15 Pilihan extension chrome Ui-UX desainer pemula

Extension chrome Ui-UX

Extension chrome Ui-UX - Untuk memperlancar pekerjaan sebagai desainer ui-ux tentulah ada alat yang membuat produktifitas belajar atau bekerja di internet semakin mudah, yaitu tools atau alat, salah satunya web browser

Di antara web browser yang banyak di gunakan sekarang ini adalah chrome. Produk google untuk mencari segudang ilmu yang ingin kita perlajari, dan di dalam chrome tersbut tentu sebagian dari sobat sudah tau ada fitur tambahan semacam aplikasi eksternal yang di instal di dalam chrome tersebut, fitur itu biasa di sebut dengan "Extention chrome" atau "add on"

Dan di artikel ini saya akan membahas tentang Extension chrome untuk Ui-UX desainer pemula. Dan tenang saja extention chrome ini gratis kok, sobat cukup instal add on yang di butuhkan dan bisa langsung di gunakan, Berikut saya sudah rangkumkan list daftar extension chrome Ui-UX desainer pemula yang bisa sobat coba

Extension chrome Ui-UX

15 pilihan extension chrome untuk Ui-UX desainer yang bisa sobat coba agar memperlancar produktifitas pekerjaan sebagai desainer ui-ux yang lebih profesional. Berikut pilihan extension nya, di antanya:

UX Check

Ux check adalah extention untuk pemeriksaan User Exirience (UX) pada sebuah website, tool ini membantu sobat dalam mengidentifikasi masalah apa saja yang ada pada suatu website untuk pengalaman pengguna. Dengan extention ux check memudahkan sobat dalam peng-evaluasian elemen-elemen pada suatu website tanpa harus memiliki keterlibatan dengan pengguna langsung. Selain itu sobat juga akan mendapatkan laporan dari hasil evaluasi tersebut dalam bentuk screenshoot gambar yang di buat langsung dalam bentuk dokumentasi

Muzli

Muzli adalah extention inspirasi yang menyuguhkan berbagai website desain terkenal untuk sobat dalam mencari ide desain. Jika sobat sedang mencari ide atau ingin mendapatkan info terbaru seputar desain, muzli adalah tool yang tepat sobat coba. Karena extention ini memberikan berbagai informasi rekomendasi website desain terkenal seperti behance dan juga dribble dalam satu tampilan tanpa harus sobat membuka tab baru. Tentu lebih effesiensi dalam penggunaan nya bukan?!.

Daltonize

Daltonize adalah extention simulasi yang di tujukkan untuk pengguna yang memiliki kelematan pada pengelihatan yaitu butawarna. Extention ini membantu dalam memperjelas detail suatu warna sehingga pengalaman pengguna yang memiliki gannguan buta warna tidak melewatkan 1 konten dan komponen pada webstie tersebut. Tentu ini menjadi alternatif penting mengingat 5% dari populasi di dunia merupakan seorang yang memiliki gangguan pada pengelihatan warna.

Page Ruler

Page rule adalah extention pengukuran suatu elemen bidang pada website, elemen pada website tentu memiliki ukuran yang harus di sesuaikan mulai dari panjang, lebar dan tinggi nya. Hal ini betujuan agar elemen atau bidang tersebut cocok pada pengalaman pengguna agar mudah terbaca atau merasa nyaman pada fungsi dan kegunaan-nya. Dengan page rule sobat lebih mengetahui proposisi elemen bidang dalam suatu website, agar bisa menjadireferensi untuk project website sobat nantinya.

PerfectPixel

PerfectPixel adalah extention yang mentukan akurasi skala piksel pada gambar yang ada di website. Tentu extention ini berguna dalam penge-chekan ukuran gambar yang akan di implementasikan pada website sobat nantinya. Selain itu terdapat fitur lain yang di berikan tools ini untuk memudahkan sobat dalam pemeriksaan ukuran gambar seperti mode opasitas yang beguna saat pencocokan gambar, itu seperti gambar dengan effect double eksposutre dalam teksnik fotografi.

Wa web plus for whatsapp

Wa web plus for whatsapp lehih ke arah add-on untuk privasi. Dengan ekstention ini sobat dapat memblurkan chatingan whatsapp web yang gak harus di lihat, jika sedang memperesentasikan projeect karena harus memperlihatkan tampilan chating-an dengan clinet. Tool ini bisa menjadi opsional saja, sobat boleh mengintalnya atau pun tidak.

