Cara buat animasi kinetic typography


Kinetic typography - Kali ini saya ingin berbagi tutorial cara membuat animasi teks kinetic typography di after effect. Tutorial ini adalah contoh untuk artikel saya yang membahas tentang 10 Jenis motion graphic yang bisa sobat baca nantinya. Pada artikel ini akan di jelaskan langkah demi langkah dalam membuat animasi kinetic typography yang mudah pada aplikasi adobe after effect.

Kinetic typography adalah jenis animasi teks yang bergerak secara dinamis dengan permainan kata-kata di tampilan videonya. Kinetic typography ini juga, dapat sobat buat dalam berbagai aplikasi. Namun pada artikel ini saya hanya menggunakan aplikasi after effect yang cukup familiar dalam pembuatan animasi motion graphic.

Selain kinetic typography saya juga sudah buatkan artikel tentang animasi teks dan kegunaannya yang salah satu nya adalah animasi lower third. Dengan menggunakan animasi teks kinetic typography ini membuat tampilan video sobat semakin manarik perhatian audiens dan juga interaktif.


Cara buat kinetic typography

Berikut ini tutorial cara membuat animasi teks kinetic typography pada aplikasi after effect. Langkah pembuatan editing-nya sebagai berikut:

  • 1. Lagkah pertama ini seperti biasa sobat buka aplikasi after effect dan buat project baru.


  • 2. Gunakan teks tool dan buat teks sesuai kebutuhan, di sini saya menggunakan 3 teks yang di susun simetris, sobat bisa juga mengikutinya.


  • 3. Langkah selanjutanya seleksi ketiga teks tadi dan buat pre compose, dengan klik kanan pada 3 teks yang di seleksi barusan, lalu pilih memu "Pre-compose" buat nama project pre comp lalu tekan ok.


  • 4. Sekarang di layar object terdapat 2 Coposition, tambahkan lagi composition nya menjadi 3 atau5 comp. Cara ya pada Project section pilih pre-comp 1 copy dan paste dengan shortcut Ctrl + D. Sobat bisa juga mengubah nama pre-comp yang telah di tambahkan tadi.


  • 5. Atur tata letak setiap layer pre-comp, dalam hal ini sobat bisa berkreasi dengan kreatifitas sobat. Atau sobat bisa juga melihat web ispirasi desain untuk mencari referensi tata letak yang bagus.


  • 6. Lanjut untuk animasi nya, di sini saya hanya meggunakan tekik jump cut, yaitu berupa teknik pemotongan durasti pada fotage. Ada dua teknik yang bisa sobat gunakan yaitu J-Cut dan L-Cut. Cara nya masuk pada layer pre-com (pilih salah satu), kemudian pilih teks yang ingin di cut lalu. potong bagian durasi teks tersebut dengan shortcut "Alt + [" untuk potong bagian kiri atau "Alt+]" potong bagian kanan. Berikut 3 prevvie pre-comp yang saya cut, silahkan di terapkan.


  • 7. Setelah animasi cuting nya selesai, atur layer durasi semua pre-comp composition utama. hal ini bisa sesuai selera dan kreatifitas masing-masing. Bisa juga menambahkan animasi lain jika di butuhkan. Setelah semua selesai sobat bisa render animasi kinetic typography tersebut.


Hasil edit

Jika sobat benar dalam mengikuti langkah editing yang saya sebutkan tadi, maka tampilan hasil edit nya sebagai berikut ini.



Rangkuman

Demikian artikel tentang cara membuat kinetic typography, animasi seperti ini tentu jening di gunakan dalam acara evet, karena tampilan nya yang energik dan berkesan urban style. Sobat desain bisa gunakan effect lain dalam meng-eksplore jenis animasi lain. Semoga artikel ini bermanfaat dan baca juga artikel lain nya tentang animasi dan desain pada blog aldyndo ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url