Web desainer Vs UI-UX desainer


Web desainer Vs UI-UX - Ada tiga tipe jenis pekerjaan dalam dunia IT pada ketegori desain programing yang sangat di minati oleh kalangan desainer pemula yaitu Web desainer, Ui desainer, dan Ux desainer. Ketiga pekerjaan ini bagi orang awam mungkin sama saja, namun taukah kamu sob? Terdapat beberapa perbedaan yang terlihat jelas dalam bidang yang di sebutkan tadi.

Perbedaan paling mendasar ialah web desainer seorang desainer yang merancang keseluruhan web, Ui desainer yaitu User interface desainer, dan Ux desainer adalah User Experience desainer. Tapi bukan itu saja, pada artikel ini saya akan coba berbagi pemahaman lebih agar sobat semua mengetahui dengan jelas apa itu Web desainer, Ui-Ux desainer.

Seperti yang saya katan di awal tentunya tipe pekerjaan seperti ini sangat di minati oleh kalangan desainer yang baru belajar dan juga penting untuk pemula memahami keseluruhan tentang perbedaan dari ketiga jenis bidang IT tersebut. Berikut penjelasan tetang Web desainer, Ui desainer, dan Ux desainer lebih mendalam.

Web desainer Vs UI-UX desainer

Tidak semua orang memahami tentang programing namun jika memiliki minat dan niat yang besar hal ini akan menjadi petualangan yang menarik dalam bidang IT untuk menciptakan dan merancang kumpulan code menjadi visualisasi yang menakjubkan.

Web desainer perancang dari keseluran website, Ui desainer perancang antar muka website dan Ux desainer penyatu Ui dengan pengalaman pengguna pada website.

Untuk menjadi ahli dari salah satu bidang tersebut di butuhkan pengetahuan dan tentunya pemahaman dasar yang di kembangkan tenang ketiga jenis pekerjaan tersebut.

Web designer

Web desainer adalah seorang desainer website yang profesional dalam meranjang situs web, ia bekerja dengan mengikuti trend website yang selalu update agar mendapatkan rangking bagus di seach engine. Web desainer bertanggung jawab atas apa yang dia rancang, mulai dari tata letak situs web, kebergunaan section serta fitur dan fungsi yang di berikan pada web tersebut.

Peran web desainer adalah mengkombinasikan kesemua hal termasuk Ui dan Ux, lalu mengubahnya menjadi situs web yang fungsional, efisien, dan resposip terhadap semua perangkat seperti android, ios, dekstop, komputer dan lain sebagainya.

Seorang web desainer harus mehamani alur pengkodean dalam berbagai bahasa pemograman, mulai dari HTML, CSS, JavaScript, PHP, Flutter, Kotlin, Golang dan masi banyak lagi. Desainer web biasanya adalah seorang desainer grafis yang melatih dirinya dalam mendesain visual lalu menjadi ahli dalam teori warna, pemahaman diagram, intekraksi desain, konsep hal kreatif, typografi, icon, banyak lagi yang di pelajari nya.

Ui designer

Ui desainer bertanggung jawab pada tampilan antar muka, ia bekerja memahami produk yang di hasilkan dan memastikan desain yang di rancangnya memiliki nilai untuk interaksi dengan pelanggan. Tujuan utama dari Ui desainer adalah Produk yang dirancangnya berhasil dalam inteksi pada pengalaan pengguna audiens.

Ui designer biasanya megerjakan project desain pada rancangan tampilan yang modern dan simpel. Produk yang di hasilkan nantinya di gunakan oleh Ux desainer untuk di jadikan bahan pengetesan experience. Tak jarang para desainer Ui banyak yang memiliki pemahaman bagus tentang front-web develover dan juga koding program, hal ini yag menjadi nilai plus bagi para desainer Ui.

Deainer Ui tentu berfokus pada pemilihan, penetapan dan pengecekan desain seperi icon, vector, illustrasi, gambar, dan tombol yang nantinya akan di implementasikan pada project/produk web desain. Dan juga hal terpenting lain nya tentu dengan konsistensi desain yang responsif, tata letak berguna pada setiap section dan bilah desain web tersebut.


UX designer

Seorang Ux desainer biasanya memahami tentang kreatifitas, dan tentu seorang desainer Ux harus dapat mengatus seluruh tata cara tetang pengalman dalam penggunaan produk web atau aplikasi. Dengan bekal kreatifitas tersebut Ux desain dengan mudah memahami apa saja yang di butuhkan oleh pengguna dalam menjalankan produk web/aplikasi nya tersebut.

Dengan kata lain Ux desain berfokus pada kenyamanan dan kegergunaan produk web/aplikasi secara effisiensi. Dan Hal ini mencakup prilaku, kebiasanan, dan sesuatu yang di sukai oleh pengguna dalam menjalankan web/aplikasi tersebut. Jadi selama pengguna berlama-lama pada sebuah web/aplikasi itu, Ux desain telah berhasil menjalankan tugasnya.

Bukan hanya kreafitas yang harus di miliki oleh Ux desainer, ia harus juga harus tanggap dan faham akan detail produk yang di buatnya (memiliki dokumentasi), dengan kata lain seorang desainer Ux harus miliki komunikasi yang baik untuk memperjelaskan produk tersebut ke client dengan gampang dan mudah di mengerti.

Baca juga: UX Desain Itu apa

Haruskah Ui/Ux desainer bisa koding?

Pertanyaan ini selalu ada di benak saya, haruskah Haruskah Ui/Ux desainer bisa koding?, jawabannya adalah benar. Karena dengan perkembangan teknologi tentu semakin besar kompetisi yang di hadapi, dan juga Ui/Ux desainer yang bisa koding akan mendapatkan nilah plus dengan bayaran gaji yang berbeda.

Namun hal ini kembali ke kita masing-masing, apakah kita siap dalam proses pembelajaran atau hanya bertahan pada 1 keahlian namun menjadi spesialis. Kabar baiknya adalah focus pada 1 keahlian dahulu dan ciptakan keahlian tersebut menghasilkan untuk keahlian-keahlian berikutnya

Rangkuman

Ketiga pekerjaan ini saling terhubung, satu dengan yang lain nya. Namun di luaran sana banyak di antara kita yang masi bingung memilih mana yang harus di tekuni agar berguna di masa mendatang. Sebagai contoh seorang desain Ux memilih untuk sebagai mana mestinya produk tersebut berfungsi, Desainer Ui memilih tampilan yang relevan, dan Web deainer menggabungkan semua hal tersebut

Jadi sobat desain semua, siapa pun yang menganggap dirinya adalah web desainer tentu ia juga harus memiliki pengalamann dalam bidang Ui dan Ux, Karena semua itu membutuhkan proses pembelajaran yang panjang bukan setakad pengakuan belaka yang kosong.

Dan itulah tadi artikel tentang Web desainer Vs UI-UX desainer yang menjadi keresahan saya dalam memahami ketiga bidang tersebut. Baca juga artikel lain tentang Ui-Ux design motion pada blog aldyndo ini. Dan semoga artikel ini bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url