Baca juga: 5 Tools Animasi UI - ini rekomendasi tools dan sofware nya

Copyfish

Copyfish extention untuk meng-copy teks atau tulisan pada gambar dan juga video. Mengutip dari website copyfish, sang develover memebrikan lisensi opensource untuk add-on ini, yang berarti extention ini gratis di gunakan. Dengan menggunakan copyfish sobat lebih mudah meng-copy tulisan pada tampilan video tutorial di youtube ataupun unggahan video lain nya di internet.

Super dark mode

Super dark mode adalah add-on untuk penguna web dalam mode gelap, extention ini mampu membuat mode baca dalam tampilan gelap di berbagai situs dan website. Selain itu, jika sobat sedang membuka tampilan gambar dalam format svg, tool ini pun mampu membuat tampilan nya menjadi dark mode hanya dengan mengklik icon add-on ni pada chrome, firefox, atau pun adge.

Blackbox

Blackbox juga extention untuk meng-copy namun lebih di tujukan untuk peng-copy-an Code pada tampilan video. Cara kerja alat ini pun hampir mirip dengan copyfish yang di mana dapat menyalin suatu baris code yang di tampikan pada video. Jika sobat sedang membuat project website dari bahasa programing, tentu tool ini akan sangat membantu dalam project tersebut.

Font ninja

Font ninja adalah add-on yang dapat memeriksa suatu font secara detail. Extention ini dapat memerika font yang ada di website mulai dari jenis, pixel, tingggi, lebar, dan warna dari font tersebut. Selain itu hasil dari pemeriksaan font yang telah sobat cari dengan menggunakan tools ini bisa sobat simpan untuk nantinya dapat di terapkan pada project website sobat.

Hover inspector

Hover inspector adalah tool pengecekan dimensi tampilan elemen pada sebuah website. extention ini cocok untuk desainer ui/ux QA (Quality Asurance) yang ini memeriksa poin penting dari suatu elemen pada tampilan website. Bila sobat bekerja dengan menggunakan sofware figma tentu tidak asing dengan Zeplin, tool ini mirip dengan itu (Zeplin) dan yang membedakan hanya pada tempat pemeriksaan nya saja.

GoFullPage

GoFullPage merupakan extention untuk screenshoot atau tangkapan layar pada website dengan full dimensi. Jika sobat sedang membuatuhkan contoh refersnsi tampilan website dalam versi penuh untuk project website sobat, Tool ini sangat membantu dalam hal tersebut. Karena GoFullPage dapat menangkap layar tampilan suatu website dengan full dimensi, tentu saja gambar yang di hasilkan akan memanjang ke bawah berbentuk tampilan versi mobile.

Color zilla

Color zilla extention yang dapat memeriksa kode warna pada suatu website, tool ini sangat populer di kalangan desainer karena sangat membantu dalam pencarian warna yang cocok. Selain warna sekunder dan premier yang dapat di periksa oleh tool ini, terdapat fitur lain yaitu dapat mengetahui warna dari suatu objek gambar dan foto, layaknya tool eye droper di photohop.

ImTranslator

ImTranslator tool extention yang dapat menerjemahkan bahasa dalam 90 versi bahasa yang ada di dunia. Tentu extention ini sangat membantu desainer yang memiliki kekurangan dalam berhasa asing, tool ini tentu menjadi alternatif lain dari produk google yaitu google translate. Dengan bantuan ImTranslator extention masalah bahasa yang tidak di mengerti menjadi terselesaikan, kelebihan dari extention ImTranslator ini adalah dapat memberikan referensi berbagai kata dalam satu artian terjemahan.

Mobile simulator

Mobile simulator adalah tool yang dapat merubah tampilan website menjadi tampilan mobile dengan buatan virtual mesin dari berbagai perangkat mobile, tools yang satu ini merupakan extention terpenting untuk pembuatan desain project website yang lebih resposive dalam versi mobile. Mengingat banyaknya sekarang pengguna smartphone yang cukup sering mengakses media web hanya dari sentuhan jari meeraka saja.

Baca juga: Plugin figma desainer ui

Kesimpulan

15 Extension chrome yang telah kami sebuatkan di atas bisa sobat coba dan tentu penggunaannya di sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, setiap extention memiliki fitur yang berbeda-beda maka dari itu sobat bisa memilih untuk di instal sesuai keperluan pekerjaan desain sobat. Perhatikan juga dokumentasi dari pada web extention tersebut agar memudahkan sobat mengetahui fitur apa saja yang di berikan dan tentunya rule of use untuk penggunaan nya. Dan demikian artikel kali ini tentang 15 Pilihan Extension chrome Ui-UX desainer pemula, semoga artikel ini bermanfaat dan juga berguna.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url