Font Ui desain gratis


Font Ui desain - Pada atikel kali ini saya akan membahas tentag font ui desain, yang dimana font tersebut bisa sobat download dan gunakan secara gratis. Mengapa gratis?, ya...karena sobat bisa chek sendiri font nya di google font itu memiliki lisensi open source dan tanpa biaya.

Font juga bagian element ui terpenting dari desain web dan aplikasi, dimana font menjadi satuan dari teks dan tulisan yang menampilkan rupa bacaan dalam versi berbagai macam bentuk. Dengan tampilan huruf yang relevan pada desain web dan aplikasi, membuat audiens atau pembaca menjadi faham dan senang untuk melihat serta membaca desain web dan aplikasi yang di tampilkan.

Hal tersebut adalah bagian dari User interface, yang di mana font dalam desain ui bekerja untuk menanpilkan bacaan yang baik serta memudahkan audiens untuk memahami penggunaan web atau suatu aplikasi dalam konteks user experiens.

Font Ui desain gratis

Font ui desain ini bisa sobat download secara gratis di website resmi font google. Font ini merupakan rekomendasi font untuk desain ui yang saya berikan agar menjadi referensi untuk sobat, yang nantinya di masa mendatang sobat dengan mudah milih font terbaik untuk desain sobat.


Dalam memilih font font tentu tidak sembarangan, font juga memiliki karakter, tipe dan style nya tersendiri. dan berikut Font Ui desain gratis yang bisa sobat download, rekomendasi font nya antara lain:

1. Roboto

Roboto miliki kartekter dengan struktur dan bentuk mirip geometrik sans-serif. Font ini sangat populer di kalangan para desainer grafis, web desainer, dan UI desainer. Desainer dari font roboto adalah Christian Robertson dan font ini di buat pada tahun 2011.


Font roboto dulunya di gunakan sebagai typeface pada Ui android pada tahun 2015. Font roboto menampilkan keterbacaan yang jelas baik dalam berbagai macam ukuran layar perangkat, tentu nya hal tersebut berguna dalam user experience yang baik.


2. Nunito Sans

Font Ui desain yang berikutnya adalah Nunito sans. Font yang satu ini adalah jenis font sans-serif. Font nunito sans mudah untuk di baca, memiliki karakteristik kuat dan juga seimbang. Desainer utama font ini adalah Vernon Adams.


Terapat 14 style yang bisa sobat gunakan dalam project web dan apps desain sobat. Font ini memiliki lisensi open sorce atau SIL Open font license (OFL). Sobat bisa membaca nya lebih jelas pada website resmi font google tentang lisensi yang di berikan.


3. Montserrat

Montserrat adalah jenis huruf sans gratis yang baru untuk web dan mobile, desainer nya adalah Julieta Ulanovsky, desainer font montserrat menciptakan font ini melaui inspirasi poster tua yang ada di sekitar Montserrat Buenos Aries.



Sobat bisa gunakan font montserrat ini dalam bermacam project ui, mau itu desain ui web dan juga desain ui mobile. Banyak para desainer sekarang menggunakan font montserrat pada jenis website modern. dan font yag satu ini selalu menjadi andalan saya dalam mengerjakan project desain untuk clinet lokal maupun internasional.


4. Open Sans

Font open sans memiliki jenis huruf sans serif humanis yang di desan oleh Steve Matteson. Open sasn memiliki karakter demokratis, etis, dan tegas yang di mana tentu dalam karakteristik keterbacaan nya lebih jels dan sangat baik pada desain huruf nya.


Open sans bisa sobat gunakan dalam berbgai jenis bagian seperti title heading, paragraf, dan juga untuk tampilan lain yang di butuhkan. Font ini bagi saya pribadi sangat fleksibel dalam penerapan desain. Dan tentunya font open sans juga menjadi andalan dalam mengedit desain project saya.


5. Source Sans Pro

Source sans pro adalah font family google dengan jenis lisensi open source pertama dari adobe. Font ini di buat oleh desainer terbaik yaitu Paul D. Hunt dan font ini di tujukan untuk penggunaan User Interface. Font ini miliki kepribadian yang hangat dan banyak di sukai oleh para desainer UI karena memiliki gaya variasi.


Font source pro ini sangat cocok di gunakan dalam berbagai macam element antar muka, karena miliki keterbacaan yang jelas dan bagus dalam desain nya.


