creator. Website ini memeberikan lisensi legal free yang di mana sobar bisa gunakan untuk keperluan desain yang di edit dengan lebih kreatif lagi.

Pixabay



Pixabay juga penyedia stock foto gratis yang hebat dan banyak pengunjungnya. Selain desainer youtuber dan content creator pun sering mengunjungi website ini dengan tujuan untuk men-download
file keperluan desain atau konten lisensi yang di berikan pada website ini juga legal free dengan tujuan editing kreatif kembali.

Unsplash



Unsplash website stock foto gratis yang juga populer terbaik untuk keperluan foto desain. Dari pengalaman saya pribadi website ini adalah tempat para desainer iklan, desainer layout dan desainer canva yang sering nongkrong di situs web ini. Sekedar untuk mencari foto yang akan di download untuk keperluan desain mereka atau mencari koleksi foto project di masa mendatang.

Rangkuman

Untuk website stock foto gratis yang sering saya gunakan tentu hanya dengan lisensi free personal dan free commercial use saja. Namun terkadang jika tidak menemukan gambar yang cocok, biasanya saya menggunakan foto dari website stock foto gratis dengan lisensi creative commont yang saya tuliskan di atas tadi.

Dan itulah rekomendasi website stock foto gratis yang bisa saya bagikan ke sobat desain, semoga artikel website stock foto gratis ini bisa membantu sobat desain semua dalam merancang desain terbaik di masa mendatang.

Dan sobat bisa baca artikel lain tentang desain dan motion grafis di blog aldyndo ini, dan jika artikel ini bermanfaat sobat bisa membagikan ke sosial media untuk sobat lain mengetahuinya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url