Cara Belajar Motion Graphic untuk pemula tapah demi tahap


Belajar Motion Graphic - Ada tahapan yang harus di lalui seorang pemula dalam belajar membuat Motion Graphic dengan menggunkan berbagai aplikasi dan software. Tahap tersebut biasanya di lewati dengan berbagai macam pengalaman yang berbeda-beda. Terdapat beberapa dari sobat terkadang ada yang semangat di awal dan juga kurang bergairah dalam belajar di akhir karena banyak nya faktor yang membuat bingung, terlebih harus di pelajari semuanya.

Jika demikian gambaran-nya terlalu meyeramkan buakan!?, tapi itu hanyalah ekspetasi saja, pada realitanya banyak kok dari sobat yang lain telah berhasil mendapatkan kesuksesan. Seperti bekerja sebagai freelance motion graphic, youtuber totorial animasi dan bekerja di perusahaan start-up terkemuka, dan juga lainya.

Jika sobat sekarang ini mengalamai masa kebosanan atau bingung dalam belajar motion graphic, mungkin tahapan proses cara belajar sobat ada yang kurang benar , maka dari itu Ada baiknya mengkoreksi ulang hasil belajar sobat yang telah di buat dan list-kan apa saja yang sudah di pelajari. Tujuan dari artikel ini adalah untuk memudahkan sobat dalam belajar dan juga kami ingin berbagi pengalaman dalam Belajar Motion Graphic di After Effect di awal-awal dulu.

Cara Belajar Motion Graphic

Ada beberapa cara belajar motion graphic yang telah kami rangkumkan dan ini berupa proses tahap demi tahap yang akan di lewati seorang desainer motion graphic pemula dalam belajar membuat karya motion graphicnya, berikut rangkuman-nya:

  • Cari tau tentang motion graphic
  • Pilih aplikasi software untuk membuat motion graphic
  • Menguasai software motion graphic
  • Mulai membuat karya motion graphic
  • Belajar digital marketing untuk menjual jasa atau produk
  • Mempelajari komunikasi yang baik dengan client

Baiklah sobat, kita bahas satu perstu detailnya tetang tahapan terebut, untuk lebihnya sebagai berikut:

Cari tau tentang motion graphic

Tentu di awal-awal dulu sobat masih mengingat kenapa dan apa motivasi yang membuat sobat semangat untuk mempelajari motion graphic tersebut. Mulai mencari tau tentang motion graphic, mulai cari dari video tutorial, cari mentor untuk belajar motion graphic, sampai ikut diskusi grup dan e-course yang membahas tentang motion graphic animasi tersebut, juga masih banyak lagi. Hal penasaran itu lah yang membuat sobat mencari tau dan memperdalami ilmu motion graphic sampai sekarang, untuk terus belajar membuat motion graphic lebih baik lagi.

Namun penting untuk di ingat, semangat saja tidak lah cukup, sobat juga harus mencoba terus menerus untuk action dalam membuat motion graphic yang lebih bagus lagi. Ada dua tipe desainer dalam belajar motion graphic ini, ada yang tipe Motion Graphic Designer belajar dengan cara otodidak dan gratis, atau belajar dengan mentor seperti mengikuti kelas-kelas online tentnag motion grpahic, itu semua tergantung pada sobat ingin yang mana.

Baca juga: Motion Graphic Designer

Pilih aplikasi software untuk membuat motion graphic

Setelah mendapatkan informasi tentang motion graphic, hal dasar berikutnya tentu sobat akan pilih aplikasi software untuk membuat motion graphic tersebut. Pemilihan ini tentu lah yang sesuai dengan keadaan, dan pemahaman sobat. Seperti contoh jika sobat hanya bermodalkan hp, tentu sobat memilih aplikasi untuk membuat motion graphic di aplikasi tersebut, motion graphic yang di hasilkan pun tentu tebilang cukup keren.

Namun lain hal nya jika sobat memiliki laptop atau pc yang memadai, tentulah sobat menggunakan software editing motion graphic. Salah satu software andalan para profesional motion graphic adalah adobe after effect, yang di mana software ini mampu membuat berbagai macam bentuk animasi.

Baca juga: Aplikasi Software Motion Graphic

Menguasai software motion graphic

Tahapan berikutnya adalah Menguasai software motion graphic, tentu hal ini menjadi kewajiban sobat dalam belajar motion graphic. Jika sobat menguasai software atau aplikasi tersebut tentu dengan mudah nya sobat membuat berbagai macam animasi atau motion grapic yang keren dan juga membuat orang kerkesima.

Jika sobat menggunakan aplikasi, tentu lebih mudah untuk membuat motion graphic dengan hasilnya pun lumayan bagus, karena ada beberapa aplikasi memiliki effect template dari bawaan aplikasi tersebut. Lain hal dengan software yang ada di pc atau laptop, untuk Menguasai software motion graphic yang lebih kompleks dan terbilang advanture, membuat sobat bisa lebih mengeksplore software tersebut dengan keahlian sobat. Dalam hal ini agar sobat lebih memahami cara kerja dari software yang di gunakan untuk mengefisiensikan peng-editan lebih cepat.