6. Playfair Display

Playfair display adalan font desain transisi yang dimanan pada abad ke-18 di eropa terdapat transisi alat tulis dari pena bulu lebar di ganti oleh pena runcing yang poluler hingga saat ini. Font ini memiliki karakter mudah di baca dan dengan bentuk tampilan ukuran besar. Font Playfair display di rancang oleh desainer Claus Eggers Sørensen yaitu seorang deainer typography yang berasal dari amsterdam, Belanda.


Seiring perkembangan zaman font ini juga di gunakan oleh desainer ui untuk kebutuhan desain web dan aplikasi nya, tentunya font ini bisa desaindingan dengan font yang lain, jika sobat ingin memiliki desain dengan nuansa retro atau aestetik font ini juga sangat cocok sobat gunakan.


7. Lato

Font Lato di rancag pada musim panas pada tahun 2010 oleh Lukasz Dziedzic yang di mana dalam bahasa pilan dia lato memiliki arti musim pnasa.. Font yang satu ini memiliki 10 style yang bisa di gunakan untuk desain Ui web dan mobile.


Lato adalah jenis huruf sans serif yang di terbitkan tahun 2010 di bawah lisensi open source dengan dukungan dari google. Pembaharuan font lato pada agustus 2014 yang menyertakan karakter latin.


8. Poppins

Popins miliki nuansa karakteristik tipografi sans serif geometrik, yang di mana font ini menjadi alat desain yang sangat poluler di kalangan desainer tata letak (layouting), seperti desaner flayer dan presentasi.

Namun dengan perkembangan desain yang sangat pesat, font poppins menjadi salah satu font rekomendasi untuk desain Ui web dan mobile. Terdapat 18 style gaya font yang bisa di gunakan, setiap bentuk huruf nya hampir monoliner yang memperlihatkan ketebalan huruf yang konsisten.


9. Inter

Font inter juga disa di download di google font, font ini dalah keluarga font variabel yang di rancang untuk kebutuhan layar komputer. Font inter memiliki tinggi dan tebal yang membantu keterbacaan bila teks tercampur dengan huruf besar atau kecil.


Pada desain ui tentu font inter lebih dominan di gunakan pada desain web, namun tak jarang ada juga desainer ui yang menggunakan font inter untuk kebutuhan desain apps mobile nya. Perancang desainer font inter adalam Rasmus Andersson, seorang perancang software dari Swedia yang bertempat tinggal di San Francisco.


10. Mulish

Mulish atau yang dulu di kenal dengan font muli ini, menjadi rekomendasi font ui desain gratis yang bisa sobat gunakan dalam berbagai macam project desain web dan mobile. Font dengan jenis huruf minimalis sans serif ini di rancang untuk tampilan tipografi teks.


Font ini di rancang oleh desainer font terkenal yaitu Vernon Adams, pada tahun 2014 font ini telah di sempurnakan kembali oleh beliau dengan menambahkan lebih banyak bobot desain nya dan mendukung bahasa latin.


11. Rubik

Rubik adalah font andalan yang sering saya gunakan dalam mendesain, font ini terbilang sangat unik bagi saya. pada bagian ujung font ini miliki sudut membulat namun memiliki tampilan yang tegas pada tiggi dan tebalnya.


Font rubik adalah keluarga font sans serif yang di rancang oleh Philipp Hubert dan Sebastian Fischer sebagai proyek chrome cube lab, memiliki variabel style pada jenis font ini.


12. Oswald

Oswald adalah jenis font dengan karakteristik bergaya klasik, font oswald di randang untuk di gunakan secara bebas di internet pada web browser di komputer, dekstop, laptor dan juga mobile seluler.


Font ini juga salah satu karya desainer font terbaik Vernon Adam yang di luncurkan pada tahun 2011. banyak perubahan pada font ini, namun dengan terusnya perkembangan membuat font oswald menjadi lebih baik dalam tampilan desainnya.



Rangkuman

Rekomendasi font ui desain ini menjadi pilihan terbaik bagi para desain ui-ux dalam memulai membuat portfolio atau mengerjakan project re-desain nya.

Tentunya semua font yang telah saya sebutkan tadi sudah terinstal di komputer pribadi saya, namun ada beberapa font yang jarang di gunakan karena harus juga menggunakan font yang relevant terhadap desain yang sedang di kerjakan oleh permintaan clinet.

Dan itulah tadi artikel tentang Font Ui desain gratis yang bisa sobat jadikan untuk referensi dalam mendesain web dan aplikasi sobat desain semua. Baca juga artikel lain nya tentang desain dan animasi motion graphic di dalam blog aldyndo ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu sobat desain.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url