Animasi teks - Jenis dan Kegunaan

Animasi teks - Pada artike sebelumnya saya telah membuat artikel tentang cara membuat text motion graphic yang simpel dan mudah di buat pada after effect. Dan kali ini kita akan membahas tentang motion teks / animasi teks dari jenis dan kegunaan nya pada sebuah video.

Animasi teks adalah kata-kata atau tulisan singkat yang di buat bergerak secara dinamis, pada tampilan sebuah video untuk di lihat oleh penonton. Dalam pembuatan animasi teks ini pun terbilang cukup mudah, sobat bisa menggunakan template atau membuat nya sendiri dengan bantuan berbagai aplikasi dan sofware khusus untuk editing video animasi.

Tak jarang sebagian dari editor video selalu membutuhkan animasi teks ini untuk di gunakan dalam sebuah video yang sedang di editing nya. Kadang untuk mempersingkat waktu editing, mereka selalu menggunakan template animasi teks, template video animasi dan template animasi lain nya.


Animasi teks jenis dan kegunaan nya

Membahas tentang animasi teks tentu kita butuh tahu tentang jenis dan kegunaan nya, dan berikut akan saya paparkan beberapa penjelasan yang saya rangkum khusus untuk sobat agar mendapatkan pemhaman lebih tentang jenis animasi teks dan kegunaan animasi teks pada sebuah tampilan video.

Jenis Animasi Teks

Jenis animasi teks ini ada banyak sekali loh sobat, mulai dari animasi teks yang singkat, sampai animasi teks yang padat akan penjelasan pada sebuah video. Dan untuk lebih jelasnya nya berikut ini beberapa jenis animasi teks beserta contoh nya.

Animasi teks lower third

Animasi lower third adalah animasi teks yang di tampilkan pada sepertiga bawah atau di paling bawah video untuk tujuan penjelasan informasi dari pembawa video. Pada industri digital seperti televisi, lowerthird ini selalu di gunakan. Dan pada waktu sekarang ini animasi lower third bisa juga sobat gunakan untuk kebutuhan konten, seperti video konten youtube dan social media lain nya.

Animasi teks judul

Animasi teks judul adalah animasi yang paling sering di gunakan pada industri film, Dimana sobat pasti kan mengingat ketika waktu menonton di bioskop, tentu ada judul video yang di tampilkan pada layar bioskop tersebut. Nah, animasi teks ini juga bisa sobat gunakan untuk kebutuhan video soba, biasanya animasi teks judul ini di buat dan di masukan pada bagian awal video.

Animasi teks subtitle

Animasi teks subtitle adalah animasi penjelasan dari video. Biasanya terletak pada bagian bawah di tengah dari video, jika sobat sering melihat video youtube yang menghibur seperti channel youtuber untuk ome tv, tentu animasi teks subtitle ini akan selalu muncul untuk memperjelas pembicaraan mereka, Nah animasi seperti itu yang di namakan animasi subtitle. Dan animasi seperti ini cukup lama untuk proses pengeditan nya, karenana harus mengikuti kata-kata dari pembawa video.

Animasi kinetic typography

Animasi kinetic typography adalah animasi kata untuk penjelasan dengan effect animasi perubahan yang seuper cepat. karena animasinya mengikuti kata dari setiap nada pembawa video. Animasi kinetic typography juga bertema layout desain karena membutuhkan editing tata letak kata yang di lihat dengan dinamis. Dinamis yang di maksud bisa beda nilai ukuran pixels dari setiap huruf, beda posisi dari huruf dan masi banyak lagi.

Animasi callout title

Animasi callout title adalah animasi teks untuk desail dari sebuah objek, biasanya objek yang di jelaskan bergerak di dalam video, contohnya seperti seseorang yang melewati jalan di tengah pemandaan hutan, tentu si pengendara akan terlihat di dalam video dan untuk menjelaskan nya di gunakan lah animasi callout title ini. Animasi ini pun sedikit mirip dengan animasi lower third karena memberika penjelasan kata dengan poin detail dari video.

Artikel terkait: text motion graphic di after effect


Kegunaan animasi teks dalam video

Jika sobat sudah tahu tentang jenis animasi teks, selanjutnya adalah kegunaan animasi teks dalam video. Dan berikut ini penjelasan kegunaan dari masing-masing animasi teks yang telah di sebutkan.

1. Animasi lower third

Animasi lower third di gunakan dalam video untuk memberi informasi. Informasi tersebut bisa berupa teks singkat atau teks berjalan, bisa juga untuk mempromosikan social media.

2. Animasi teks title

Animasi teks title di gunakan untuk judul dari sebuah video, atau bisa juga di tampilkan untuk poin penting dari sebuah video, pengunaan nya di letakan pada awal video atau setelah transisi video. Animasi teks title ini pun bisa sobat jumpai pada opening sebuah video atau event-event besar.

Baca juga: Tipe Motion Transition dalam Motion Graphic

3. Animasi teks substitle

Animasi teks substitle di gunakan untuk memperjelas pembicaraan dari adegan video. Kegunaan dari animasi substitle ini beragam, bisa sebagai animasi penjelasan dari seluruh adegan percakapan , potongan suasannya, dan sebuah video yang menunjukan ekspresi / bicara dalam hati gitu.

4. Animasi kinetic typhography

Animasi kinetic typhography di gunakan dalam video penjelasan, branding, dan promosi. Animasi seperti ini cukup seding di temukan dalam video iklan. Animasi kinetic typhography memiliki emosional atau perasaan dalam tampilan nya, karena biasanya mengikuti alur kata yang di bawakan oleh seorang voice over.

5. Animasi callout title

Animasi callout title di gunakan pada bagian video yang membutuhkan penjelasan dari sebuah objek yang di tampilkan. Call out juga bisa di gunakan untuk memberi kesan detail dari sebuah objek pada video. Teks yang di animasikan biasanya di padukan dengan line atau shape bentuk yang terlihat dinamais dan berkesan modern.

Artikel terkait: 10 Jenis motion graphic


Kesimpulan

Animasi teks ini bisa sobat gunkan pada bagian video sobat, biasanya video dengan style explainer video animasi cukup banyak menggunakan animasi teks ini. Untuk cara membuat nya sobat bisa baca artikel tentang animasi iklan produk beberapa artikel tentang animasi juga sudah ada di dalam blog aldyndo ini.

Demikian artikel tentang Animasi teks jenis dan kegunaan nya semoga artikel ini berguna untuk sobat mendapatkan ilmu yang lebih lagi, jika sobat mendapatkan manfaat jangan lupa untuk membagikan nya ke media sosial yang sobat miliki, dan thank you!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url