Sebagai contoh, sobat menggunakan software adobe after effect untuk peng-editan motion graphic. software tersebut memiliki shortcut yang harus di hafal, mengenal tampilan basbor after effect nya, dan menginstal plugin untuk kebutuhan editing karakter animasi. Terliat kompleks bukan?, Namun tenang saja itu hanya expetasi, kenyataan nya adalah sobat lebih memiliki banyak ilmu, karena dengan mempelajari software yang rumit membuat lebih gampang memahami software atau aplikasi yang terbilang gampang. istilah lain nya seperti latihan di GYM.

Baca juga: Tampilan adobe after effect

Mulai membuat karya motion graphic

Sembari menguasai software atau aplikasi, tentu sobat juga sudah buat sebuah project percobaan motion graphic. Mulai dengan membuat project kecil seperti Motion Transition. Memulai memang adalah hal yang susah namun percayalah sobat, dengan melihat hasil dari karya yang pertama kali sobat buat itu akan mengingatkan sobat sudah sejauhmana sobat melatih keahlian tersebut.

Sobat mulai saja dengan membuat project pribadi yang sekiranya sobat bisa buat, jika sudah mahir sobat bisa membuat karya lain seperti Animasi teks, animasi karakter bicara, Video Explainer Animasi, Animasi iklan produk, dan penting untuk di ingat jangan lah sesekali pernah membanding kan karya sobat dengan orang lain. Karena hal itu membuat sobat tidak percaya diri dan kurang semangat, ada baiknya sobat lihat karya sobat yang pertama dan lihat juga karya di setahun kedepan, lihat perbedaan nya tentu memiliki perbedaan yang signifikan.

Buat sebuah karya dan pajang di website portfolio, seperti dribble atau behance. Di masa mendatang akan ada satu karya sobat, yang sobat sendiri tidak percaya bahwa sobat yang membuatnya namun banyak orang yang menyukai karya tersebut, itu adalah sebuah keberhasilan yang membuat sobat makin percaya diri untuk terus membuat karya lebih baik lagi.

Karya terbaik adalah solusi dari seorang bisa memecahkan masalah

Dari quote tersebut tentu sobat bisa memahami, bagaimana karya terbaik itu di hasilkan. Jawabanya adalah dari seorang yang membuat karya dengan unsur tujuan untuk memecahkan masalah atau memberi solusi bagi orang lain.

Ada beberapa tipe jenis motion graphic yang telah kami buatkan artikelnya juga, nanti sobat bisa belajar kembali tetang tipe jenis motion graphic tersebut.

Baca juga: 10 Jenis motion graphic

Belajar digital marketing untuk menjual jasa atau produk

Desainer butuh belajar digital marketing?, hal ini bergantung pada keputusan sobat sendiri. Tentu para desainer senior yang telah berpengalaman yang dapat menjawab nya juga. Sobat bisa menanyakan hal tersebut kepada temen, guru pembimbing atau senior desain sobat, dan jika sepengalaman pribadi kami, digital marketing tentu sangat butuh, karena salah satunya membangun branding untuk kepercayaan ke pada audiens

Balik ke topik artikel, setelah sobat membuat karya ada baiknya sobat segera memajang atau mem-publikasikan di website portfolio seperti behance, youtube, dribble, dan yang lain nya. Hal ini akan sangat membantu sobat dalam membangun branding, yaitu memperkenalkan diri sobat ke orang banyak tentunya dengan cara online. Branding juga salah satu unsur penting dalam digital marketing.

Sembari memperdalam ilmu motion graphic sobat juga butuh mempelajari digital marketing, seperti promosi, branding dan content marketing. kami tak akan membahas lebih jauh tentang digital marketing, karena kami juga masih harus banyak belajar dalam hal ini.

Baca juga: Content marketing desain

Mempelajari komunikasi yang baik dengan client

Bicara tentang digital marketing tentu tak lepas dari pembahasan komunikasi yang baik itu seperti apa?!. Ketika sobat sedang menjalankan digital marketing seperti contoh "promosi", tentu bakal ada pertanyaan yang di berikan oleh calon clinet ke desainer. Pada situasi sepert itu lah, penting buat sobat mempelajari komunikasi yang baik dengan client itu seperti apa dan bagai mana. Karena jika tak memahami hal tersebut, sobat akan sukar mendapatkan calon clinet yang potensial.

Jujur sampai sekarang pun kami terus mempelajari hal ini, jadi sobat tidak perlu ragu untuk mempelajari hal baru seperti digital marketing dan komunikasi, kelak di masa mendatang hal tersebut tentu akan di butuhkan. Terlebih jika sobat dapat menguasai komunikasi yang baik dengan clinet, alih-alih sobat bisa menjadi digital marketer yang handal plus motion graphic desainer.

Baca juga: Deal project desain

Rangkuman

Dan itu lah tadi artikel tentang Cara Belajar Motion Graphic untuk pemula tapah demi tahap yang bisa sobat coba, semua cara yang di atas berdasarkan pengalaman pribadi selama beberapa tahun belakangan ini, dan mungkin ilmu ini hanya secuil dari para senior yang lebih berpengalaman dari kami. Karena setiap orang tentu memiliki perbedaan dalam belajar dan teknik nya. Semoga artikel ini membantu sobat motion graphic semua yang masi baru dalam proses tahap belajar.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url