Tren Ui Desain di tahun 2023


Tren ui desain - Hari ini saya ingin membagikan infomasi tetang prediksi trend desain UI di tahun 2023 yang saya catat dari beberapa bulan belakangan ini. UI desain ini menjadi semakin berkembang pesat tentu karena adanya teknologi yang ber-inovasi dan terus bertumbuh, sobat tentu tak juga ingin ketinggalan tentang trend Ui sembari mengimplentasikan nya ke dalam style karya desain sobat..

Informasi dari prediksi tren desain ini juga tidak dapat menjadi patokan, karena kedepan nya kita tidak akan tahu apa yang akan dominan mengambil hati para audiens dalam hal desain Ui pada web atau aplikasi. Dan juga tentu sudah terdapat banyak teknolgi yang berkembang sangat pesat di tahun-tahun belakangan ini untuk mempermudah pekerjaan Antarmuka pegguna.

Perkembangan desain web dan aplikasi membutuhkan proses Ui desain untuk membuat kerangka kerja awal dalam membangunnya, selain itu terdapat juga desain grafis untuk komponen tambahan pada desain antarmuka ini. Saya juga sudah membuatkan Tren desain grafis yang bisa sobat baca pada blog saya ini. Dan kembali ke topik, berikut tren desain Ui untuk tahun 2023.

Baca juga: Tren desain grafis

UI desain tren 2023

Trend akan terus berputar seperti bumi, di mana setiap masa(waktu) yang terus berjalan tentu memiliki perbedaan keseruan, kesukaan dan juga bersenang-senag. Dan hal ini juga terjadi pada Ui desain yang memiliki tren berbeda di setiap tahun. Berikut beberapa prediksi tren ui yang akan berkembang di tahuh ini, antara lain:

Center Layout

Center Layout atau Tata letak natural yang di susun dengan sejajar, tetu membuat pengelihatan tertuju pada satu titik saja. Pada desain ui seperti ini tentu membuat pengunjung memdapatkan informasi utama langsung dan tentu nya juga mudah beradaptasi pada perangkat, yang membuatnya menjadi responsive.

Motion Ui

Motion Ui tentu gak akan lekang di makan oleh zaman, desain animasi berberak ini tentu menjadi daya tarik oleh banyak pengguna. Selain menjadi desain yang interaktif, motion ui desain seperti ini juga banyak di gunakan oleh berbagai kalagan perusahaan besar pada website mereka. Ui desain bukan lagi dalam bentuk statis yang membosankan. Ya walau blog saya juga masih statis, hahaha.

Gradient Neon

Perkiraan tren berikutnya adalah gradient neon. Tren desain ui ini terlihat modern dan sangat kharismatik. Terdapat bentuk gradient yang super keren dan abstrak dalam desain ui belakangan ini, salah satunya adalah bagian backgound hero section yang di buat gradint neon. Selain desain pada backgound desainer ui juga menerapkan nya pada tombol dan funky shape background.

Dark Atmosphere

Gelap gelapan dengan suasana gelap dark atmosphere, tren desain ui mode gelap ini udah banyak di gunakan. Mungkin di tahun ini semakain banyak lagi merek perushaan terkenal menerapkann desain ui ini pada web dan aplikasi mereka. Jika sobat seorang yang introvert, tentu menyukai susana gelap tanpa cahaya di saat malam hari, mode ini menjadi tampilan layar yang sangat menarik perhatian tentunya.

Big Typography

Big typography atau tulisan besar-besar. Tampilan ui ini bernuansa tegas, keras dan kuat namun memiliki kejenakaan yang dimana soabt bisa melihat trend ini di mana-mana. Seperti contoh pada web portfolio atau website perusahaan yang menggunakan style desain yang berkesan modern, big typography menjadi target mata dari audiens untuk mendapatkan kesan pertama.

Minimalis Clean

Trend yang juga gak akan tertinggal oleh waktu (sama seperti motion ui), yaitu tren minimalis clean yang membuat nyaman pandangan pada tampilannya. Walau dalam beberapa tahun belakangan teknologi terus berkembang, style desain seperti ini tetap masi ada dan di gunakan oleh beberapa peruhaan besar. Namun bukan hanya pada website, jika sobat melihat aplikasi google play atau app store tentu mendapatkan tampilan super bersih dan minimalism pada aplikasi tertentu.

Brutalism

Nuansa 90-an yang kembali pada tahun ini yaitu brutalism. dimana style desain brutalism memberikan kesan vintage, aestetik, rustik, tua dan lama. Pada saat sekarang, desain ini lebih di kenal dengan sebutan NeuBrutalism, dengan tampilan tata letak yang acak (random), warna yang kontras, typografi yang tebal, bayangan simetris, tentunya semua dengan kesan yang klasik namun mudah untuk baca pada tampilan ui ke pengguna.


Rangkuman

Semua tren desain ui ini bisa sobat jadikan refensi, dan juga tentu nya hal ini tidak dapat di jadikan patokan dalam hal apa pun. Karena kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang yang berkembang begitu pesat. Namun hal ini bisa jadi info yang relevan dengan menambah pengetahuan.

Itulah tadi artikel tentang Tren Ui Desain di tahun 2023, semoga artikel ini bermanfaat. Dan baca juga artikel lain tentang dunia desain, animasi dan motion graphic pada blog aldyndo ini.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url